Tahun 2017, merupakan “tahun terburuk” Yamaha diMotogp semenjak tahun 2004!

persaingan honda vs yamaha

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,… Dibalap motor motogp era 4 tak, Yamaha adalah satu-satunya Pabrikan sepeda motor yang mampu meladeni “kedigjayaan” Honda. Tercatat semenjak tahun 2004, Yamaha bergitu mendominasi dan membuat Honda “frustasi” hingga tahun 2010. berikut catatan prestasi Honda dan Yamaha semenjak Tahun 2003 (Motogp) :

Tahun 2003 Juara Honda

Tahun 2003 Honda menjuarai Motogp dengan pembalapnya saat itu Valentino Rossi dan Tim Repsol Honda. Sementara Yamaha hanya berada diposisi ketujuh dengan pembalapnya Carlos Checa. Ditahun 2003 ini merupakan masa perlaihan dari 2 tak ke 4 tak. Saat itu motornya ada yang pake dua tak (500cc) ada pula yang sudah 4 tak (1000cc)

Tahun 2004 Juara Yamaha

Ditahun 2004, Valentino Rossi pindah ketim Yamaha dan membuat Honda marah hingga sekarang. Valentino Rossi berhasil membawa Yamaha dengan Motor Yamaha M1 menjuarai Motogp 2004 sekaligus menjadi awal kesuksesan Rossi bersama Yamaha. Kesuksesannya ditahun 2004 menjadi berkah bagi Yamaha. Pasalnya, terakhir kali tim ini melahirkan seorang juara pada tahun 1992 atas nama Wayne Rainey.

Tahun 2005 Juara Yamaha

Tahun 2005, Rossi masih mendominasi dan kembali meraih gelar juara dunia motogp. Pembalap Honda berada diposisi kedua yaitu Marco Melandri dan Nicky Hayden diposisi ketiga.

Tahun 2006 juara Honda

Ditahun 2006 sebenarnya Rossi sudah memimpin klasemen pembalap hingga menjelang seri penutup, namun diseri pamungkas Rossi terjatuh dan perolehan poinnya disalip pembalap Honda Nincky Hayden yang sekaligus merebut Juara motogp tahun 2006.

Tahun 2007 juara Ducati

Ditahun 2007, Honda dan Yamaha tak berdaya menghadapi keganasan motor Ducati ditangan Casey Stoner. Saat itu Casey dan Ducati terlihat sangat superior. Casey Stoner berhasil membawa Ducati menjuarai motogp 2007. Dani pedrosa bersama Honda berada diposisi kedua sementara Rossi berada diposisi ketiga.

Tahun 2008 juara Yamaha

Tahun 2008 Valentino Rossi bersama Yamaha kembali keperforma puncak dan menjuarai motogp 2008. Casey stoner bersama Ducati berada diposisi kedua dan Pedrosa bersama Honda berada diposisi ketiga.

Tahun 2009 Juara Yamaha

Tahun 2009 Valentino Rossi begitu digjaya berhasil menjuarai Motogp 2009, sementara Jorge Lorenzo yang saat itu masih baru diYamaha berhasil berada diposisi kedua. Pedrosa bersama Honda diposisi ketiga.

Tahun 2010 Juara Yamaha

Tahun 2010 Yamaha kemali juara dunia lewat Jorge Lorenzo. Dani Pedrosa diposisi kedua dan Rossi diposisi ketiga.

Tahun 2011 Juara Honda

Ditahun 2011 banyak perpindahan pembalap. Valentino Rossi pindah ke Ducati dan Casey Stoner pindah ke Honda. Stoner sukses membawa kembali Honda menjuarai Motogp. Jorge Lorenzo bersama Yamaha berada diposisi kedua dan Dani pedrosa berada diposisi ketiga. Rossi bersama Ducati terpuruk diposisi ketujuh.

Tahun 2012 juara Yamaha

Tahun 2012 Yamaha kembali Juara dunia lewat Jorge Lorenzo, Duo pembalap Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner berada diposisi kedua dan ketiga.

Tahun 2013 Juara Honda

Tahun 2013 banyak juga terjadi perubahan komposisi pembalap. Casey Stoner memilih pensiun dini dan digantikan pembalap Rookie Marc Marquez!. dan Valentino Rossi Came back keYamaha. Marc Marquez membuat mata dunia terkujut dengan “mengacak-ngacak” pembalap lama dan berhasil menjadi juara dunia bersama Honda dimusim pertamanya. Lorenzo bersama Yamaha berada diposisi kedua dan Dani Pedrosa berada diposisi ketiga.

Tahun 2014 Juara Honda

Tahun 2014 kembali Honda bersama Marquez menjuarai motogp 2014, Duo pembalap yamaha Rossi dan Lorenzo berada diposisi kedua dan ketiga.

Tahun 2015 Juara Yamaha

Ditahun 2014 terjadi mkemelut diinternal Yamaha,…yups,..terjadi perseturuan anatara Lorenzo dan Rossi. Namun Yamah tetap saja jadi juara lewat Jorge lorenzo sementara Rossi berada diposisi kedua dan Marquez ketiga.

Tahun 2016 Juara Honda

Tahun 2016, Marc Marquez dan Honda meraih gelar juara dunia, sementara duo pembalap Yamaha yang hubungannya sudah kurang baik berada diposisi kedua dan ketiga.

Tahun 2017 Juara Honda

Ditahun 2017, terjadi perubahan komposisi pembalap. Jorge lorenzo pindah ke Ducati, Maverick Vinales meninggalkan Suzuki dan bergabung bersama Yamaha. Marc Marquez dan Honda kembali meraih gelar juara dunia. Posisi kedua diraih pembalap Ducati Andrea Iannone dan posisi ketiga diraih oleh Dani Pedrosa rekan setim Marquez. Yamaha hanya mampu berada diposisi keempat lewat Valentino Rossi sekaligus menjadi “prestasi Terburuk” Yamaha dimotogp semenjak 2004.

 

 

 

 

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.