Ikutan klub mobil, haruskah mobilnya selalu sehat?

Halo brother biker 😀 …artikel tentang motuba nih. Motuba kepanjangan dari Mobil tua bangka. Mobil-mobil ini umumnya sudah distop produksinya oleh pabrik pembuatnya. Namun bagi motuba produksi jepangan umumnya spare part masih tersedia dipasaran. Sebut saja Motuba suzuki Forsa, partnya banyak yang sama dengan Suzuki Katana, Suzuki Carrie dan suzuki Karimun.

Motuba Daihatsu Charade, partnya banyak yang sama dengan Daihatsu Hijet dan daihatsu Zebra. Motuba Toyota Corolla dx, partnya ada yang sama dengan toyota kijang, toyota starlet dll. Nah..motuba-motuba ini walau sudah stop produksinya, namun pengguna masih banyak. Beberapa pengguna motuba membentuk sebuah wadah atau komunitas untuk menjalin persaudaraan antar pemilik motuba tersebut. Salah satu tujuan seseorang ikutan klub atau komunitas motuba adalah untuk mencari pengetahuan seputar seluk beluk motuba tersebut. Dari masalah kaki-kaki, masalah mesin, masalah kelistrikan, masalah sitem pendingin dan lain-lain.

Menurut yudibatang, tidak semua member komunitas mobil “mahir” dalam seluk beluk motuba tersebut. Bahkan ada yang benar-benar awam tentang seluk beluk motuba tersebut namun aktif dalam kegiatan komunitas tersebut. Bagaimana dengan seorang member yang sudah lama ikutan komunitas namun motubanya masih sering mogok? Yah…kembali tentang mobil tua, umumnya kalau sudah penyakitan dan tidak sekalian “direstorasi” total ya..penyakitnya akan terus ada dan berpindah-pindah. Jadi…kalau tidak yakin dengan kondisi motubanya, ya jangan jalan jauh dulu. Jogrokin dulu dirumah, sambil menunggu dana untuk perbaikan total.

8 Comments

  1. Saya beberapa kali pernah punya motuba. Dana saya sisain minimal 10% dari harga mobil buat perbaikan. Semua motuba saya turun mesin. Untungnya bisa kerjain sendiri di rumah.

  2. salam kenal kang yudi,
    alhamdulillah, motuba saya yg dulu sering rewel ( suzuki amenity)
    sewaktu baru beli, setelah di cek total ga pernah ada kendala,
    sekali” nya mogok di jalan gara” bensin ga bisa naik ke karburator, padahal pompa bensin nya baru, ternyata ada plastik sobekan bungkus ciki yg masuk di selang bensin.
    setelah itu belum pernah ada masalah walaupun sering di pakai jalan jauh.
    sudah 4 tahun lebih saya pakai, masih cukup nyaman .
    semoga masih bisa merawatnya sampai saya tua, sayang soalnya masih enak dipakainya. irit & pajaknya murah.

  3. Dulu jaman si winner msh aktif di klub charade ya pernah mogok dijalan krn alternator letoy susah star haha. .untungnya jd member klub banyak solusi dari RR members lain, skg wis ndak aktif di charade solo om Yudi, gimana daihatsu CS sampeyan om Yud?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*