Truk Merci Bagong, truk legend yang garis desain mukanya mirip Bagong

Halo brother biker :D.. sekali-kali nulis tentang truk.. yups salah satu truk yang saya lihat dari kecil hingga sekarang adalah Truk tua bangka Mercy bagong! Mengapa dijuluki mersi Bagong? karena “wajah” dari truk ini kalau dilihat sepintas mirip-mirip salah satu tokoh pewayangan, anggota dari salah satu punakawan… Yups.. Bagong!

mersi bagong
truk Merci Bagong

Aslinya Truk merci bagong bernama Mercedez-Benz L series, Dibekali mesin berkode OM352 kubikasi 5700cc 6 silinder, diesel direct Injection mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 130 hp. Pada jamannya tenaga segitu sudah top banget bro! Meski hanya bertenaga 130 hp tapi insinyur Mercedez benz sangat ahli merancang sasis yang kuat, Suspensi yang mumpuni dengan material yang kuat serta rasio transmisi yang pas membuat truk ini kuat “disiksa” untuk membawa beban-beban yang sangat berat menempuh jarak yang jauh.

mersi bagong

Truk yang terkenal sangat bandel ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 70an. Namun hingga sekarang Truk Mersi Bagong masih eksis malang melintang di jalanan Indonesia. Truk Mersi bagong yang beredar di indonesia adalah model 1113 / 1313 , dengan kapasitas 7,5 ton, 15 ton, 19 ton, dan 21 ton. Namun pada kenyataannya, mersi bagong ini digunakan untuk mengangkut beban yang melebihi kapasitasnya.  Ada juga varian mersi bagung yang 4 x 4, dengan nama model 911, Truk ini banyak digunakan oleh TNI atau untuk kebutuhan berat yang lain.

Selain di Indonesia Mersi Bagong juga populer di luar negeri, di negara-negara timur tengah, afrika, dan amerika selatan. Bahkan di luar negeri produksi truk ini masih berlanjut hingga tahun 1995, dengan berbagai macam penambahan vitur seperti AC, Rem ABS maupun fitur-fitur truk modern lain.

Walau terkenal bandel, Namun masalah umur tidak bisa berbohong,… apalagi kalau truk-truk ini sering melintas dan ngetem didaerah laut atau pelabuhan serta digunakan memuat beban yang over load… wis.. part-part kaki dan sasis pada karatan plus memuat beban yang melebihi kapasitas.. akhirnya satu-persatu Merci bagong ini dikampak, dikilo atau hanya kendaraan hoby dan koleksi 😀

Dan setelah disawang-sawang… (hanya opini pribadi),desain muka dari Merci Bagong ini mirip dengan desain muka salah satu produk motor sport touring Ducati… Yups.. Ducati Multi strada! gambarannya mersi bagong dan Ducati Multi strada sama-sama memiliki “pipi” yang tembem dan mata yang “mentholo” alias matanya lebar bin amba .. he..he..

 

*Poto dari Facebook Motuba

5 Comments

  1. Truk2 Eropa memang umumnya bandel dan tahan lama.
    Mercy 911 termasuk salah satu favorit saya.

    Btw foto ke dua dari bawah itu Thames Trader, truk Inggris, bukan Mercy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*