Mampukah Yamaha Indonesia mengulang tahun keemasan 2009 ?

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Melihat market share sepeda motor yamaha sekarang-sekarang ini sangat memprihatinkan! cuma “disisain” 19,xx %! wedusss tenan! Sedangkan Honda AHM sang pemimpin pasar sepeda motor kipas-kipas rupiah dengan 79,sekian %. sisanya dibagi Kawasaki, Suzuki dan TVS. Ada apa dengan Yamaha ??

Flash back 8 tahun kebelakang, tepatnya ditahun 2009 Yamaha Indonesia penjualan sepeda motornya mengalami tahun keemasan!! market sharenya hampir menyalip Honda!! AHM waktu itu mendistribusikan sepeda motor sebanyak 2.701.279 Unit dan Yamaha Indonesia mampu mendistribusikan sepeda motor sebanyak 2.650.992 Unit! Selisihnya tipis!! Saat itu Yamaha Vixion benar-benar menjadi andalan Yamaha Indonesia dalam melawan dominasi Honda.

*Sumber triatmono.info

Namun, Honda tidak barpangku tangan,… Honda melakukan banyak pembenahan,…mulai dari perombakan menejemen, strategi dan membuat produk-produk baru. Strategi Honda yang utama adalah “merebut” pasar skutik entry level yang saat itu dikuasai Yamaha Mio. Pelan tapi pasti Honda Beat berhasil menjalankan misinya mendongkel yamaha Mio dari tahta raja skutik!! Strategi yang lain “meruntuhkan” dominasi Yamaha Vixion! berbagai upaya dikerjakan termasuk membuat tim khusus pemenangan motor sport Honda atau dinamakan tim SWAT. Walau selama 9 tahun belum juga lengser,…namun ditahun 2017 ini sudah mulai ada tanda-tanda tahta raja motor sport 150cc akan lengser.

Yamaha harus berbenah kalau tidak ingin market sharenya terus menurun. Dealerpun enggan jualan produk sepeda motor bila kurang laku dipasaran. Sekarang andalan Yamaha tertumpu pada Yamaha Nmax155, sedangkan Mio series malah kurang laku. Yamaha Vixion yang baru malah desainnya kurang pas . Sadarlah Yamaha, Jualanmu yang utama itu diIndonesia… ujung tombakmu ada pada sales-sales sepeda motor didealer-dealer lokal!!

10 Comments

  1. kata FBY smart tak peduli market share… Penting Kipas kipas dollar.
    pertahankan dan teruskan saja sales dan Management yamaha yg sekarang sampai 25 tahun kedepan.

  2. Benahi Divisi RND dan Marketing & Promosinya, 2 devisi yg dulu sangat piawai meramu dan menjajakan motor. Desain yg makin ngaco, spek dan fungsi yg kadang bertolak belakang. Contohnya mio. Mio itu awalnya motor buat cewek (Mio=Cantik), tapi filisofinya dibikin kencang-irit yg nuntut suspensi keras. Padahal berapa kenceng sih cewek bawa motor? Celah inilah yg diambil Beat (dan matic Honda pada umumnya). Orang naik motor matic itu buat cari nyaman. Filosofi INI yg tidak diubah Yamaha sampai sekarang. Tidak terkecuali NMax. Jika tidak berubah, NewPCX akan menenggelamkannya.

  3. Tdk apa2..ymaha selalu jdi penantang, honda jdi pemenang…tnpa inovasi dari yamaha tentu model honda bgtu2 sj dr dlu…mgkin sport batangan megapro primus smpe sekarang masih dipertahankan honda

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*