Rumor “Perjanjian” antara Honda dan Yamaha Indonesia sebelum keluarin produk

Sebenarnya sudah lama saya ingin berbagi informasi tentang rumor “perjanjian” antara Honda dan Yamaha diIndonesia ini kepada para pembaca. Info ini saya dapatkan sekitar tahun 2008. waktu itu disela-sela makan siang, saya berbincang-bincang dengan seorang mantan sales sepeda motor Honda federal (sekarang jadi AHM), mantan sales federal tersebut sekarang sudah menjadi owner sebuah perusahaan rotan diCirebon. Umurnya sekitar 60 tahunan, Sebut saja MR.X . hasil obrolan dengan beliau juga sudah pernah saya ulas disini.

Mengapa produk kedua ATPM tersebut tidak pernah benar-benar “head to head” ? Menurut pendapat beliau, karena ada perjanjian antar ATPM jepang khususnya Honda dan yamaha diIndonesia sebelum mengeluarin produk barunya. era 70an hingga 80an Hanya Honda saja yang memproduksi motor 4 tak, sedangkan yamaha memproduksi motor 2 tak. kalo pembaca amati fenomena ini, dari tahun ketahun akan terus seperti itu. Hingga sekarang era 4 tak, tidak ada produk sesama ATPM Jepang (Honda vs Yamaha)yang diproduksi diIndonesia yang benar-benar head to head. Sampe produk yang paling baru sekalipun : contoh Yamaha Byson VS Honda New Megpro. kelebihan yang ada diByson tidak dimiliki oleh NewMegapro demikian juga sebaliknya.

Sekarang AHM sudah mengeluarkan CBR150cc secara built up, seandainya YMKI mengeluarkan R15 untuk menghadapinya, itupun tidak head to head secara langsung. Walaupun sama-sama 150 cc namun CBR150cc bermesin DOHC sedangkan R15 bermesin SOHC. Apasih tujuannya?? menurut beliau, untuk mengamankan salah satu pasar terbesar motor didunia yaitu NKRI tercinta, agar tidak ada pemain non jepang yang bisa mengambil alih market sharenya. Hingga dipertarungan paling bergengsi didunia yaitu motoGP termasuk GP500, hanya sekali pabrikan non jepang (Ducati) bisa mencuri gelar ditahun 2007, waktu itu Casey stoner sebagai pembalapnya… selebihnya dikuasai Honda, Yamaha dan suzuki πŸ˜€ Hebatnya kedua pabrikan itu memiliki fans boy-fans boy fanatik berat :mrgreen: πŸ˜† yang dengan suka rela berusaha membela brand kesayangannya πŸ˜€Β  Sayangnya pemerintah Indonesia belum bisa memanfaatkan peluang besar pasar motor terbesar didunia ini dengan memproduksi motor nasional πŸ˜€ pernah baca entah dimana.. dulu tahun 60an sudah ada orang asli indonesia dari jawa timur yang sudah bisa membuat mesin sepeda motor sendiri, namun pemerintah saat itu melarangnya karena akan menghalangi investasi pabrikan Nipon (CMIIW)

Silahkan share pendapat anda πŸ˜€

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

57 Komentar

  1. sebenere uda lama juga ane denger rumor ini.en kalo di logika juga masuk akal. Kenapa g pernah head to head. En stiap mtr pabrikan yg ada rival sekelasnya pasti speknya ga ada yg superior. Padahal eces menurut ane kalo pabrikan sebesar Y ato H buat motor yang berlimpah fitur dengar harga yang masih kompetitif…

    • wooooo…
      nipon tua yo golongane rider tuwek iki sing pernah ndik
      Jepang….untung gak kenek Tsunami wis moleh nang Bangil

      hahahaha

  2. apik apik apik, penting podo jajahe podo untunge saling menghidupi, nek wong tegal kae piye strategine antar warteg apakah saling mematikan atau menghidupi? begitu juga warung padang? dua warung sebagai sample karen jumlahnya banyak dan tersebar

  3. Kalo itu benar, kenapa FBY dan FBH saling bakar2 an……………………….?
    Kenapa…………?
    Ahk.. itu sih kayak slogan angkutan umum aja “sesama bus kota dilarang saling mendahului”
    Tapi fakta dilapangan bicara lain kalo urusanya ngejar setoran..?
    Bila perlu saling kebut, saling salip dan tak jarang berakhir adu fisik…….
    Saya setuju2 aja pendapat itu,biar di blog gak ada bakar2 an lg…….

  4. Kl diperhatiin rumor ini emang mirip dgn fakta di lapangan. Harusnya pabrikan india ma mocin bisa ambil untung dgn ngeluarin produk giant killer (berkualitas, sporty, fitur canggih, stylish, harga miring)…dah gt ada edukasi konsumen spy tdk brand-minded….bisa gak yaaa???

    • yup bener tapi ada perbedaannya bro:
      1. NMP pendingin udara Vixion pendingin cairan
      2. NMP frame diamond Vixion delta box
      3. NMP Carburator Vixion Injeksi
      4. NMP pake cakram blk, vixion tromol
      5. NMP spido digital, Vixion spido analog
      6. NMP pelek dan bannya lumayan lebar, vixion cungkring πŸ˜€
      7. NMP 2 klep, vixion 4 klep
      Jadi emang sudah dibagi-bagi kelebihan dan kekurangannya πŸ˜€

      • mungkin yg dmaksud artikel d atas itu tidak seperti persaingan Superbike

        kalo SUperbike dari jepang kan sama semua,mesin 4silinder segaris,1000cc,rangka twin spar,dll

        jadi produk2 d Indonesia tidak seperti Superbike

  5. ane juga heran kenapa pemerintah ngga mendirikan BUMN untuk produk motor daripada pesawat terbang yang konsumennya sangat terbatas. padahal dulu pernah dibuat prototipe mesin 400cc desain asli Indonesia. terus terang ane bangga klo naek motor produksi asli Indonesia meskipun mungkin banyak kekurangannya seperti mocin.

  6. berarti ALAMAT PETAKA klo sempat ASTRA 100% dipegang jepun…
    dan berarti juga satu-satu ny harapan utk mbuat motor Nasional ya keputusan ASTRA itu sndiri mau gak lepas + mandiri utk mbuat motor Nasional…

    • Beda India sama Indonesia di situ om, di India Pabrikan dari luar yang mau masuk ke India harus gabung dulu sama lokal.

      Lagian Astra juga dah kayak Hero Honda kok, dah “Lokal”. liat aja dari produksinya, cuma dari struktur kepemilikan ya masih Nippon..

  7. ekarang AHM sudah mengeluarkan CBR150cc secara built up, seandainya YMKI mengeluarkan R15 untuk menghadapinya, itupun tidak head to head secara langsung. Walaupun sama-sama 150 cc namun CBR150cc bermesin DOHC sedangkan R15 bermesin SOHC.
    ============================================================================
    wedew,kayak bocoran unofficial neh.hehehe

    hmmmm time will tell aja dehh

  8. hmmm tapi bro Yudi,dulu saat era sport 2 tak kan sempet crash tuh produknya antara TZM 150 vs NSR 150 SP

    sama2 pake Valve “ajaib” pada mesinnya n kapasitas mesinnya juga sama,bahkan kencengnya sama.(yaa kayak produk Superbike gtu,fitur2 yang ditawarkan mirip)

  9. dikelas bebek super cc nya juga beda2 ya,
    cs1 125cc – mx 135cc – fu 150cc.
    padahal apa susahnya sih H & Y bikin bebek super 150cc ?
    apa bener pd janjian ya ?
    produk japan semakin rapat sulit ditembus πŸ™‚

  10. Makanya…berani nggak semua para pengunjung blog yang udah tau kondisi ini, entah bener atau nggak,…mulai sekarang kalo perlu motor beli produk nasional aja…semisal Kanzen, trus buat club, sering touring bareng biar tuh motor nasional makin terkenal .

    Nah untuk kanzen kayaknya secara performa masih kurang dari produk jepun…kasih diskon atau turun harga lah dari yang ada sekarang…lebih bagus lagi ada diskon

    • Sayangnya sportnya si Kanzen gak nongol2 + daya tahan yang belom teruji…

      buat gw kalo beli motor itu pasti dari model trus daya tahan, karna itu gw berani beli Pulsar walau tahun 2009 masih di pandang sebelah mata (maaf bukan promo)..

  11. apakah itu “perjanjian” antara 2 merk besar dikelas roda dua…., yang pasti qta ga tau kebenarannya….., so….skrg qta sebagai konsumen roda dua….., yang diperlukan adalah motor sesuai dg keinginan qta. Dan….pilihannya ada di qta sebagai pembeli.
    Mau Head to Head atau hanya sandiwara saja….itu tidak ada pengaruh besar buat qta……
    πŸ™‚

  12. terlihat waktu dulu ada proyek mobil nasional, timor dan bimantara.
    bukan main pabrikan nippon kebakaran jenggot.
    krisis ekonomi, konspirasi, politik, membuat impian musnah.
    f**k

  13. Saya setuju bgt ama artikelnya…misal kalo memang Honda di Indonesia mau monopoli mah gampang aja lha bisa diblg semua supplier sparepart otomotif jelas2 satu holding company yaitu Astra International….settIngan bgt hehehe

1 Trackback / Pingback

  1. CBR 150R vs YZF R15 V 2.0 … Ironis … Aneh Euy ! | uDien d'kab

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.