Etika yang perlu diketahui ketika “manasin” mesin sepeda motor dipagi hari

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Yups,.. Manasin mesin sepeda motor. Tekhnologi permesinan baik itu mesin kendaraan roda empat maupun mesin kendaraan roda dua terus berkembang. Tujuannya selain untuk efesiensi, lebih ramah lingkungan dan juga agar pengguna dapat lebih cepat menggunakan kendaraannya. Berbeda dengan tehknologi jaman dulu, yang menggunakan karburator dan perlu memanaskan mesin dipagi hari yang konon agar olinya naik, mesin-mesin sekarang sudah menggunakan sistim injeksi yang diatur oleh ECU. Satrter langsung jalan juga nggak masalah.

Namun,…masih ada saja pengguna sepeda motor yang masih kolot melestarikan kebiasaannnya, berlama-lama “manasin” mesin sepeda motor dipagi hari. Kalau sudah ketemu pemilik sepeda motor model baginian, nggak perlu didebat,… soalnya mereka nggak akan mau menerima masukan dari kita. apalagi pemilik sepeda motor jaman old,… wis bisa-bisa kita yang ngasih masukan malah dilabrak! he..he.. Tapi bila anda masih mengikuti “aliran” manasin mesin sepeda motor dipagi hari atau mungkin karena tehnologi mesin sepeda motor yang anda miliki masih djadoel, ada Etika yang perlu diketahui ketika “manasin” sepeda motor dipagi hari. Apalagi bagi anda yang tinggal dipemukiman padat penduduk atau tinggal dikos-kosan.

Berikut Etika manasin mesin sepeda motor dipagi :

1. Dilarang keras menyalakan mesin sepeda motor didalam ruangan! karena asap sepeda motor yang keluar dari lubang knalpot bisa meracuni orang-orang didalam ruangan tersebut. Apalagi kalau motornya two stroke ngebul.. wis bisa kaya difogging.

2. Jangan manasin mesin sepeda motor dengan moncong knalpot mengarah keorang yang sedang berada dibelakang motor. Hal ini bahaya sekali, selain asapnya beracun,..angin yang keluar dari lubang knalpot bisa seperti tamparan.

Baca : 7 alasan mengapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian

3. Jangan manasin mesin sepeda motor diwaktu yang terlalu pagi, misalkan pada jam empat pagi atau pas waktu subuh. Apalagi kalau sepeda motornya pake knalpot racing dan dibleyer-bleyer, bisa memicu keributan dengan penghuni sekitar atau dengan tetangga.

Bila ada yang kurang silahkan ditambahkan 😀

5 Comments

  1. 2-stroke ada yg wangi kebulnya mbah. Dikasih apa ya itu?
    Di lamer pas di depan ada knalpot dangak, pdhl jarak 4 meteran, masih terasa seperti ditapuki sandal suwalonya ivvbe itu mbah. Tidak bisa tidak misuh klo kek gitu saya mbah.
    Klo jam tiga pagi sekalian bangunin warga makan sahur dos pundi niku mbah, prayogi nopo boten? Wkkkkkkk

    • wangi atau tidaknya asap motor 2 tak itu tergantung oli sampingnya mbah. ada yg wangi ada pula yg baunya ngga karuan. yg wangi biasanya ada embel-embel “perfumed” atau “with perfume”

  2. nomor 2 mbah, kudu ati2 klo di belakang nya preman ato orang yg suka cari masalah. lebih baik dorong dikit motore biar aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.