Honda RC149 (1966), motor CC kecil, 4 tak nan gila!! top speed tembus 209 km/Jam!!

Honda RC149
HC149

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Kembali ke era tahun 60 an atau sekitar 50 tahun yang lalu. Tepatnya tahun 1966. Just info Tahun segitu kondisi Indonesia masih bergejolak terkenal dengan peristiwa supersemar. Honda membuat speda motor yang sangat fenomenal dan mencengangkan dunia!!. Dialah Honda RC149. Honda 125 cc RC 149 Grand Prix adalah sepeda motor buatan Jepang yang di buat pada tahun 1966. Mesin berkubikasi 125cc, empat langkah, lima silinder!! Motor ini bisa meraih top speed 130 mph (209,2 km / jam).

Mesin Honda RC149

Pada tahun enam puluhan, pabrik-pabrik sepeda motor Jepang  bertekad untuk “menaklukkan” Eropa dengan unjuk gigi ke dalam pertarungan teknologi gila memperebutkan kemenangan di kejuaraan balap dunia. Di tahun 1967 mesin 50cc dan 125 cc di larang mengaplikasi silinder lebih dari dua silinder dan lebih dari empat silinder. Honda memperjuangkan mesin four stroke, yang menggunakan silinder ekstra untuk menebus kekuatan yang hilang dari model two-stroke.

Kesalahan dari pendekatan ini tampak jelas di kelas 125 cc. Dimana Honda juara dunia dengan mesin dua dan empat silinder. Honda bersaing melawan tekhnologi dari Yamaha dan suzuki. Keduanya terkenal jozz saat itu dengan mesin dua tak twin silinder. Pembalap dari negara Swiss yang bernama Luigi Taveri spesialis membalap dengan motor berkubikasi kecil menjadi juara dunia tiga kali 125 cc yang mengendarai Honda.

3 Komentar

  1. Mesin 5 silinder inline seperti ini pasti mempunyai tantangan engineeeing yg sulit. Dan reliabilitynya rendah. Krn mengejar HP dgn menaikkan RPM. Karena itu bahkan Honda tidak membuatnya lagi. Di samping krn terbentur regulasi, biaya pembuatannya pasti sangat mahal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.