Riding via pantura? kenali karakter pengendara mobil dijalur tersebut… (1)

Halo brother bikers… untuk kesekian kalinya saya mau berbagi pengalaman berkendara…kali ini tentang karakter pengendara mobil dijalur pantura 😀 yup..berdasarkan pengalaman pribadi solo riding sliwar-sliwer Batang – Semarang 5,5 tahun dan batang – Cirebon 7 bulan 😀 … Jalan pantura adalah jalan utama atau jalan propinsi disebelah pantai utara pulau jawa yang menghubungkan kota-kota dipulau jawa. Pada bagian pertama saya bahas tentang karakter pengendara mobil pribadi yang pernah saya temui dijalan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

berikut rangkumannya :
1. Pengendara mobil pribadi biasa
Seperti pengendara mobil pada umumnya, pengendara ini tertib wajar, kecepatannya cenderung sedang.
2. Pengendara mobil pribadi pemula
mobil yang digunakan cenderung mobil keluaran lama, melaju pelan dan kadang-kadang bermanuver tak terduga.
3. Pengendara mobil pribadi speed freak
pengendara ini suka berkejaran dengan mobil lainnya dan bila bertemu dengan Motor batangan diatas 150cc, pengendara ini suka mengetes kecepatan ngedrag dengan motor tersebut, hanya beberapa kilometer saja dan kalo sudah menang, Pengendara ini melaju dengan normal kembali.

4. Pengendara mobil pribadi bingung Pengendara ini biasanya dari luar kota atau dari luar pulau jawa, bisa dikenali dari plat nomernya… Pengendara ini biasanya melaju kadang pelan, kadang sedang dan kadang-kadang agak kenceng, bila ada papan penunjuk arah pengendara ini cenderung pelan untuk membaca papan penunjuk jalan tersebut.

5. Pengendara mobil pribadi follower Pengendara ini jarang sekali, cenderung smart, biasanya ada dibelakang kita dan kasih kode lampu dim dan klakson pelan… Maksud sipengendara mau mengikuti “riding line” yang kita lalui. istilah dalam touring, dia ingin kita menjadi road capatainnya karena pengendara tsb tidak tau kondisi jalan. Yup..kalo saya bertemu pengendara mobil seperti ini, sayapun berubah layaknya road captain dalam touring 😀 . contoh; kalo ada lubang disebelah kanan saya kasih tanda kaki kanan turun kebawah dll  😀

6.Pengendara mobil pribadi “kampreto” dari belakang kelihatan melaju tidak stabil, pelan, kadang-kadang agak ketengah..lalu kepinggir lagi…ternyata sipengendara ini nyopir pake satu tangan sambil smsan atau nelpon… sial!!

7. Pengendara mobil pribadi anti biker
Ini yang paling bahaya!! pengalaman ini saya alami dua kali..
yang pertama terjadi ditahun 2009 (katana) dijalur lingkar kendal Jawa-tengah dan
kedua baru senin kemarin 28 feb 2011(sedan) dijalur pantura Tanjung – brebes. kenapa saya tulis pengendara mobil anti biker? yup..karena pengendara ini sentimen banget dengan bikers, pengendara jenis ini pada mulanya melaju normal, tapi pas kita mau mendahuluinya dengan kecepatan pelan yah sekitar 70-80km/j, pengendara ini tidak mau didahului dan tiba-tiba pengendara ini seperti sengaja memepet kita! kita coba mendahului dari sisi lainnya, tetep saja pengendara ini sengaja memepet kita. Oh..iya.. didalam mobil tersebut kelihatan ada atribut angkatan… Pengalaman saya mendingan kita pelankan laju sepeda motor kita atau lebih baik berhenti dan ngroko dulu 😀 yang waras ngalah lah…         Berikut salah satu rekaman video saya yang dibuat tahun 2008, ketika motor masih standar dan lagi gila top speed :mrgreen:  yang secara tidak sengaja bertemu dengan pengendara mobil pribadi speed freak dijalur pantura Subah – Batang – Jawa Tengah 😀

Semoga bermanfaat 😀

27 Komentar

  1. aku wes nonton, honda stream edyan kuwi mas, wedine sampean kesamber… tapi aku ra tekan rampung nontone je mas, speed standard tekan piro ?

  2. Mantab, tambahan informasi. inshaAllah Besok jumat, 04/03/11, aku mau lwt pantura. aku termasuk pengendara pemula, bener kadang melakukan manuver yg tak terduga. makasih

  3. huh… pantura? apalagi dari semarang lepas ke batang? ampoonnn jalannya… nah yang jadi catatan saya,yang parah pengendaranya ada di jalur tegal – cirebon… pengalaman pulkam desember kemarin. 😀

  4. emang nggak ada bis yg lewat yach..?

    klo ke sumatra justru bis yg bahaya, soale die aja larinya dah 100, anginnya ngak nahan klo papasan, klo bebek dah minggir sendiri tanpa harus belokin stang kena anginnya..:)

    kkkk

  5. wah.pengen juga sesekali ngetes speed cs1 ku.
    dulu waktu mudik di jalur kendal speed 120kpj coba satu tangan.he he he.
    pantura emang ajib.apalagi di batang yg alas roban penuh high speed corner

  6. mas yudi salam kenal, saya mau nanya nih,punya referensi bengkel speed freak di semarang yang dah pengalaman nanganin vixion ga? maklum saya masih awam soal motor tapi suka dengan kecepatan.. he..he..

    thank’s

  7. Wah honda streamnya ngece kek nya ,itu kan mobil diatas 1700cc jd lari diatas 120kpj aj masih enteng apalgi spedo mobil lbh akurat di banding motor, wlopun motor sampeyan dah 140kpj td di mobil bsa jd msh 125 kpj klo orangnya tega bsa dipacu mpe 150an kpj. Wah klo sopirnya tega mending ngalah aj klo gue, di dalem mobil paling pd ketawa-ketawa ngerjain bikers. Wassemm tenan.

  8. Mas yudi tolong di koreksi kalo ane salah, riding siang hari pantura ane ikut mobil apapun di jalur kanan,…..patokan ban kanan,…kenapa secara naluri si pengendara mobil,bus,…. dia akan merefleksikan kemudinya kalo ada lubang di kiri,tengah atau kananya,…..responnya dia akan mempriotitaskan ban kanannya.
    walaupun langsung si kenalpot pas bener di muke helm,…..ujug2 speed dapet g ribet ama jalur kiri, angkot, 3/4, bus,…
    untuk nyalip,….ane ikutin ban kirinya, begitu ada peluang masuk dah bentar di jalur kiri, kasih sen kiri,…plus 2x klakson oke sooooob,…..pindah sen kanan,…ambil jalur kanan kontrol spion,….wuss
    pentokin gas odometr bergrak 120-125,…130/kpj pol polannya dah,…..pan ada LIMITERnye
    mohon pencerahaan kalo cara itu kurang sapety,……tksrgds brader

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Riding via Pantura?kenali karakter pengendara Truk dijalur tersebut (2) | yudibatang personal blog
  2. Riding via pantura? Kenali karakter pengendara Bus dijalur tersebut,Waspadalah! | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.