Biaya servis Dinamo ampere atau alternator Motuba Daihatsu Charade

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang motuba. Namanya Mobil tua bangka apalagi kondisinya baru dipinang, tentu ada penyakit tersembunyi yang kadang tidak diketahui bagi pemilik motuba pemula. Salah satunya adalah dinamo amper atau Alternator. Nah..bagi pemilik motuba pemula yang bermasalah dengan Dinamo amperenya, tentu bingung berapa biaya servis Dinamo ampere .

Dulu yudibatang pernah memiliki Motuba Daihatsu Charade tahun 1986. Karena waktu itu saya masih “nubitol” alias belum tahu apa-apa tentang seluk beluk mobil, Saat pertama nego dengan sipenjual motuba, saya seperti “kejeglong” kemakan omongan sipenjual Motuba tersebut yang katanya kondisinya Istimewa. Baru dua hari dipinang dan motuba saya ajak jalan kedaerah pedesaan namanya desa Bandar, kecamatan batang. Si Motuba ini mogok! Namun walau saya belum tahu tentang seluk beluk mobil, saya mencoba tetap tenang. Motuba saya pinggirkan dan istirahat sekitar 15 menit. Setelah itu saya coba nyalakan mesin dan ternyata mesin bisa hidup kembali.

Biaya servis Dinamo ampere

Alhamdulillah, motuba masih bisa jalan sampai dirumah. Keesokan harinya saya panggil tetangga yang buka usaha bengkel. Namanya Mas Antok. Setelah dicek oleh mas Antok dengan cara mesin dinyalakan lalu obeng ditempelkan dialternator/dinamo ampere, ternyata obengnya tidak menempel. Katanya alternator atau dinamo ampere yang masih bagus, bila kita mendekatkan obeng atau sesuatu benda dari besi didekat dinamo ampere, besi yang kita dekatkan akan ketarik oleh medan magnet yang ada didinamo ampere. Menurut mas Antok dinamo amperenya bermasalah. Lalu saya bawa Motuba ke bengkel dinamo didaerah Batang (Lokasi dekat Rumah sakit umum daerah Batang ). Setelah dicek dan di servis Dinamo amperenya, ternyata lakhernya prothol dan arangnya habis. Biaya servis Dinamo amperenya masih terjangkau sekitar 110 rupiah (tahun 2012), mungkin kalau sekarang biaya servis Dinamo ampere sekitar 200ribuan.

 

Semoga artikel biaya servis Dinamo ampere ini bisa berguna bagi pembaca yang membutuhkannya 😀

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.