Pertimbangan kredit motor, cari yang harganya realistis

pertimbangan kredit motor

Yudibatang.com – Halo brother biker ,.. Pertimbangan kredit motor …Mungkin yang namanya kredit sepeda motor adalah sebuah kalimat yang sering kita dengar sehari-hari. Berawal dari membaca-baca artikel tentang kredit motor dari berbagai sumber, hampir dari mereka semua mempunyai sudut pandang pemikiran yang  sama. Yups,.. lebih baik beli motor dengan cara cash.

( Baca :Menahan keinginan membeli motor baru untuk mengganti motor lama )

Saya mencoba menganalisa berdasarkan pengalaman pribadi dan kebiasaan rakyat kecil pada umumnya. Tidak semua orang memiliki kamampuan untuk membeli sepeda motor dengan cara cash. Namun semua orang punya Naluri dasar ingin mendapatkan kehidupan yang lebih layak.  salah satunya ya ingin memiliki sepeda motor walau membelinya dengan cara kredit. Butuh Pertimbangan kredit motor agar kantong tidak jebol dan malah menambah beban.

pertimbangan kredit motor

Honda beat Yamaha mio m3 Suzuki nex 2

Pertimbangan kredit motor

Saya mencoba membuat sebuah ilustrasi seperti ini:  Ada seorang karyawan pabrik sepatu yang masih bujangan namanya Arkham. Arkham ini belum memiliki sepeda motor dan dia ingin memiliki sepeda motor. oh..ya Arkham orangnya rajin menabung dan hemat plus njitit karena tidak merokok dan tidak ngopi . UMK Jakarta sekitar 3.600.000 , katakanlah untuk biaya hidup sederhana diJakarta arkham menghabiskan 3 juta per bulannya. Setiap bulan Arkham bisa menyisihkan uang 600rebu untuk tabungan. Dalam kesehariannya dari tempat tinggal menuju tempat kerja, Arkham selalu menggunakan jasa angkutan umum.

poto ilustrasi arkham

Arkham harus mengeluarkan uang untuk transport sehari sebesar 20 rbu rupiah. Berarti sebulan Arkham harus mengeluarkan uang sebesar 20.000 x 22 hari kerja = 440.000. Belum lagi di hari sabtu dan minggu tentu Arkham membutuhkan alat transoprtasi juga untuk keperluan selain kerja. Misalkan transportasi untuk maen ketempat saudara, pacar, temen dan lain – lain. Katakanlah dalam sebulan Arkham menghabiskan 80.000 dengan penjabaran, selain kerja Arkham keluarnya kalau hari minggu saja. jadi total pengeluaran untuk transportasi Arkham dalam sebulan adalah 440.000 + 80.000 = 520.000. Dan uang sebesar itu selalu menguap menjadi milik orang lain.

Pertimbangan kredit motor yang harganya murah

Salah satu cara agar uang itu tetap menjadi milik Arkham walau sudah tidak lagi berbentuk uang adalah dengan cara kredit sepeda motor. Pertimbangan kredit motor Arkham tentu disesuaikan dengan harga motor yang mau dikredit. Cari sepeda motor yang harganya paling realistis dengan kondisi keuangan. Misalkan Suzuki Nex II yang tipe standar . Ini hanya contoh ya, bukan promosi. Pertimbangan kredit motor Suzuki NEX II karena harganya paling murah diantara motor yang sejenis. Harga Suzuki NEX II OTR Jakarta adalah 13.950.000.

Sumber BMspee7.com

Arkham bisa memiliki sepeda motor baru yang kinyis-kinyis dengan cara pertimbangan kredit motor seperti diatas, Dengan uang muka 1.400.000. Arkham bisa mencicil dengan nominal paling ringan sebesar 568.000 x 35 bulan. Uang cicilan tersebut bisa diambil dari alokasi dana transportasi bulanan 520.000 dan kekurangannya diambil dari uang tabungan 48.000. Untuk membeli bensin katakanlah 20.000 per minggu = 80.000 sebulan. Jadiii.. Arkham bisa memiliki sepeda motor dengan pertimbangan kredit motor yang realistis. Total biaya kredit motor plus bensin adalah 568.000 + 80.000 = 748.000.

Arkham masih bisa menabung sebesar 472.000 (tabungan 600.000 – 128.000 = 472.000).  Bandingkan bila Arkham membeli motornya dengan cara cash. Arkham harus nabung dulu sampai uangnya terkumpul dan cukup untuk membeli sepeda motor. Harus nunggu tiga tahun lebih plus uang 520.000 untuk transport harian menguap tiap bulannya. Biaya perawatan motornya bisa dipikir karo mlaku he..he..

Semoga berguna 😀

6 Komentar

  1. Memang pilihan kredit atau cash sepenuhnya ada di tangan konsumen. Keuntungan dan kerugiannya harus dipikir masak2 terlebih dulu.

    Kalo saya selalu beli cash, sebelum punya motor/mobil juga saya memilih untuk nabung dulu.

    Keuntungan kredit: Kita bisa “sewa pakai” motor dgn segera.

    Kerugian kredit, dgn contoh kasus di atas:
    1. Ternyata selisih harga kredit dan cash mencapai 7,33 juta atau 53% dari harga cash.
    2. Selama masa kredit, motor belum legal milik kita krn BPKB nya masih ditahan ama si pemberi kredit.
    3. Kalau tiba2 butuh dana, motor enggak bisa dijual (Atau bisa ya dijual tanpa BPKB? Saya enggak begitu paham soal ini).

  2. Nek ora kredit ora iso duwe mbah (kalau tidak kredit, tdk bisa punya), soale duit yg ditabung keburu dipakai utk kebutuhan/keinginan lain yg tiba2 muncul.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.