Biografi dan Profil Jonathan Rea, Pembalap Kawasaki juara dunia Wsbk 3x berturut-turut!

profil jonathan rea

Yudibatang.com – Halo brother biker ūüėÄ ,..WorldSbk atau World superbike adalah ajang kejuaraan balap motor kelas dunia yang berkubikasi lebih dari 1000cc dan telah diproduksi massal. Berbeda dengan Motogp yang motornya masih prototype atau belum diproduksi, motor-motor Superbike yang ikut diajang balap WSBK harus sudah diproduksi massal. Nah,… Sekarang pembalap yang paling terkenal diwsbk adalah Jonathan Rea penunggang Kawasaki Ninja ZX10RR! Jonatahn Rea berhasil menjadi juara dunia Worldsbk tiga tahun tanpa putus dari tahun 2015 tahun 2016 dan tahun 2017. Ini dia profil Jonathan Rea .

( Baca :Biografi dan kair Marc Marquez )

Jonathan Rea, MBE lahir di Ballynure, Irlandia Utara pada tanggal 2 Februari tahun1987 (sekarang berarti umurnya 31 tahun)

Jonatahn Rea kecil

Sebagian besar karir Rea disupport oleh Red Bull, walau pada akhirnya Rea “pindah” ke Monster yang juga kompetitor Red Bull. Saat berumur 10 tahun (1997) Rea ikutan balap motocross kelas 60cc dan berhasil menjadi runner-up. Rea pada awalnya tidak ingin beralih ke sirkuit balap karena ia menganggapnya membosankan, namun Rea dibujuk oleh teman-temannya antara lain Michael dan Eugene Laverty, yang memperebutkan Kejuaraan 125cc Inggris ditahun 2003. Di musim 2004, karirnya terganggu karena kecelakaan di Knockhill.

Pada tahun 2005 Red Bull menset-up Jonathan Rea ikut di balapan British Superbike menggunakan motor spek pabrikan Honda Fireblade. Rea menunjukkan potensinya dengan merebut posisi pole dari nama-nama yang sudah mapan, dan finis ke-16.

Profile Jonathan rea di British Superbike

Tahun 2006, Jonathan Rea memulai musim balapan dengan kuat, Rea berada di urutan keenam dalam Kejuaraan British Superbike setelah lima seri. Dan diakhir kejuaraan, Rea berhasil menempati posisi ke-4 didepan pembalapa pabrikan Honda Karl Harris.

Tahun 2007, Jonatahan Rea mengambil alih posisi Harris mendampingi juara bertahan Ryuichi Kiyonari dari Jepang. Setelah menempati posisi empat detik, Rea akhirnya meraih kemenangan pertamanya di balapan kedua di Mondello Park. Diakhir seri, Rea berhasil finis sebagai runner-up , 26 poin di belakang Kiyonari dan 20 poin di depan Leon Haslam. Ditahun yang sama, Rea bersama dengan Kiyonari memenangkan lomba ketahanan tiga jam, dan keduanya kemudian masuk untuk lomba Suzuka 8 jam dengan Honda. Rencana Rea untuk mengikuti putaran MotoGP Inggris bersama Team Roberts dibatalkan karena persiapan di Suzuka.

Profil Jonathan Rea di world super sport

Pada bulan September 2007, Rea menandatangani kontrak tiga tahun dengan tim Ten Kate Honda untuk mengikuti kejuaraan WorldSupersport (600cc) untuk musim 2008, dan Kejuaraan World Superbike untuk musim 2009 dan 2010. Pada balapan pertamanya di Losail di Qatar, Rea jatuh dan mengalami luka parah pada jari. Secara total Rea berhasil meraih 3 kali kemenangan, sekali podium dua dan dua kali podium tiga. Diakhir klasemen, Rea berhasil meraih posisi runner-up.

Profil Jonathan Rea bersama Honda

Tahun 2009, Rea membalap untuk tim Hannspree Ten Kate Honda tim di World Superbikes. Rea membuat peralihan sebelum akhir tahun 2008, yang berarti bahwa dia membuat debut WSBK di putaran final 2008 di Portim√£o. Podium pertamanya datang di race dua di babak enam di Kyalami. kemenangan WSBK pertamanya datang di Misano, setelah bertarung dengan duo Ducati Noriyuki Haga dan Michel Fabrizio. Diakhir balapan,, Jonatahan berada diposisi ke5.

Tahun 2010, Rea masih membalap untuk tim Ten Kate Honda. Rea mencetak kemenangan ganda di babak penyisihan di Assen. Ditahun 2010 ini Rea sering mengalami kecelakaan dan gagal mendapatkan poin, saat itu yang Juara Ben Spies dengan motor Yamaha R1 sementara Rea berada diposisi ke-4.

Tahun 2011, Rea masih membalap bersama keluarga Ten Kate Racing karena tim Superbike Honda yang mendapat dukungan dari pabrikan pelumas global, Castrol. Tahun 2011, Rea berada diposisi ke 9. Tahun 2012 diposisi ke-5, Tahun 2013 kembali keposisi 9 dan diakhir karir bersama honda ditahun 2014, Rea berhasil finish ke-3. Tahun 2012, Rea sempat beberapa kali jadi pembalap pengganti dimotogp bersama tim repsol Honda.

Profil Jonathan Rea bersama kawasaki racing

Setelah menghabiskan seluruh karirnya mengendarai mesin Honda hingga tahun 2014, Rea pindah dan bergabung dengan Tim Racing Kawasaki sebagai rekan satu tim baru Tom Sykes untuk musim 2015. Rea mendominasi musim ini dan memenangkan gelar World Superbike perdananya, dengan 14 kemenangan. ditahun 2016 dan 2017 kembali Jonathan Rea meraja lela menguasai world superbike dengan Kawasakin Ninja ZX10R!!

Kawasaki Racing 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.