Pinggiran jalan beton, seperti “ranjau” tersembunyi bagi pengendara motor

Yudibatang.com – Halo brother biker šŸ˜€ .. Hari ini saya melakukan solo riding jarak menengah Jepara – Semarang P-P, dan saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yang akan saya share untuk pembaca sekalian. Yups,.. jaman sekarang jalan provinsi dan jalan kabupaten selain ada yang diaspal ada pula yang dibeton. Nah..jalan beton ini saat musim hujan sangat berbahaya terutama jalan beton yang berlobang. Ternyata bukan hanya lubang jalan saja yang membahayakan,… pinggiran jalan beton juga menyimpan “ranjau” tersembunyi!

yudibatang

Saat saya sedang riding dari semarang menuju jepara, lalu lintas dalam kondisi ramai lancar. Saat hampir sampai disebuah traffic light/lampu merah, banyak kendaraan besar mengantri berjalan pelan. Sudah sifat umum pemotor, tentu berusaha mencari celah agar lepas dari kemacetan. nah..saya mengarahkan motor turun ketanah berpasir disamping jalan beton. Saya sudah berpengalaman jalan berpasir itu ngeri,… bisa bikin ndlosor pemotor. maka saya riding pelan-pelan sekali,…mungkin sekitar 5-10 km/jam. Saya terus riding sembari mencari perbatasan pinggiran jalan beton dan jalan tanah yang tidak terlalu tinggi untuk kembali masuk kejalan beton.

Nah…tiba-tiba dibelakang samping kanan saya terdengar suara… “ssrrrooookkkk!!!….gubrak!! Reflek saya meminggirkan motor kekiri sembari menengok kebelakang. Ya Allah!! seorang pemotor terjatuh!! saya lihat dengan jelas muka samping pengendara motor yang tidak terlindung helm (pake helm half face) ,..pipinya menempel sambil terseret jalan beton!! Saya berhenti sejenak untuk melihat keadaan sipemotor tersebut. Alhamdulillah,..sipemotor masih bisa berdiri lagi dan pas ada polantas yang langsungh membantunya,…namun pipi pengendara tersebut terbaret! dibelakangnya ada mobil grand max tapi masih “nyampe” ngerem. Rupanya sipemotor riding dibelakang saya (dijalan tanah berpasir) dan hendak naik kembali kejalan beton namun ban motornya terpeleset pinggiran jalan beton dan terjatuh. So… jalan tanah berpasir kombinasi dengan pinggiran jalan beton sangat membahayakan! waspadalah..!

9 Comments

    • yo’i mbah,… tapi kalau jalan aspal terlihat tinggi sipemotor akan lebih hati-hti. kalau pinggiran jalan beton walau tidak terlihat tinggi tapi bentuknya menyudut.

  1. Memang pinggiran jalan beton spt itu bahaya. Di komplek kami sebuah Innova kejeblos ban kirinya ke luar betonan. Tapi bisa ditolong kembali ke jalan dgn didongkrak menyusun batu2 di bawah ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*