Sekarang kalau ada “Razia polisi”, langsung cepat tersebar digrup FB

Halo brother biker 😀 .. Yang namanya kena tilang itu nggak enak, apalagi kalau alasan ditilangnya seperti mengada-ada … misal gara-gara naruh tas didek skutik, gara-gara bawa kardus mi instan yang diikat dijok belakang, gara-gara nggak ada tutup spentil, gara-gara nggak ada kain lap atau kain gombal mukiyo dibawah jok dan lain-lain. Yang lebih menjadi dilema ketika pemotor yang kena tilang daerah asalnya jauh dari daera lokasi razia kelengkapan lalu lintas. Misal pemotor dari Semarang Jawa tengah yangsedang dalam perjalanan kebarat kemudian ditilang didaerah Cirebon Jawa barat.

Sipemotor harus memilih satu diantara dua… mau ikut sidang atau bayar ditempat. Kalau sipemotor mau mengikuti prosedur dengan mengikuti sidang, mau nggak mau sipemotor harus mengorbankan waktu dan biaya untuk mengikuti sidang. Akhirnya dengan terpaksa dan tidak ikhlas, sipemotor harus merogoh koceknya untuk “membayar” oknum yang mau menilangnya.


Nah..sekarang disetiap daerah biasanya ada grup lokalnya diFacebook. Misal grup Cirebonan, grup info cegatan Jogja, grup warga batang dll. Nah..para anggota grup ini bila ada yang kebetulan menemui “lapak razia” diwilayah sekitar daerahnya akan spontan menginformasikan via update status digrup facebook. Yah..tujuannya untuk mengingatkan para member grup tersebut agar kalau mau lewat jalan yang ada razianya agar dilengkapi surat-surat kendaraannya. Dan bagi yang kebetulan pajak kendaraannnya mati atau SIMnya masa berlakunya sudah habis agar lebih hati-hati dsb.

Bagaimana dengan anda? sudah ikutan gabung digrup facebook di daerah anda? 😀

6 Comments

  1. Yg bikin dilema mbah, pengen ngeluyur ke barat (rumah di daerah rembang) tp males kalo ada cegatan, apalagi kondisi motor udh pasang body custom jg. Kalo ketilang jauh dr rumah kan agak nganu yo mbah wkwkwk

  2. Alhamdulillaah saya tidak pernah kena tilang, krn motor saya standar dan lengkap. Dan ridernya juga lengkap.

    Btw di atas disebut tutup pentil.
    Ini barang sepele tapi penting lho. Soale saya pernah tutup pentil hilang, pentilnya kemasukan kotoran. Waktu mau mompa malah anginnya bocor dan abis sama sekali. Sejak itu saya selalu pake tutup pentil dan bawa spare juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*