Mengenal sirkuit Jerman Sachsenring , data dan faktanya hingga 2017

sirkuit jerman

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ..Motogp 2018 seri yang ke sembilan akan diselenggarakan di sirkuit Jerman yang bernama sirkuit Sachsenring. Di baca dari namanya, sirkuit Sachsenring ini termasuk kata yang sulit diucapkan maupun dituliskan bagi kebanyakan orang Indonesia. Biar gampang maka saya sebut sirkuit Jerman saja. Balapan di sirkuit Jerman Sachsenring ini sekaligus menandakan motogp sudah berjalan hampir separuh musim.  just info motogp tahun 2018 ada 19 seri. Berikut ini ada artikel tentang mengenal sirkuit Jerman Sachsenring, agar brother biker bisa tahu lebih jauh tentang sirkuit ini.

sirkuit Jerman

Sirkuit Jerman Sachsenring disebut juga sirkuit GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland. Dulu pada tahun 1920 hingga tahun 90an sebelum ada sirkuit Jerman Sachsenring, balapan mobil dan balapan motor di Jerman diadakan dijalanan umum yang tertutup didaerah sekitar kota Chemnitz. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tempat balapan di jalanan sudah tidak cocok lagi. Maka ditahun 1996 dibangunlah sirkuit baru yang lokasinya sekitar lima mil kebarat dari kota Chemnitz.

Sirkuit baru ini juga digunakan sebagai pusat pelatihan mengemudi serta keselamatan transportasi dijalan. Sirkuit Jerman Sachsenring pertama kali menyelenggarakan balapan MotoGP pada tahun 1998 dan banyak perbaikan telah terjadi sejak saat itu , termasuk perubahan layout secara drastis pada tahun 2001. Banyak tikungan lambat yang menjadikan sirkuit Jerman Sechsenring salah satu trek terlambat diantara sirkuit lainnya. Sirkuit Sachsenring memiliki panjang limtasan 3,7 km, terdapat sepuluh tikungan kekiri dan tiga tikungan kekanan. Lebar lintasan atau lebar trek 12 meter dan memiliki trek lurus sepanjang 700 meter atau 0,7 km. Balapan Motogp seri kesembilan disirkuit Sachsenring akan menempuh jarak 110.1 KM atau 30 Laps.

Di balapan motogp Tahun 2017 di sirkuit Sachsenring ini posisi satu dikuasai oleh pembalap repsol Honda, Marc Marquez dan posisi kedua diisi oleh Jonas Folger yang waktu itu membalap untuk tim Monster tech 3 Yamaha. Posisi ketiga ditempati oleh rekan setim Marquez yang musim depan memutuskan pendiun yaitu Dani Pedrosa.

Pembalap yang paling sering menjuarai balapan disirkuit Sachsenring sejak era Motogp adalah pembalap repsol Honda, Marc Marquez dengan 5 kali kemenangan. kemudian Dani Pedrosa dengan 4 kali memenangkan dan Valentino sebanyak 3 kali kemenangan.

Record sirkuit Jerman Sachsenring terakhir yang ditorehkan ditahun 2015 adalah rekor Fastest Lap dan rekor Best pole dipegang oleh pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Rekor top speed dipegang oleh pembalap Ducati Andrea Dovizioso dengan kecepatan 298 km/jam ditrek sepanjam 700 meter! guendeng!.  Sirkuit Jerman ini dikenal dengan “sirkuitnya” Marquez karena pembalap andalan Honda ini sering menang disini. Bagaimana dengan peluang para pembalap Yamaha? akankah kembali bernasib sama dengan tahun-tahun sebelumnya? ataukah akan ada kejutan? kita saksikan saja bersama dihari minggu 15 juli 2018, pukul tujuh malam. 😀

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.