Hati-hati, Modifikasi sepeda motor itu seperti virus…bagian 2

ngoprek
yudibatang lagin ngosok silinder kop

Okay, saya lanjutkan artikel tentang modifikasi sepeda motor seperti virus bagian 2. pada bagian satu saya tuliskan modifikasi sepeda motor yang berhubungan dengan tampilan sepeda motor. Pada bagian dua ini saya bahas modifikasi sepeda motor yang berhubungan dengan performa motor πŸ˜€ Khusus untuk bikers pecinta kecepatan atau speed freak pasti tidak akan pernah puas dengan performa motornya, walau motor yang dipunyai menurut biker lain sudah termasuk kencang. Hati-hati keinginan memodifikasi itu seperti virus yang bila kita tidak bisa mengendalikannya akan terus menggerogoti kantong kita πŸ˜€ virus itu ada tingkatannya dari yang virus ringan hingga virus akut.

a.Virus modifikasi performa ringan

biasanya dimulai dari penggantian parts racing plug and play yang ringan (ringan maksudnya gampang makainya ) , contoh ganti oli synthetic, ganti busi racing, ganti filter udara racing, ganti knalpot racing kelas bawah :mrgreen: ganti gear set dari motor lain dan lain-lain

b.virus modifikasi performa sedang umumnya dimulai dari penggantian parts racing plug and play yang harganya lumayan mahal dan sebagian harus dipasang oleh mekanik. Contoh ganti ban sport, Ganti carburator, ganti CDI unlimiter (bagi motor carbu), tambah modul pengapian (bagi vixioners), ganti kampas kopling racing, ganti per kopling racing , ganti koil racing dll.

c.virus modifikasi performa lumayan berat virus ini akan menyerang bila sibiker masih kurang puas dengan performa motornya walau sudah diberi part racing tambahan dan langkah selanjutnya sibikers akan mendatangi bengkel motor yang mengurusi oprek mesin. Mulailah merambah kemesin, diporting and polish, papas head dan mengganti knalpot racingnya dengan knalpot racing yang berhargaΒ  lebih muahal.

d.virus modifikasi performa berat virus ini biasanya menjangkiti sibiker karena melihat (biasanya lihat video top speed :mrgreen: ) atau tau ada speed freak lain dengan sepeda motor yang sama tapi larinya bisa lebih kenceng dari motornya. Setelah gak puas mesin motornya diporting & polish dan papas head, Mulailah mesin motornya diacak-acak dengan cara bore up, stroke up, ganti klep lebar, ganti klep titanium, ganti per klep racing. setting ulang rasio gear dan lain-lain.

e.virus modifiksi performa Akut Virus ini adalah yang paling tinggi kastanya pada modifikasi performa, biasanya sibiker setelah terkena virus yang dibawahnya dan masih kurang puas juga, biker ini akan mengoprek motornya habis-habisan… bisa dengan penggantian parts dari motor lain yang adanya hanya diluar negri sono (contoh piston suzuki thunder 250 asli jepang bagi CBR rider πŸ˜€ , vixion yg 5 speed diganti pake 6 speednya R15 India), merubah sasis motornya, swap engine, hingga pengaplikasian turbo charger πŸ˜€

Waspadalah…waspadalah… kadang-kadang motor udah dioprek malah larinya gak bisa kenceng :mrgreen: … kuncinya “Motor kalau udah enak, jangan diapa-apain… πŸ˜€

Semoga berguna πŸ˜€

About yudibatang 2194 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

14 Komentar

  1. masih mending ngaplikasikan turbo charger, la kalau udah swap engine pakai mesin moge+turbo charger+dll masuk ke virus modifiksi performa yang mana ya? hehehe :mrgreen:

  2. seatu saya, kalau cuman poles kenalpot (pake sanpoly, kit, atau digosok2 pake minyak goreng) yang ada hasilnya permukaan knalpot jadi lebih kinclong :mrgreen:

  3. aku juga ngalami..walau hanya nambah dikit-dikit..lama-lama kok merembet. Mulai dari tampilan, beli single seater, spakbor kolong, pelindung mesin, pelindung radiato.., trus tempel pelindung tangki. Ganti knalpot racing & bentar lagi nyentuh jeroan..jarum.. pilot.. spuyer..weleh..weleh..stop ah!

  4. saya pernah dikasih tau klo spec bawaan pabrik itu yg paling baik dlm segala hal. Krn R&Dnya tentu ngga main2 & asal coba. Klo kita modif lagi tentu akan menonjolkan 1 aspek & akan mengorbankan aspek yg lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.