Tips mandi yang baik setelah kehujaan saat riding

Bagi sebagian bikers pasti pernah mengalami kehujanan saat riding, apalagi bikers yang dalam pekerjaanya dituntut untuk selalu berkendara, bahkan hingga keluar kota seperti saya. kadang-kadang ada bikers yang tidak biasa riding kehujanan terus tiba-tiba kehujanan, dan setelah itu sibikers lagsung jatuh sakit, biasanya sakit masuk angin atau meriang πŸ˜€ dalam kesempatan ini, saya mau berbagi tips mandi yang baik agar kesehatan tetap terjaga setelah kehujanan saat riding berdasarkan pengalaman pribadi dan ngobrol-ngobrol dengan seorang rekan yang sedikit banyak tau tentang kebiasaan mandi orang jaman doeloe πŸ˜€ berikut ulasannya:
1. setelah sampai dirumah atau sampai ditempat tujuan, lepaskan pakaian basah anda dan segera ganti dengan pakaian yang kering.
2. Minumlah air putih (disarankan yang hangat)
3. Masaklah air untuk mandi
3. sembari menunggu air mendidih, Istirahat dulu kira-kira setengah jam (bagi yang perokok, bisa ngopi-ngopi dan udud-udud dulu :mrgreen: )
4. setelah air mendidih, masukan kedalam ember yang telah diisi air dingin, perbandingannya kira-kira 1:5
5. Ini bagian utamanya, mulailah mandi dengan membasuh dari bagian kaki dulu, bertahap naik keatas betis, dengkul, paha, sensor, perut, dada, tangan, leher, wajah..terus keatas hingga kerambut sampai ubun-ubun. pastikan seluruh badan sudah terguyur air hangat semua. kemudian mulai sabunan, terus dibasuh lagi seperti urutan pertama πŸ˜€
6. Setelah semua selesai, keringkan seluruh badan dengan handuk
7. Pakailah pakaian yang kering
8. setelah mandi disarankan makan makanan yang masih hangat
9. Minum minuman hangat, disarankan yang bisa menhangatkan badan seperti jahe, minuman herbal dll
10. tidurr…bangun tidur badan terasa bugar kembali

Penjelasan tehnik mandi : Seperti diceritakan rekan saya dari Cirebon, tehnik mandi diatas dipelajari dari kebiasaan orang-orang Indonesia jaman doeloe, dimana pada saat itu yang namanya kamar mandi belum dikenal. Orang-orang jaman dulu lebih sering mandi disungai. Urutan mandi orang jaman dulu pertama-tama yang dimasukan kesungai ya bagian kaki dulu terus bertahap naik kebagian atas tubuh:D mungkin penjelasan ilmiahnya kira-kira begini : Setelah tubuh kita terkena hujan, tubuh kita akan reflek menahan dari hawa dingin dari angin dan air, dan ketika kita membasuh air hangat saat mandi, bagian tubuh yang paling panas berpusat dikepala.. itulah kenapa tidak disarankan langsung membasuh bagian kepala, karena ibarat mesin motor yang habis dipakai terus tiba2 diguyur air langsung cesss.. kelur asap :mrgreen: dan bila hal itu terjadi ditubuh kita, tubuh langsung “konslet” dan akhirnya meriang :mrgreen:

semoga bermanfaat πŸ˜€

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

20 Komentar

  1. heheheh…aku kali habis kehujanan:
    1. parkir motor…
    2. ngeteh anget dulu..
    3. semprot kotoran di motor (tanpa dicuci).
    4. Mandi biasa saja tanpa cara-cara tertentu…
    5. Ngeteh lagi ditemani gorengan..

  2. kalo aku…
    pulang… nyalain komputer… colokin modem… onlen dah… buka yudibatang.wp, tmc.blog, triatmono.wp, fb, 2brk.wp, dll… xixixi… :mrgreen:

  3. saiya mandi jg gt mas. Dari kaki, urut ke atas..
    Skalian penyesuaian jg, kaki dulu, biar tubuh siap kalo mau diguyur..

  4. Cara mandi saya sehari2 juga gitu mas. Saya dapet tipsnya dari detik health. Kalo berdasarkan penjelasan detik health,membasuh badan mulai dari bawah ke atas, tujuannya supaya hawa panas/dingin ditubuh bisa digiring ke atas dan dikeluarkan melalui rongga2 yg ada di kepala seperti lubang telinga,hidung,dan mulut. Kalo kita mulai membasuh dari atas ke bawah,dikuatirkan hawa panas/dingin tadi bakal terperangkap di bagian tengah atau bawah tubuh.
    Ayo kamar mandinya dilengkapi dg gagang shower πŸ˜€

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.