Alat pengetes radiator dan tutup radiator bagian 1

alat pengetes radiator
alat pengetes tutup radiator

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,…. artikel share tentang pengetahuan peralatan sepeda motor. Hal Ini bener – bener menjadi sesuatu yang baru bagi saya. tiga tahun saya memakai sepeda motor berpendingin cairan yaitu Yamaha vixion. saya baru tau kalau ada alat pengetes radiator dan alat tutup radiator. Namaya radiator tester, saya melihat dan mengenal alat ini setelah servis sepeda motor saya dibengkel resmi Yamaha JG Motor atau Yamaha Central Cirebon.

Alat pengetes radiator dan tutup radiator

Yups.. ternyata radiator dan tutupnya ada waktu dan batas pemakaiannya. kualitas radiator dan tutupnya bisa dideteksi apakah masih bagus atau sudah tidak bagus kualitasnya dengan alat ini. namun mohon maap saya tidak tau merek dan spek alat ini. karena huruf dan kalimat pada alat pengetes radiator ini menggunakan hurup kanji semua.

alat pengetes radiator

Berikut poto urutan pengoperasian radiator tester dan penjelasannya , silahkan disimak baik-baik.

1. Mengetes atau mendeteksi tutup radiator

alat pengetes tutup radiator

alat pengetes radiator

Bila pada jarum menunjukan kearah angka 100 kpd dan berlahan – lahan turun, berarti kualitas tutup radiator tersebut masih bagus. Namun Bila jarum menunjuk kearah 100 kpa dan tidak turun, berarti kualitas tutup radiator tersebut sudah tidak bagus*.

Bila tutup radiator kondisinya sudah tidak bagus tapi tetep dipake. Maka pada selang yang mengarah ke box filter udara akan keluar uap dan air panas. dan bila kondisi ini dibiarkan terus – menerus, lama kelamaan seal water pumpnya akan jebol.

Baca juga artikel yang berkaitan dengan masalah radiator dan tutup radiator disini : Penyebab seal water pump jebol pada sepeda motor beradiator

Bagi anda yang memiliki dan memakai sepeda motor beradiator, anda perlu mengetahui hal ini. Jadi anda akan mengetahui kapan saatnya mengganti radiator dan tutup radiator pada sepeda motor kesayangan anda.

To be continued 😀

About yudibatang 2685 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

11 Komentar

  1. teringat smk dulu pegang alat itu terus kalo praktek heheh soalnya suku iseng iseng uji di radiator mesin mesin praktek heheh sempat juga mikir bisa ngak di vixin diameternya

  2. inget jman stm taun lalu waktu ujian praktek
    alatnya itu namanya radiator cap tester
    pnya sklh ane dulu tutupnya bisa dganti2, dsesuaikan dgn ukuran radiatornya

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Secara fisik, kualitas spare part tutup radiator Yamaha Vixion meragukan.. | yudibatang personal blog
  2. Ternyata ada alat pengetes radiator dan tutup radiator bagian 2 | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.