Cara Mengganti lampu belakang Yamaha Mio

yudibatang ganti lampu

Halo brother biker 😀 .. Artikel tentang “Tipsn & Cara”. Yups.. artikel ini sebagai panduan para pemilik motor matik Yamaha Mio series yang kesulitan melepas dan memasang lampu belakang Yamaha Mio series. Kelihatannya sih..sepele namun bohlamp belakang adalah termasuk salah satu parts rusak yang sering malas diganti oleh pemotor.

Panduan atau tutorial melepas dan memasang lampu belakang yamaha Mio ini, saya buat sejelas mungkin agar para pembaca bisa dengan mudah mempraktekannya. langsung saja, begini urutan proses melepas dan memasang/mengganti lampu belakang yang sudah mati pada yamaha Mio series.

step 1

1.Lepas baut pengikat rumah lampu yang posisinya ada dikiri dan kanan rumah lampu. Lihat gambar.  pertama siapkan obeng plus (+) yang pas dengan ukuran baut , tekan dulu yang kuat lalu diputar kuat ke arah kiri. Tanda panah kuning sebagai petunjuk arah putaran melepas baut tersebut.

step 2

2.Buka jok belakang, kemudian buka baut pengikat antara cover lampu belakang bagian atas dengan sasis bagian belakang. Caranya sama dengan step 1, gunakan obeng (+) tekan kebawah lalu putar kuat kekiri.

step 3

3. Lepas cover lampu belakang bagian atas,.. tarik dulu pelan-pelan kebelakang sedikit lalu diangkat.

step 4

4.Lepas baut pengikat rumah lampu yang posisinya ada dikiri dan kanan atas rumah lampu (bawah cover lampu atas yang sudah dilepas). Lihat gambar. pertama siapkan obeng plus (+) yang pas dengan ukuran baut , tekan dulu yang kuat lalu diputar kuat ke arah kiri.

step 5

5.Tarik kelar rumah lampu secara pelan-pelan sembari tebeng “dijengjet” atau dilebarkan agar rumah lampu bisa bergerak keluar.

step 6

6.keluarkan dudukan lampu dari rumah lampu dengan cara tangan kiri memegang dan menahan rumah lampu serta tangan kanan menekan dudukan rumah lampu lalu putar kekanan dan lepaskan dudukan lampu.

step 7

7.Lepaskan lampu dari dudukan lampu, caranya tekan bagian bawah lampu sampai “titik tonjolan” mentok lalu gerakkan kekiri (ikuti arah anak panah)..lampu lepas dengan sendirinya karena didalam dudukan ada semacam per/spiral yang menekan keluar.

 

step 8

8.beli lampu baru ketoko sparepart sepeda motor dengan membawa contoh lampu yang sudah gosong agar mendapatkan jenis lampu yang tepat. oh..iya saya pake lampu indopart harganya cuman 5000. Pasang lampu dengan cara paskan “titik tonjolan” pada celah didudukan lampu lalu tekan kebawah dan geser kekanan (ikuti arah anak panah).

step 9

9.Setelah lampu terpasang didudukan lampu langkah selanjutnya nyalakan mesin untuk memastikan lampu berfungsi dengan baik. Setelah itu pasang kembali dudukan lampu kedalam rumah lampu. selanjutnya masukkan kembali rumah lampu ketempat asalnya. lalu pasang baut-baut serta cover rumah lampu bagian atas dengan urutan kebalikannya. Mudahkan??… silahkan dipraktekkan dan Semoga berguna 😀

7 Comments

  1. kalo saya bongkar mika belakang kang, caranya sih hampir sama, tp bedanya saya bongkar lampunya pakai acara buka mika dl kang… tp punya saya mio j sih kang.. mau upgrade tp kayaknya masih bisa dipakai kang..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*