Kisah merana Yamaha Mio menular,..Vixion lengser dikudeta CB150R

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Sekedar mengingatkan, Dulu sekitar tahun 2004 Yamaha Mio merupakan rajanya Matik entry level. Namun karena terlena dan tidak melakukan inovasi serta gencarnya serangan AHM dengan mengeluarkan Honda BeAT, akhirnya tahta Yamaha Mio bisa dikudeta oleh Honda BeAT. Hingga sekarang, Yamaha seperti sangat kesulitan untuk kembali meraih mahkota matik. Disamping desain yang kurang bagus, image matik “boros” masih melekat pada yamaha mio hingga sekarang,..walau sebenarnya nggak boros-boros amat.

Setelah segmen raja matik lepas dari Yamaha dan dikuasai oleh Honda, Misi Honda selanjutnya adalah menjungkalkan Yamaha Vixion yang dulu merajai selama sekitar sepuluh tahun. Namun ditahun 2018, penjualan selama lima bulan (Januari hingga Mei 2018), Yamaha Vixion tak berdaya membendung Honda CB150R.

Data penjualan Yamaha Vixion vs Honda CB150R dan Suzuki GSX-S150 Januari – Mei 2018 :

2018 CB150R New Vixion
GSX-S150
Januari
6.357 unit, 3.587 unit 44 unit
Februari 7.168 unit 2.508 unit 63 unit
Maret 9.114 unit 7.166 unit  107 unit
April 7.694 unit 3.956 unit 281 unit
Mei 6.746 unit 6.465 unit 147 unit
Total 37.079 unit 23.682 unit  642 unit

Yups,.. masalahnya mirip dengan Yamaha Mio,.. Masalah desain! saat pertama kali ketangkap spy shootnya di sebuah pom bensin, Pihak Yamaha membantah kalau itu New Vixion. Saat sebelum produk benar-benar rilis, sudah banyak masukan yang mengatakan desain New Vixion jelek. Namun pada akhirnya New Vixion yang dianggap “jelek” oleh komentator blog tetap saja rilis… Seiring berjalannya waktu,.. New Vixion kalah oleh Honda CB150R.

Waktu itu Menurut informasi yang dishare Kompas Otomotif,GM Aftersales and Public Relations PT YIMM M. Abidin mengatakan bahwa spyshot adalah hal yang biasa, meski tak sepenuhnya bisa dipertanggungjawabkan.        “Mungkin itu motornya orang POM Bensin kali Atau modifikasi juga bisa,” ujar Abidin penuh teka-teki.

CB150R vs Vixion

9 Komentar

  1. Padahal khan mas Yudi pernah pake Vixion lama Ki Kibaliyut ya.
    Saya juga masih pelihara seekor Vixion lama tahun 2011.

    Tapi ya wajar kalo motor udah 11 tahun merajai trus dilengserkan. Biar pabrikannya berpikir keras bikin model pengganti yg lebih bagus disainnya.
    Khan Presiden aja cuma boleh menjabat 2 x 5 tahun, hehe..

  2. Kalo menurut saya Yamaha sekarang sedang fokus di matik premium seperti nmax, X-Max dll. Vixion sengaja tidak di update signifikan karena pasarnya juga tergerus market skutik. Justru AHM merajai pasar sport disaat penjualan sport mulai turun

    • masalahnya dulu Yamaha ada dua raja, Mio di skutik dan diterusin Vixion di sport, sekarang? Malah keambil dua duanya.. Untunglah sektor Maxi Scoot masih dipegang Nmax dan XMax (yang ini emang gada saingannya).

  3. terlena di entry level matic, kena virus moge look di sport 150cc, untungnya basis di maxiscoot udh kuat, tapi jangan terlalu tergiur pasar eksport juga
    yamaha in my opinion :v

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.