Penjualan ekspor sepeda motor, nggak ada untungnya buat dealer lokal

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. dulu jaman masih sekolah SMP, ada pelajaran Biologi yang masih saya ingat sampai sekarang. Salah satunya tentang “simbiosis mutualisma” kurang lebih artinya kerja sama antara dua belah pihak yang saling menguntungkan. Salah satu contoh simbiosis mutualisma adalah antara Kerbau dan burung yang menclok dipunggungnya. Sikerbau dapat keuntungan badannya bebas dari gigitan lalat dan burung dapat keuntungan dapat makanan lalat.

Apa hubungannya dengan judul diatas? yups,.. hubungan antara dealer sepeda motor dan pabrikan sepeda motor (satu merek) juga seharusnya yang terjadi adalah hubungan simbiosis mutualisma. Bahasa gampangnya, Pabrikan bikin motor dan dealer yang jualin. Kalau penjualannya laris, Pabrikan dapat untung dan dealerpun dapat untung, bisa bayar karyawan, nutup biaya operasional dan bisa kipas-kipas.

Nah,.. kalau pabrikan sepeda motornya jualanya diluar negeri alias ekspor?? ya…yang untung cuman pabrikan seepeda motornya, bagi dealer lokal nggak ada keuntungan sama sekali alias tetep ndlohom,…he..he… apalagi kalau produknya kurang kompetitif tapi dealer dipaksa kulakan satu paket,… wis..lambat laun dealernya akan kukut.

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*