Perjalanan Soichiro Honda, from Zero to Hero and become legend part 3

Soichiro Honda

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 .. Kembali menuliskan artikel lanjutan tentang perjalanan Soichiro Honda. Bagi brother biker yang baru baca silahkan baca dulu artikel sebelumnya Soichiro Honda bagian 1 dan Soichiro Honda bagian 2

Ditahun 1922, Soichiro berumur 16 tahun dan hampir memasuki waktu kelulusan sekolah. Diumur segitu Soichiro sangat menyukai hal-hal tentang tekhnik kendaraan bermotor (mobil). Bila Soichiro sedang tidak ada kegiatan belajar, dirumah Soichiro rajin membantu pekerjaan ayahnya yang berprofesi sebagai pande besi. Ayah Soichiro sudah siap mensupport Soichiro bila ia ingin melanjutkan sekolahnya. Namun Soichiro memiliki sebuah impian sendiri yaitu membuka usaha bengkel sendiri.

poto ilustrasi

Suatu hari ketika Soichiro sedang membaca-baca majalah otomotif, Beliau menemukan sebuah iklan lowongan pekerjaan magang disebuah bengkel. Nama Bengkelnya ART SHOKAI TOKYO. Soichiro sangat tertarik dengan iklan lowongan kerja tersebut, dan Soichiro memutuskan untuk pergi merantau keTokyo untuk melamar pekerjaan di Bengkel Art Shokai. Bulan April tahun 1922 Soichiro mulai merantau keTokyo, ayahnya mengantar Soichiro sampai distasiun Kereta api dan melepas kepergian Soichiro sambil bernyanyi “Selamat jalan kawan..smoga kau benar…. Selamat jalaaannn…. ” .

Singkat cerita, Soichiro sudah sampai diTokyo dan langsung menuju bengkel Art Shokai untuk melamar pekerjaan sebagai tenaga magang. Soichiro diterima kerja dibengkael Art Shokai,… namuuuunnn… Bukan sebagai pekerja mekanik melainkan menjadi tukang bersih-bersih!! menyapu, mengepel dan lain-lain. Hal itu bukan menjadi masalah bagi Soichiro,.. yang penting kerja dulu. Disela-sela pekerjaannya membersihkan bengkel, Soichiro sering mencuri dengar dan memperhatikan mesin-mesin kendaraan ketika para mekanik bengkel tersebut sedang bekerja. Namun kadang-kadang Soichiro suka diusir para mekanik bila ketahuan sedang memperhatiak mereka sedang bekerja. “Eh!apa yang kau lakukan disini?!”… “Sana pergi!! bersihi terus tuh..kotor!!.. dengan agak kesel Soichiro pergi dan kembali membersihakan ruangan sekitar bengkel.

Ford Tipe T

Ternyata pimpinan bengkel memperhatikan Soichiro… Soichiro kerjanya rajin sekali dan sangat tertarik dengan dunia permesinan,..hal itu menarik perhation pimpinan. Suatu hari Soichiro diperbolehkan untuk ikut menangani subuah mobil. Mobil pertama yang ditangani Soichiro adalah mobil Tipe T Ford. Mobil ini merupakan mobil yang diproduksi secara masal didunia. Harganyapun murah dan laku keras.

Hasil kerja Soichiro dinilai sangat bagus oleh pimpinannya, hingga akhirnya Soichiro sering ditugaskan keluar kota untuk menangani mesin-mesin mobil kastamer bengkel yang mengalami masalah. Pada tahun 1924, Soichiro ditugaskan ke MORIOKA yang jaraknyasekitar 760 km dari Tokyo untuk membetulkan mobil pemadam kebakaran. Namun saat Soichiro datang ke lokasi mobil pemadam kebakaran, Soichiro sering diremehkan kemampuannya oleh orang-orang tersebut. Melihat kedatangan Soichiro muda, umur belasan tahun yang menggunakan wear pack, ..pemilik kendaraan merasa kecewa. Soichiro hanya diberi kamar disebelah kamar pembantu wanita dilosmen setempat. Dussss…. !!

Soichiro Honda muda

Ternyata… Soichiro berhasil membetulkan mobil pemadam kebakaran tersebut hanya dalam waktu tiga hari. Kemudian pemilik kendaraan mengetes mobil pemadam tersebut. Hasilnya sangat jozzz dan pemilik kendaraan sangat senang. Persepsi pemilik kendaraan yang tadnya sangat meremehkan Soichiro berubah jadi sangat kagum dan hormat. Selanjutnya Soichiro dapat fasilitas kamar yang lebih baik, pindah kelas A atau kelas yang paling tinggi! Mantab 😀

*Lagunya hanya tambahan dai yudibatang he..he…

 

Bersambuungg….. Ssstt..nanti malam ada artikel horor 😀

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*