Tentang dan siapakah Wuling?

Halo brother biker 😀 … Jagad otomotif roda empat tanah air sedang heboh dengan kehadiran Wuling diIndonesia. “Wuling iki kewan opo?” (Wuling ini hewan apaan?). Wuling adalah salah satu Brand kendaraan roda empat ternaman yang berasal dari negara Tiongkok. Naman perusahaannya SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). merupakan perusahaan gabungan antara tiga pemegang saham utama dari SAIC Motor Corporation Limited, General Motors, dan Guangxi Automobile Group Co., Ltd.

SGMW didirikan di Tiongkok pada 18 November 2002. Di tahun 2015, SGMW menjual lebih dari 2 juta kendaraan dalam satu tahun dan merupakan perusahaan otomotif pertama dengan produksi tahunan melebihi 2 juta kendaraan di Tiongkok. SGMW telah menduduki posisi pertama dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 10 tahun di Tiongkok. Perusahaan menjual lebih dari 1 juta unit MPV di Tiongkok dalam kurun waktu satu tahun di 2015, dengan pangsa pasar 46,9 % di segmen ini.

Wuling Motors berdiri di Indonesia pada Agustus 2015. Sejak keberadaannya di Indonesia, “Wuling Motors berkomitmen untuk berada di Indonesia untuk jangka waktu panjang”. ditandai dengan pembangunan pabrik dan Supplier Park di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia, dengan total luas area 60 ha. Selain itu, Wuling juga berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia Indonesia sebagai bagian dari kontribusi Wuling Motors terhadap Indonesia, terutama pada industri otomotif.

Jadi Wuling ini tidak main-main ikutan “bertarung” dimarket mobil Indonesia. Berbeda dengan mobil-mobil dari negara tirai bambu sebelumnya macam geely, cherry dan lain-lain yang cuman numpang jualan terus kabur. Wuling sudah ada diIndonesia semenjak dua tahun lalu.  Market yang disasar Wuling adalah market “berdarah-darah”! Yups LMPV (Low Multy Purpose Vihicle) yang sekarang dikuasai oleh duo kembar keluaran Astra yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Zenia. Pemain lainnya ada Suzuki Ertiga dll. Produk andalan wuling yang digadang-gadang bisa “merecoki” dominasi Avanza dan Zenia adalah Wuling CONVERO S. Banyak opini yang mengatakan Wuling Confero S ini lebih kaya fitur dan harganya lebih bersaing. Pokoknya lebih “bervalue” dari kompetitor. Akankah Wuling bisa diterima oleh masyarakat Indonesia dan bersaing dengan produk kompetitor yang sudah mengakar disini? Yah… hanya waktu yang bisa menjawabnya 😀

*Sumber wuling.id

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*