7 pihak yang kemungkinan besar menolong kita bila terjadi “masalah” dijalan

Halo brother biker 😀 … Jalan raya adalah milik bersama, maka dari itu kita harus bisa menjaga sikap saat berlalu lintas dijalan. Dalam perjalanan menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat, mungkin saja kita akan mengalami “masalah” entah masalah tekhnis pada kendaraan kita maupun masalah pada diri kita sendiri. misal jatuh dari motor dsb. Nah..berikut ini 7 pihak yang kemungkinan besar menolong kita saat terjadi masalah dijalan :

1.Masyarakat disekitar pinggir jalan raya

Mengapa masyarakat disekitar pinggir jalan raya? yups..karena mereka yang paling dekat dengan posisi kita. Kejadian ini saya alami sendiri waktu jam lima pagi jatuh terpeleset tanah urugan proyek didaerah cileungsi Bogor Jawa barat. Orang pertama yang menolong saya adalah seorang bapak-bapak yang lagi ngebuka tokonya. Alhamdulillah saya masih diberi keselamatan. Lain cerita bila yang jatuh pemotor bergejil yang berkendaranya tidak sopan bin slonang-slonong…kalau jatuh nggak bakal ada yang akan nolongin. ada juga yang lihat pada nyukurin.

2.Sesama biker

Yups.. sesama biker, mungkin brother biker pernah melihat dua motor berjejer, motor yang sebelah kiri mesinnya mati dan motor yang sebelah kanan mesinnya jalan. Biker yang sebelah kanan dengan satu kakinya mendorong motor yang mesinnya mati. Itulah salah satu bentuk solidaritas sesama biker dijalan.

3.Orang lewat

Pengalaman ini saya alami sendiri, pas lagi jalan habis beli rokok diwarung, ada pemotor yang sedang “ngengkol” motornya tapi gagal terus. mesin motornya tak kunjung hidup. Lah..pas saya lewat, sipemotor memanggil saya dan minta tolong “Pak..pak..permisi..minta tolong distaterin motor saya..”. Hhmm..sayapun mendekat dan mencoba naik keatas motor. Saya cek dulu persnelingnya…hmmm..ternyata masih masuk gigi 1. Saya netralkan dan engkol …brummm…mesinnya langsung nyala 😀

4.Bengkel pinggir jalan

Bengkel pinggir jalan mungkin keberadaannya tidak begitu dihiraukan bagi pemotor yang “beres” minded (lebih suka servis kebengkel; resmi). Namun disaat kendaraan kita mengalami trouble dijalan, bengkel pinggir jalan ini sangat membantu sekali. Apalagi bengkel pinggir jalan yang rela membuka pintunya saat diketok pelanggan diwaktu malam hari.

5.Tukang tambal ban

Ini juga saya alami sendiri, Jam lima pagi solo riding dari Semarang – batang, didaerah kendal ban motor saya bocor… kembali orang pertama yang menolong adalah penduduk sekitar dengan memberitau tempat tambal ban terdekat (walau harus nuntun motor sejauh satu kilometer ) dan tukang tambalnya masih tidur, namun beliau tidak merasa terganggu dan dengan senang hati menambal ban motor saya.

6.Penjual bensin eceran

Penjual bensin eceran kelihatannya sepele, namun ketika kita riding terus kehabisan bensin ditengah jalan dimalam hari pula dan lokasi kita masih jauh dari SPBU, Penjual bensin eceran ini sangat membantu sekali.

7.Polisi dipos penjagaan

Kalau yang ini bersifat relatif, Kalau pas kebeneran ketemunya polisi yang baik kita akan ditolong. Namun kalau ketemunya polisi yang busuk, kita malah dicuekin dan kadang kala kita malah ditilang. Mungkin para pembaca memiliki pengalaman dengan polisi yang ada dipos penjagaan.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*