Yamaha Crypton, motor bebek empat tak pertama Yamaha Indonesia

yamaha crypton

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Dulu di tahun 90-an jika kita mendengar motor bebek bermerek Yamaha, maka yang ada di benak pikiran kita adalah motor bebek bermesin 2 tak, berasap, kencang tapi boros . Sebaliknya bila kita mendengan motor bebek bermerek Honda, yang ada dipikiran kita adalah motor bebek bermesin motor 4 tak, irit dan bandel. Kesuksesan Honda menjual produk motor bebek dengan mesin 4 tak ini rupanya menarik perhatian Yamaha. Di tahun 1997, pabrikan Yamaha Indonesia yang waktu itu masih bernama YMKI, melakukan perubahan radikal dan sebagai tonggak sejarah dengan meluncurkan produk motor bebek bermesin 4 tak pertamanya yang diberi nama Yamaha Crypton.

Yamaha Crypton “motor transisi”

Yamaha Crypton ini merupakan “motor transisi” dari motor bermesin dua tak pindah ke motor mesin empat tak. Kehadiran Crypton di pasar motor Indonesia terasa cukup mengejutkan bagi masyarakat awam. maklum image masyarakat kita pada umumnya motor bebek bermesin 4 tak & irit itu hanya berlabel Honda. Yamaha Crypton dibekali mesin empat tak berkapasitas 102 cc. Power maksimal Yamaha Crypton ada diangka 8,2 hp pada putaran8000 RPM. Kubikasi mesin Yamaha Crypton ini lebih tinggi 5 cc dibandingkan dengan mesin C100-nya Honda Astrea Grand/Supra. Dan membuat tenaga Crypton lebih besar 1 hp dibandingkan dengan tenaga motor bebek andalan pabrikan Honda.

Yamaha Indonesia mengklaim bahwa mesin Crypton ini minim getaran berkat teknologi balancer. Yamha Crypton mengaplikasi desain bodi & sais yang berbasis dari Yamaha Force1/F1Z. Ini merupakan strategi Yamaha Indonesia untuk menekan biaya produksi. Strategi Yamaha Indonesia ini cukup bagus untuk menarik minat konsumen. Apalagi kapasitas mesin Yamaha Crypton lebih besar dibandingkan dengan mesin motor bebek Honda. . Seiring berjalannya waktu, Yamaha Crypton juga mengalami sedikit perubahan dengan penggantian striping serta penambahan disc brake pada roda depan. Hingga tahun 2018 ini, berarti Yamaha Indonesia sudah 21 tahun jualan produk motor bebek bermesin 4 tak. Hasilnya lumayan, motor bebek empat tak Yamaha Indonesia mampu bersaing dengan produk motor bebek AHM.

Setelah cukup sukses dengan Crypton, Yamaha Indonesia terus membrojolkan produk-produk turunan dari Yamaha Crypton. Diantaranya Yamaha Vega, Yamaha Jupiter,Yamaha Jupiter Z, Yamaha Jupiter MX dan yang terbaru motor bebek bermesin 150cc yamaha MX King. Dan Yamaha MX King ini sekarang merajai pasar motor bebek super bermesin 150cc. Andai Yamaha Indonesia tidak melakukan perubahan konfiguri mesin dari 2tak pindah ke mesin 4 tak pada produk-produknya, mungkin sekarang yamaha tinggal kenangan.

6 Komentar

  1. Masih mirip alfa ini bentuknya caakk… Montor jepang saya satu-satunya ya alfa rekkk….. Sekarang mocin terus cak rekkkk…….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.