perjalanan Soichiro Honda, from Zero to Hero and become Legend part 1

Soichiro Honda

Yudibatang.com – Halo brother biker :D… Anda pemilik sepeda motor honda? anda penggemar motor Honda? anda pengguna motor dan mobil Honda? apakah anda tahu siapa pendiri Honda? Sang pendiri dan pemilik perusahaan Honda bernama soichiro Honda. Orang bijak mengatakan ..jangan melihat seseorang atas kesuksesan yang dicapai saat ini, namun…lihatlah perjuangan berdarah-darah dan proses yang menjadikan seseorang tersebut sukses.

Yups…Kali ini yudibatang mau menuliskan artikel tentang perjalanan the legend .. Soichiro Honda. Tentu dengan gaya tulisan khas yudibatang ๐Ÿ˜€ . Artikel ini sebagai kasanah pengetahuan salah satu orang sukses yang menjadi salah satu tokoh dunia. Diartikel ini pula anda bisa mengambil nilai-nilai dari sikap soichiro honda yang terkenal pantang menyerah dalam mengahadapi masalah.. walau sering menemui kegagalan tapi terus berusaha mencari solusinya… intinya pantang menyerah dalam menghadapi kehidupan. Okay…..berikut ini ceritanya…

poto ilustrasi

Pada tahun 1906, dikota Iwata, Perkampungan komyou….GIHEI HONDA (Ayahanda Soichiro Honda) harap-harap cemas sedang menunggu kelahiran putra pertamanya dikediamannya. “Semoga anakku lahir dengan selamat…” do’a Gihei honda dalam hati. lalu terdengar suara yang ditunggu-tunggu…yup suara tangisan bayi… “ooaaa…ooaaa…ooaaa…” . Gihei Honda senang bukan main menyaksikan putra pertamanya laki-laki lahir dengan selamat dan komplit. Bayi tersebut diberi nama SOICHIRO HONDA… Lahir pada tanggal 17 November 1906. Kedua orang tua Soichiro berharap semoga Soichiro menjadi orang yang hebat dan berguna bagi masyarakat.

poto ilustrasi

Oh..iya.. Gihei Honda ayahanda dari Soichiro Honda berprofesi sebagai pande besi. Tahun 1906 diJepang kususnya dikampungnya Soichiro Honda, ya masih kampung kluthuk..jarang ada kendaraan yang lewat. Soichiro sering diceritain tentang mobil oleh ayahnya, namun Soichiro sama sekali belum pernah melihat langsung penampakan mobil. Saat Soichiro berumur 8 tahun (1914), Soichiro melihat ada mobil melintas dikampungnya… namanya anak kecil ndeso nggak pernah lihat mobil, ya .. Soichiro senang sekali sambil mengejar-ngejar mobil tersebut. Namun tetep saja tidak terkejar… saat Soichiro berhenti mengejar mobil yang sudah jauh tak terlihat, Soichiro melihat cairan diatas tanah… lalu dia mengendusnya….tercium aroma yang khas. setelah tanya kesana-kemari,..Soichiro baru tahu kalau cairan tersebut adalah bensin.

poto ilustrasi

Pada tahun 1916 saat musim panas, Soichiro sudah berumur 10 tahun dan sudah sekolah… Kalau diIndonesia ya sudah kelas empat SD. Dan sebentar lagi Ujian Olah raga berenang akan dilaksanakan. Soichiro sangat khawatir, karena dia tidak bisa berenang. Saat teman-teman sekelasnya sedang asik berbicara tentang gaya renang, Soichiro menyendiri sambil berguman dalam hati… “Apa yang harus kulakukan ya??…. Bisa-bisa aku ditertawakan atau dimarahi pak guru…”. Soichiro “menguping” pembicaraan temannya tentang tips agar bisa berenang. begini pembicaraannya ..

Ikan medaka

teman A : “Aku tahu caranya agar bisa berenang… Kata ibuku, kalau makan ikan medaka kita jadi bisa berenang..”

teman B :”Oh ya.. aku mau ah..”

teman A : “Khasiatnya lebih manjur bisa langsung ditangkap disungai..”

“Yess…ternyata begitu caranya” guman Soichiro dalam hati. Soichiro segera bergegas pulang kerumah dan ingin meminta bantuan kepada ayahnya untuk menangkap ikan medaka disungai. Namun ketika Soichiro mengungkapkan keinginannya kepada ayahnya, ayah soichiro tidak bisa membantu karena lagi sibuk banyak kerjaan. Walau soichiro memohon dengan amat sangat kepada ayahnya untuk menangkapkan satu ekor ikan medaka, ayahnya benar-benar sibuk dan tidak bisa membantu.

poto ilustrasi

“Bagaimana ini?? ayah tidak bisa membantu…kalau minta bantuan ibu nggak mungkin….Baiklah! ..kalau begitu aku tangkap ikan itu sendiri saja!” Disinilah salah satu momen yang membuat mental Soichiro pantang menyerah dan mandiri. Soichiro segera bergegas pergi kesungai untuk menangkap ikan medaka tanpa mebawa peralatan menangkap ikan sama sekali!! Hari itu…Soichiro gagal menangkap ikan Medaka. Namun…Soichiro tidak putus asa..keesokan harinya sepulang sekolah, soichiro kembali pergi kesungai untuk menangkap ikan medaka… hasilnya?? Nihil!! Soichiro tetap gagal menagkap ikan medaka… tanpa disadari soichiro sudah berlatih menyelam dan melatih otot-otot tubuhnya untuk latihan dasar berenang. Dan entah pada hari keberapa… Akhirnya Soichiro honda berhasil menangkap ikan medaka dengan tangannya sendiri!!

Nah… Pada saat ujian renang tiba, Soichiro berusaha berenang semampunya…. dan hasilnya… Soichiro dinyatakan lulus oleh gurunya….. Bersambung…

 

 

 

 

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*