Pengalaman “othak-athik” ngawur AC Motuba dan mledosss!!

Pipa kondensor AC Daihatsu Charade mbledos

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,… Artikel pengalaman tentang Motuba. Yups,.. ada yang bilang Pengalaman adalah guru yang terbaik ,..itu benar adanya. Dulu,..waktu yudibatang punya Motuba Daihatsu Charade th 86, saya sering melakukan “othak-athik” atau DIY (Do It Your self) khususnya hal-hal tehnis yang cenderung gampang untuk dikerjain sendiri. Misal nguras dan ganti air radiator pake air jeding, Ganti Oli sendiri, Lepas dan pasang knalpot sendiri, lepas dan pasang busi sendiri dan lain-lain. Artkel ini lanjutan dari artikel yang dulu pengalaman nyetir mobil, mesin over heat, rem macet dan hampir nabrak bus diJepara Jawa tengahe

Diagram AC mobil

Sesampainya di Batang, keesokan hari saya penasaran dengan masalah AC motuba yang dinginnya cuman kalau sore, malam dan pagi hari doang. kalau sudah jam sebelas siang sampai jam tiga sore, AC motuba rasanya kurang dingin. Padahal AC sudah diservis dan freon sudah diisi ulang ke bengkel AC serta Motuba sudah dicek ke bengkel langganan. Waktu itu saya belum tahu bahwa sistim kerja AC mobil itu tergantung dari kondisi serta usia parts-parts AC itu sendiri dan tergantung dari kondisi mesin mobil (mesinnya sehat, kerja AC juga lebih bagus sedang bila mesinnya bermasalah, kerja AC juga akan bermasalah serta menambah masalah baru buat mesin). Tahunya AC sudah diservis, mesin sudah diselipke dan parts pendukung sudah saya belikan yang baru (Selenoid AC dll ) harusnya AC sudah dingin.

Nah,.. sore hari jam tiga,an diteras rumah, saya mulai “othak-athik” ngawur,..tidak tanya-tanya dulu keahinya dan tidak mencari info seputar sistem rangkaian kerja AC mobil. “Pokoke othak-athik dewek,.. rusak yo dandak’ke nang bengkel” translate “Pokoknya otak-atik sendiri,..kalau rusak yaaa.. dibenerin kebengkel” . Saya mulai buka kap mesin, nyalakan mesin,..lalu telapak tangan ditaruf diblower ac,.. “hhhmmm angin thok ..atise kurang” translate “Hhmm..angin doang,..hawa dinginnya kurang”. Saya berpindah kedepan mobil dengan kondisi menyala dan memperhatikan parts-parts AC,… Selang sudah keluar embun, kompressor ac jalan, kondensor dan kipas tambahan jalan,.. pokoknya semua terlihat normal. Lalu saya mulai coba-coba sendiri melepas dan memindahkan selang vacum house,… just info,.. selang ini ada dua yang satu mengeluarkan angin dan satunya nyedot angin.

Ketika kedua selang sudah saya pindah-pindah posisinya,..tiba-tiba terdengar suara “dosss!!….cesssss!!! dan keluar asap dari area kompressor ac!! Busyet!! ACnya “mbledoss!!”. Saya agak kaget dan segera mematikan mesin. Ternyata pipa dari kompressor bocor dan keluar freonnya!! Sem!!

saya “tolah-toleh” sendiri,.. Jongkok dulu sembari ngudud sebatang rokok, sesaat kemudian motuba saya bawa ketukang AC. Akhirnya pipa harus dilas kuningan dan keluar biaya lebih banyak,… nasib..nasib.. he..he… So ,.. bila anda punya Motuba atau kendaraan lain, silahkan saja DIY tapi hal-hal tehnis yang perlu keahlian kusus serahkan pada ahlinya,.. Semoga berguna 😀

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.