Cara mengatasi mengantuk ketika naik motor jarak jauh

Cara mengatasi mengantuk
mengatasi kantuk

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,… Artikel pengalaman berkendara. Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang Cara mengatasi mengantuk ketika naik motor jarak jauh. Jarak jauh dalam arti kata diatas 100 km. Cara ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi dan diskusi dengan seorang rekan mantan driver mobil rental. Berikut ini  Cara mengatasi mengantuk ketika naik motor jarak jauh :

cara mengatasi mengantuk

1.Berhenti sejenak dan Tidur

Obat paling mujarab untuk mengatasi mengantuk adalah tidur. Cara Ini untuk biker yang naik motor “nothing to lose” atau tanpa beban. Maksudnya si biker tidak ada target harus sampai tujuan pada waktu tertentu. Carilah tempat-tempat yang aman untuk tidur. Misalkan Masjid, rumah makan, warung makan, SPBU dengan fasilitas tempat istirahat. Usahakan posisi motor sedekat mungkin dengan anda dan jangan meninggalkan barang-barang berharga diatas motor. Kalau anda cukup memiliki uang, bisa istirahat dilosmen, hotel melati yang memiliki fasilitas “short time” biasanya bisa disewa selama 3 jam. Namun tidur bagi orang yang naik motor, biasanya setengah jam juga cukup.

( Baca :Pengalaman touring tidur dimasjid dan diusir pengurus masjid)

air kelapa muda

2.Berhenti sejenak istirahat,minum air putih & minum minuman suplemen

Cara mengatasi mengantuk yang kedua adalah dengan cara istirahat sejenak. cara Ini berguna untuk biker atau pemotor yang melakukan perjalanan disiang hari dan dikejar waktu harus sampai tujuan pada waktu tertentu. Tidak disarankan terlalu sering minim minuman suplemen. Bisa juga minum air kelapa muda untuk menambah energi.

( Baca :Air kelapa muda menambah energi cocok untuk riding jarak jauh )

3.Berhenti sejenak dan ngopi

Cara mengatasi mengantuk yang ketiga adalah dengan cara menikmati segelas kopi panas dan kental. plus cemilan dan beberapa batang rokok (bagi yang merokok). Cara ini untuk biker yang perjalanannya dikejar target waktu. Misalkan sibiker harus sampai tujuan tepat waktu dan harus melakukan aktivitas yang penting.

biker penglaju

4.Ngopi dan basahi kaos kaki.

Cara mengatasi mengantuk yang keempat adalah dengan cara menikmati segelas kopi panas dan kental plus kaos kakinya dibasahi. Yups tips ini saya dapatkan dari mantan driver mobil rental dan supir truk. Maksudnya begini… misalkan anda sedang naik motor jarak jauh melewati tempat-tempat yang tidak ada fasilitas seperti hotel, SPBU dll hanya mendapati warung kopi. Dan anda harus segera sampai tujuan. Anda bisa berhenti sejenak dan nikmati segelas kopi, namun kalau dirasa kantuk nggak ilang juga, basahi kaki beserta kaos kakinya dengan air. Memang cara ini terasa aneh, tapi cara ini cukup manjur dan ampuh.

“Perhatian!! Lebih baik jangan membasuh muka ketika anda melakukan perjalanan jarak jauh dan belum sampai tujuan, karena dengan membasuh muka akan timbul rasa kantuk”.

5 Komentar

  1. iyo mbah
    apalagi berkendara berhadapan dengan sinar matahari + kaca helm bening, bikin cepet ngantuk kenapa ya mbah?? padahal naik motor ga kenceng cm 60km/jam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.