Empat point yang dipahami konsumen awam tentang sepeda motor

Empat point yang dipahami konsumen awam tentang sepeda motor
Honda beat pop yamaha mio m3 suzuki nex 2 2018

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Just info, pekerjaan saya menuntut untuk selalu berpindah-pindah tempat ke beberapa kota di Jateng, DIY dan Jabar. kadang tugas di Jepara, kadang tugas diJogja, kadang tugas di semarang dan kadang tugas di cirebon. Dari berbagai daerah yang saya datangi, kadang saya menyempatkan ngobrol tentang sepeda motor dengan orang-orang yang tinggal didaerah tersebut. Nah,.. dari Pengalaman ngobrol-ngobrol dengan konsumen sepeda motor dari berbagai daerah yang saya datangi, saya menganalisa dan menyimpulkan ada empat point yang dipahami konsumen awam tentang sepeda motor. Apa sajakah  Empat point yang dipahami konsumen awam tentang sepeda motor? Berikut ini penjelasannya :

Empat point yang dipahami konsumen awam tentang sepeda motor

1.Brand atau Merk

Di Indonesia ada banyak macam merek sepeda motor. Merk sepeda motor yang paling dikenal masyarakat di Indonesia adalah merk sepeda motor dari Jepang. Merk – merk tersebut adalah Honda, yamaha, Suzuki dan kawaski. Dari empat merk sepeda motor jepang itu, merk Honda merupakan merk yang paling dikenal. Honda datang duluan keIndonesia sekitar tahun 70an dengan tekhnologi mesin motor 4 tak yang dikenal irit, bandel dan halus mesinnya. Sementara yamaha dan suzuki serta kawaski datang belakangan. Berbeda dari honda, yamaha dan Suzuki datang ke Indonesia dengan produk motor dua taknya. jadi mindset masyarakat di Indonesia secara umum menganggap motor honda lebih baik. Mindset atau pemahaman tersebut diwariskan secara turun temurun ke anak cucu. Yamaha dan suzuki baru mulai masuk segment sepeda motor bermesin 4 tak sekitar tahun 2000an.

2.Model atau desain

Poin yang kedua adalah model atau desain. Yups,.. masyarakat Indonenesia secara umum sangat memperhatikan model ketika akan meminang sepeda motor. Biasanya orang kalau sudah seneng dengan modelnya, harga menjadi tidak masalah. Contoh kasus, Honda Scoopy ban kecil. Yups,..skutik keluaran Honda ini berdesain unik dan keren. Walau harganya lebih tinggi, namun peminatnya banyak dan penjualannya laris manis.

3.Mesin halus

Poin yang ketiga adalah masalah mesin. Nah,..disini masyarakat nggak begitu peduli dengan masalah tehknologi mesin. Coba deh, sampean tanya ke ibu anda atau saudara anda yang perempuan tentang tehnologi mesin yang ada pada motor yang dimilikinya. Bisa dipastikan jarang sekali yang tahu. sing penting mesinnya suarane halus. saya sering mendengar obrolan masyarakat yang membandingkan antara mesin Honda vario 150 dengan yamaha Nmax155VVA. Kalau secara tekhnologi. Yamaha Nmax lebih unggul. namun bagi masyarakat nggak begitu ngaruh. Masih banyak yang beranggapan tarikan Yamaha Nmax kalah dengan tarikan Honda Vario150. Kalau sudah mendengar begitu, saya hanya bisa hanya tersenyum. Soalnya kalau dijelaskan sampai berbusa-busa juga nggak bakalan paham. he..he.. so,.. sing penting mesinnya alus dan terikan kenceng.

4.Tumpakane kepenak

Poin ke empat adalah masalah tunggangan yang dirasakan. yang paling sering dipahami masyarakat tentang perbedaan skutik honda dan skutik yamaha adalah masalah “tumpakane”. kalau skutik honda tumpakane empuk kepenak sedangkan skutik yamaha tumapakane atos. Wis,… hal itu seperti sudah berlaku baku. coba deh tanya saudara atau teman yang perempuan tentang tumpakane kedua skutik itu. Di masalah tumpakane ini suzuki sebenarnya sudah kepenak duluan, sayang kurang di sosialisasikan.

Silahkan share pendapat anda.

6 Komentar

  1. Kayaknya masih ada no.5: Kemudahan servis, dan no.6: Nilai jual kembali.

    Tapi kata saudara yg bisnis jual beli motor bekas, di daerah saya harga skutik H dan Y berimbang.

    Yg merek S memang kasian, walau motornya bagus (kami pernah punya) tapi kurang disukai masyarakat, apalagi di tempat saya dealernya udah bertransformasi jadi dealer Viar Roda 3.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.