Balapan Worldssp300 mulai “menyedot” pemirsa Indonesia, Honda harus “perkuat” pasukannya

worldssp300 jerez 2017

yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Balapan kelas baru yaitu World Super sport 300 di WorldSBK 2017 telah usai dengan menempatkan Marc Garcia menggunakan motor Yamaha R3 sebagai Juara dunia Worldssp300 yang pertama. Namun ada hal lain yang membuat balapan ini mulai “menyedot” perhatian pemirsa di tanah air,..Yups… Kemenangan pembalap Indonesia Galang Hendra yang berhasil mengkumandangkan lagu Indonesia raya di tanah Spanyol alias tanah para jago-jago balap dunia serta mampu menghebohkan dunia balap baik ditanah air maupun dieropa sana. Pasca balapan, banyak pencinta balap motor yang berusaha mencari link video balapan wssp300 dimana Galang bisa memenangkan pertarungan.

Galang yang datang bukan sebagai pembalap reguler, melainkan sebagai pembalap Wild card secara mengejutkan bisa “mempencundangi” pembalap-pembalap eropa yang sudah lebih dulu ikut dari seri awal. Motor-motor yang berlaga dibalapan ini adalah motor sport full fairing 300 hingga 500cc yang sudah dijual dipasaran dengan regulasi tertentu. Dan motor-motor yang berlaga dikejuaraan ini juga “merfleksikan” motor yang dijual diIndonesia juga. Motor-motor tersebut adalah :

1.Yamaha R3

Motor sport full fairing andalan yamaha ini secara penampakan persis plek dengan yamaha R25 yang dijual diIndonesia, yang membedakan hanyalah besaran CCnya saja.

2.Kawasaki Ninja 300R

Motor ini secara penampakan juga persis plek dengan Kawasaki Ninja 250R yang mulai dijual diIndonesia tahun 2008 hingga sekarang,..yang membedakan hanya besaran CCnya saja. Dan sekarang Kawasaki sudah meluncurkan Kawasaki 250R dan 300R versi terbaru yang memiliki banyak ubahan dan powernya lebih besar!

3.Honda CBR500RR

Motor ini memang dijual di Indonesia namun “kelas”nya berbeda dengan motor kompetitor. Di Indonesia, Nama Honda CBR500RRpun kalah tenar dibandingkan dengan Honda CBR250RR. Motor ini dari awal keikutsertaannya di ajang Worldssp300 memicu banyak kontraversi dikomentar-komentar blog otomotif. Yups.. karena kubikasinya jauh lebih besar dibanding kubikasi mesin motor peserta yang lain (Yamaha R3 dan Kawaski Ninja 300R). Namun…waktu telah menjawabnya…. dan hasilnya motor ini walau memiliki kubikasi yang lebih besar namun keteteran menghadapi motor 300cc.

Honda CBR500RR

Mau tidak mau Honda harus “memperkuat” pasukannya,.. akan lebih bagus lagi menggunakan motor yang CCnya tidak terpaut jauh dengan kompetitor! Kawasaki punya Ninja 250R dan Ninja 300, Yamaha Punya Yamaha R25 dan Yamaha R3, Honda punya CBR250RR namun belum memiliki CBR300RR…. (Ada CBR300R namun yang satu silinder, yang 250 1 silinder sudah disuntik mati). Sebenarnya Honda CBR 250RR memiliki performa yang lumayan mantab dan merajai dibalapan ARRC250. Namun kalau belum “diadu” diajang balapan yang kelasnya lebih tinggi seperti balapan di World super sport 300, sepertinya kurang afdol! Mau tidak mau Honda harus “mengeluarkan” motor sport full fairing 300cc untuk melawan motor-motor kompetitor diajang balapan worldssp300. 😀

Honda CBR250RR

4.KTM RC390

KTM RC390 baru mulai ikut diseri terakhir (sirkuit Jerez Spanyol), performanya juga lumayan… Dengan rider Bonoli, KTM RC390 sempat memimpin balapan dibeberapa lap dan membuat keteteran pembalap-pembalap Yamaha dan Kawasaki,..walau akhirnya kalah saat menyentuh garis finish.

*Galang hanya ikut balapan satu seri

 

2 Comments

  1. Cbr500r itu dilimit om di regulasinya. Hebatnya gitu tuh wsbk, bisa bikin regulasi yg cukup adil sehingga semua motor bisa kompetitif

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*