Market share Yamaha terus menurun, haruskan menejemennya dirombak?!

Halo brother biker 😀 … Persaingan dua pabrikan sepeda motor yang tiada akhir… yup Honda vs Yamaha. Dari persaingan menjadi yang terbaik dibalapan kelas dunia, hingga persaingan yang paling utama … produk siapa yang lebih banyak penjualannya. Berdasarkan fakta sejarah, Penjualan motor yamaha tidak pernah bisa mengungguli penjualan sepeda motor Honda. DiIndonesia, Honda (Dulu Federal sekarang AHM) konsisten menjual sepeda motor 4 langkah (kucuali CBU). Sedangkan yamaha, awal penetrasi jualan sepeda motor diIndonesia mengandalkan sepeda motor dua tak.

Sudah bisa ditebak, konsumsi BBM motor 4 tak lebih hemat dibanding dengan konsumsi BBM motor 2 tak. Dan mindset dimasyarakat sudah tertanam bahwa motor Honda = irit. Motor Yamaha = boros. Tahun 1997 adalah tonggak sejarah bagi yamaha , dengan mulai mengembangkan motor bebek 4 tak, namanya yamaha Crypton CMIIW), dan selanjutnya bertransformasi menjadi yamaha Vega. Begitu juga dimotor batangan, yamaha mulai menjual motor 4 tak dengan hadirnya Yamaha scorpio.

Sekitar tahun 2005 penjualan Yamaha sudah mendekati penjualan Honda. Yups..itu tak lepas dari kontribusi dari yamaha Mio gen 1. Begitu juga tahun 2007 – 2008, Yamaha meluncurkan “silver bullet” yaitu Yamaha vixion dan yamaha hampir mengungguli Honda. Disini Honda segera berbenah…. Honda mulai meluncurkan Honda beat yang secara fitur lebih unggul dibanding yamaha. Mulai meluncurkan vixion Kiler… dari new Honda Mega pro, Verza hingga CB150R.

disegmen motor sport full fairing Honda juga meluncurkan lawan Yamaha R15 dan yamaha R25. Yups… Honda CBR150 (gen 1 hingga sekarang) dan Honda CBR250R jomblo dan diganti dengan Honda CBR250RR double silinder. Hasilnya?? Honda lebih unggul. jangan lupa Honda juga menjalin hubungan baik dengan Blogger Otomotif, sedangkan yamaha “membatasi” berhubungan dengan Blogger otomotif. Ingat Sekarang jamannya New wave marketing!!

Nah… hingga bulan Juli 2017, penjualan yamaha paling tinggi hanya bisa mencapai 27.70 %!! Market share Yamaha stagnan dikisaran 19-27 persenan dan cenderung menurun. Ada apa dengan yamaha? Siapa yang paling bertanggung jawab dengan “grand desain” strateginya? haruskan menejemennya dirombak?!

Bagaimana menurut pendapat anda?

12 Comments

  1. penjualan Honda gede cuma disegmen matic entry Beat sama Vario.. kalau sportnya masih bejaban, seakan market share nya gede disemua lini

  2. yg paling salah menurut saya ya oknum sales nakal. produk yamaha skrg sebenarnya bagus², fitur melimpah, built quality jempolan, dan harga bersaing; tp ternodai dgn adanya upping price dan paksaan beli scr kredit. orang yg tadinya minat beli jadi balik kanan. pembeli mana mau diatur-atur kayak gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*