Cara bertanya yang baik ketika sedang mencari alamat

cara bertanya yang baik
Yudibatang

Yudibatang – Halo brother biker ๐Ÿ˜€ ,.. Negara tercinta kita ini memiliki penduduk yang beraneka ragam, terdiri dari banyak suku dan golongan. Namun hampir semua memiliki adat dan etika tersendiri. Termasuk etika ketika kita mau bertanya kepada warga tentang alamat atau tempat. Berdasarkan pengalaman pribadi datang kesuatu daerah yang asing atau daerah yang baru pertama kita singgahi, ada cara bertanya yang baik ketika sedang mencari alamat. kususnya saat kita sedang mencari alamat menggunakan sepeda motor.

( Baca juga :Etika meminjam motor sebelum dan sesudahnya)

( Baca juga :Etika ketika kita numpang mobil orang )

Berikutย Cara bertanya yang baik ketika sedang mencari alamat dengan menggunakan sepeda motor :

1. matikan mesin dan turun dari motor

Bartanya alamat dengan kondisi mesin motor menyala dan tetap duduk diatas motor itu seperti tidak menghargai orang yang ditanya. Tindakan tersebut bisa berarti kurang sopan.

2.Lepas helm bila menggunakan helm full face atau lepas masker bila menggunakan helm half face.

Dengan melepas helm dan masker, wajah anda jadi terlihat oleh orang yang ditanya. orang yang ditanyapun bisa dengan jelas mendengar perkataan anda

3.Awali pembicaraan dengan senyuman dan kata-kata yang sopan.

Namanya kita sedang butuh bantuan, tentu akan lebih baik mengawali pertanyaan dengan bahasa yang sopan. contoh.. “permisi.. “, “Mau numpang tanya..”, dan lain – lain.

4.Ucapkan terimakasih.

Kita sudah dibantu dengan ditunjukan alamat yang kita cari. balasannya gampang banget, ucakan terima kasih. Berikan senyuman dan kalau perlu jabat tangan.

Cara bertanya yang baik ketika sedang mencari alamat diatas memang tidak ada dalam sebuah buku pedoman, namun sudah menjadi budaya atau kebiasaan yang baik di masyarakat. Jangan heran ketika anda bertanya alamat kepada seseorang tapi orang yang ditanya acuh-tak acuh, atau menjawab tapi alamatnya disasarin. Mungkisn saja anda saat bertanya kurang sopan misalkan posisi mesin motor masih menyala dan anda tidak membuka helm.

 

Note : Cara ini kurang efektif bila diterapkan dikota besar seperti Jakarta.

7 Komentar

  1. mestinya tips bertanya ala Mbah Yudibatang ini berlaku universal tanpa melihat lokasi dan waktu

    ane yang tinggal di pulau Jekardah juga senang klo ada yg tanya alamat sembari terapin tips di atas … walo gak minta juga sih … konon ada sebagian wilayah yang klo gak nerapin tips di atas, yang nanya malah disasarin alias dikasih alamat palsu hahahahahaha

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.