Etika “manasin” mesin sepeda motor dipagi hari

Yups..”manasin” mesin sepeda motor ada etikanya, pengalaman saya hampir “nggaploki” orang gara-gara orang tersebut manasin motor tidak memakai etika. Critanya begini, waktu itu bulan Agustus tahun 2010 saya lagi berkunjung kejepara, karena lokasi pabrik yang saya kunjungi jauh dari kota, maka saya menginap dikos-kosan. bentuknya rumah besar yang didalamnya banyak kamar-kamar. dan ada ruangan tengah untuk parkir motor gabung dengan tempat nonton tv. pagi-pagi saya lagi ngopi sambil nonton tv,

tiba-tiba ada salah satu penghuni kos menyalakan motor didalam ruangan … busttjeet!! Ini orang mau ngracun saya nih.. akhirnya saya samperin dan saya ingatkan agar tidak menyalakan motor didalam ruangan. Untungnya orang tsb nurut langsung mematikan mesin motornya dan menuntun motornya keluar ruangan. Bagi brother biker yang pernah membeli sepeda motor dalam kondisi baru dan membaca buku panduan sepeda motor tersebut pasti tau kalau ada larangan menyalakan mesin motor didalam ruangan 😀

Berikut Etika manasin mesin sepeda motor dipagi hari terutama bagi anda yang tinggal ditempat-tempat seperti kos-kosan, lingkungan yang rumahnya berdekatan, dll :

1. Dilarang keras menyalakan mesin sepeda motor didalam ruangan! karena asap sepeda motor bisa meracuni orang-orang didalam ruangan tersebut.

2. Jangan manasin mesin sepeda motor dengan moncong knalpot mengarah keorang yang sedang berada dibelakang motor.

3. Jangan manasin mesin sepeda motor terlalu pagi. Misal jam empat pagi, bisa memicu keributan.

Bila ada yang kurang silahkan ditambahkan 😀

33 Komentar

  1. Kalo itu orang egois.
    Lbh mementingkan sendiri, gak peduli sekitarnya.

    Eh, kalo foging nyamuk pagi2 buta itu bagaimana ya.
    Gak beretika jg kah?
    Enak2 tidur diasepin
    wkwkwkwkwkwk :mrgreen:

    #just joke

  2. meneruskan bro lingga, manasin istri orang ada etikanya :)meneruskan bro lingga, manasin istri orang ada etikanya 🙂

  3. 3. Jangan manasin mesin sepeda motor terlalu pagi. Misal jam empat pagi, bisa memicu keributan.
    —————————————————————————————————–
    selain memicu keributan dikarenakan blon ada sinar matahari..panasila mesin motor anda jam 12 siang dihari yang cerah…hahahaha….

    tambahan,jgn terlalu lama manasin motor,1-2menit cukup…

  4. wah saya juga pernah mengalami pengalaman tidak enak pas di kos kos-an, tetangga kost ada tamu dan nginap di kost tetangga, dia bawa motor bang tigor, knalpot broong …. cakep banget motornya, pas datang msh dituntun, kayaknya dia sempoyongan klo nuntun si bang tigor, saya sih cuek saja cuma liatin gagah banget nih mongtor. pas pagi hari jam 4.30 kayaknya dia mo pulang, pas di sebelah kamar saya malah nyalain tuh bang tigor untuk dipananis, suaranya BROONG….BRUUUOOOOONG, BRUUOOOOOOOO……OOONG !!!!!! waduh ni orang ga tau sopan santun, pake dibleyer lagi …. tetangga yg punya kost malah diem saja, akhirnya tetangga yg kiri kanan dan kanannya lagi yg negur “mas ojo banter2 nek manasin motor e, nggarai yg lain melu panas isuk2 ngene”, dia diem saja, trus nuntun motornya keluar kost …. tapi sampe di gerbang kost tiba2 dia bleyer motor nya 1 x BBBROOOOOONGGG!!! dan ngacir, otomatis orang2 di kos pada nyumpah2 “J*****K (maklum orang surabaya), koncomu iku arek endi?? awas mrene maneh tak gembosi motore”.

  5. skalian nanya dunkk….sbnernya yg baik tuh manasin motor brp lama???da yg bilang sebentar za 3-5 menit,,krena mtor2 kluaran baru ga btuh lama2 dipanasinnya…tpi da yg bilang selama mungkin,,kya temenku yg manasin motor bs ampe 10 menit lebih,,gmn mas??

    NB : motor 1 jupiter z 2009

  6. pengalaman mesinkasironline hampir sama kayak saya, tapi ini mah sesama penghuni kosan, kejadiannya 5 taun yang lalu, jaman saya masih ABG, gk mikir panjang, jadi saya langsung keluar kamar dan nerikain tu orang sambil nenteng raket nyamuk, jadi hampir aja pertumpahan darah terjadi gara2 tu orang manasin motor gak pake otak.

    habisnya manasin motor jam setengah 6 pagi, di halaman kosan tepat depan kamar saya, dan kondisi lingkungan yang padat penduduk, meskipun motor honda kharisma tapi tetep aja kalo dilingkungan padet penduduk bikin emosi,

    mana jam segitu penghuni kosan masih pada molor pulak. kalo inget pengalaman itu jadi ngakak sendiri saya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.