Siapa orang dibalik kejayaan sirkuit sentul era 90an??

Yudibatang.com – Halo brother biker ๐Ÿ˜€ ,.. Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuitย balap yang terletak di desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten bogor Jawa barat. Kejayaan sirkuit sentul terjadi ditahun 90an. Bahkan motogp (waktu itu masih bernama GP 500cc 2 tak) pernah diselenggarakan disirkuit ini pada tahun 1996 dan tahun 1997 .

kejayaan sirkuit sentul

Kejayaan sirkuit sentul juga bersamaan dengan kejayaan tim Honda di kelas Motogp saat itu. Yups Tim Repsol Honda dengan pembalap Mick Doohan sangat digjaya. Saat balapan motogp di indonesia Valentino Rossi masih berada dikelas GP125cc yang sekarang menjadi kelas moto3. Namun setelah itu hingga sekarang, sirkuit sentul seperti hidup segan mati tak mau. Kondisi sirkuit sentul seperti kurang terawat. Aspal dilintasan sirkuitnya banyak tambalan semennya. Siapakah orang dibalik kejayaan sirkuit ini? Ini dia.

Hampir setiap tahun ada isu kalau balapan Motogp akan diselenggarakan diIndonesia. Namun hingga sekarang Motogp tidak pernah lagi kembali ke tanah air. Mungkin sampai valentino Rossi pensiun, motogp juga belum akan diselenggarakan di Indonesia.

rlepas Terlepa

Terlepas kontraversinya didunia politik, mereka berdua Almarhum HM Soeharto dan putranya Tommy soeharto sangat berjasa dalam pengembangan dunia otomotif ditanah air. Sekedar info, waktu penyerahan piala kepada pemenang gp500 tahun 1996 (waktu itu juaranya Okada) dilakukan sendiri oleh Almarhum HM Soeharto dengan kemeja batik kebanggan Indonesia. Untuk saat ini, selama pemimpin negara ini dan putranya tidak menyukai dunia otomotif, sepertinya kecil kemungkinan motogp bisa diselenggarakan lagi ditanah air.

yudibatang di sirkuit sentul tahun 2010

Yang punya warung lagi narsis disirkuit sentul. Walaupun tempat tinggal saya relatif jauh dari sirkuit sentul, paling tidak saya sudah pernah datang dan melihat langsung sirkuit sentul.

About yudibatang 2153 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

29 Komentar

  1. Pemerintahan sekarang gak mikirin gimana caranya nyari devisa dengan cara yang elegan dan membanggakan…masih aja mengutamakan kepergian TKI dan TKW sebagai andalan devisa….padahal lewat olah raga otomotif banyak yang bisa kita kenalkan secara tak sengaja dinegeri ini yang nantinya mungkin bisa bikin sakaw para penikmat otomotif luar negeri untuk nonton disini, Kayaknya sampai sirkuit Sentul berubah wujud jadi tempat balap karung kita gak akan bisa menikmati olahraga otomotif kelas dunia disini….pasrah…

  2. yah…terlepas dari segala kontroversi mereka memang berjasa untuk Indonesia. Salah satunya dibidang otomotif….mungkin kalo dulu sudah ada WP si Tommy pasti udah bikin blog motor & gabung di Koboi atau Indomotoblog ๐Ÿ˜†

  3. Bien jaman edan saiki jaman keparat, wkwkwkwkwk
    rindu pak Harto, iso ono TMII barang, opo2 maju, militer disegani, tanpa bom, Ramadhan oleh nyumet mercon, swa sembada pangan, macan asia.
    saiki macan ompong, presidene nyanyi, nangis2 sambat gaji, tki ne do di pancungi..pajek tekan ngendi2.jan ngisin ngisini.

  4. Pantes aja si Alm.Suharto n Tommy ngembangin Sentul,lhaa suka motor juga.hehehehe

    hmmmm gmana kalo setiap membeli motor,disumbangkan Rp.100.000 buat betulin tuh sirkuit,kan lumayan tuh,Rp.100.000 x 4,3 juta motor (kalo cuman dr motor produksi Honda dalam 1 tahun).itu cuman 1 pabrikan,kalo 4 pabrikan????

    yaa mending yg ngurusin dana tersebut tiap2 pabrikan aja,jgan d salurin ke Pemerintah,entar banyak GAYUS2 baru lagii

  5. jadi minder sama tetangga sebelah malay yg tiap tahun sirkuitnya dipake buat motogp…ckckckkc
    ayo dong pemerintah hidupkan kembali sentuL…
    agar para raider-raider indonesia bisa menyalurkan bakat balap nya didunia balapan…..

  6. Berharap Sirkuit Sentul sebagai penyelengara Motor GP 2017 , Sejarah akan terulang lagi di Era 90 an ,
    Ayo Pemerintah Cepat untuk bantu proses ,,, agar Dunia bisa melihat Indonesia bisa…Manttaff Subartaffff

1 Trackback / Pingback

  1. Video Valentino rossi balapan disirkuit sentul tahun 1997 | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.