Tips membuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalan

Tips membuat kaget pengendara bus

Yudibatang.com – Halo brother biker… πŸ˜€ Kali ini saya mau berbagi tips membuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalan … terutama dijalan dua arah yang sering terjadi bus atau truk memaksa menyelip kendaraan didepannya. padahal dijalur berlawanan ada sepeda motor atau “mobil kecil” yang melintas. terpakasa sepeda motor atau mobil kecil harus turun dari aspal agar aman.

bus ugal-ugalan

Tips membuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalan pertama

Tips membuat kaget pengendara bus yang pertama dari Bro Rialhamzah biker and blogger penunggang pulsar 220. Beliau menceritakan pengalamannya waktu mampir kerumah yang punya warung diBatang sono. Sediakan selalu beberapa butir kerikil berdiameter 2 sampai 3 cm. bisa ditaruh didalam saku jaket atau ditempat yang lain. Bila anda bertemu dengan bus atau truk yang ugal-ugalan dan hampir membuat anda celaka, lemparkan kerikil didepan kaca pengemudi (jangan diarahkan langsung kekaca ya.. ) cukup didepannya saja atau dilemparkan searah dengan laju bis/truk tersebut.Β walau benturan kerikil kekaca tidak menimbulkan kaca pecah dan tidak melukai sisopir, tapi paling tidak akan membuat sisopir shock!! dan akan pikir-pikir kalau mau ugal-ugalan lagi. πŸ˜€

*Poto bro Rialhamzah

Tips mmbuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalan kedua

TipsΒ membuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalanΒ yang kedua dari saya sendiri. Tips ini pernah saya praktekan sekali dijalan lingkar pemalang ditahun 2008 silam. Saat itu jalan lingkar pemalag masih dua arah. Tips ini agak beresiko dan anda harus bermental kuat namun hasilnya sangat ampuh. Bila anda sedang riding dijalur yang benar terus didepan anda ada truk atau bis yang ugal-ugalan memaksa menyalip kendaraan didepannya, padahal dijalur berlawanan ada anda yang sedang riding. Hentikan motor anda dan distandar samping, tinggalkan motor anda ditengah jalan. Lalu segera lari kepinggir (turun dari aspal) dan carilah batu yang paling besar disekitar anda yang mungkin anda kuat mengangkatnya. Setelah itu siap-siap dipinggir jalan pura-pura mau melempar batu kearah supir truk/bus yang ugal-ugalan πŸ˜€

donodomo-dan-yudibatang

Namun anda juga harus siap menghadapi kondisi yang paling buruk sekalipun. Kalau pengalaman saya paling cuman adu mulut terus sisopir kembali kejalur yang benar.Pengalaman ini saya lakukan karena benar-benar terpaksa, motor sudah tidak mungkin lagi turun dari aspal karena jarak ketinggian aspal dari tanah sekitar setengah meteran. Kalau dipaksa turun dari aspal bisa ndlosor saya. Namun bila ketinggian aspal relatif rendah, saya lebih baik minggir turun dari jalan aspal untuk cari aman. Begitulah Tips membuat kaget pengendara bus dan truk yang ugal-ugalan. πŸ˜€

Semoga berguna πŸ˜€

*artikel terkait

Derita Supir truk AKAP pocokan

Pengalaman ngawal pick up bawa kursi rotan 2x dipalak polisi diTegal Jawa tengah

Riding via pantura, kenali karakter pengendara bis dijalur tersebut

Riding via pantura, kenali karakter pengendara truk dijalur tersebut

About yudibatang 2463 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

89 Komentar

  1. nak aku, tak dim nggo lampu, nak ga mempan tak angkatke sikilku sebelah tengen seolah2 meh mancal om πŸ˜€
    tp klo bwt bis atw truk ya ga mempan, cm manjur bwt mobil pribadi aja, kdg2 si sopir bls ngacungin bogem, wkwkwkwk

  2. di lintas sumatra Bis Raja jalanan Mas Yud,, tapi pengalaman pernah juga ada bis maksa motong mobil di depannya sedang saya dari arah berlawanan.. Langsung aja Saya keluarin Pisau sama sarungnya tak Acungin ke arah sopirnya..

    *di tempat saya bawa Pisau dah seperti bawa Rokok Mas,, bebas..

  3. cara no 2 # gemblung level dewa :mrgreen:

    btw mossssok sempet kress trus parkir motor + golek watu # apa ga keburu ambyarr motor e ditinggal tengah jalan? :mrgreen:

  4. mendingan kalo naik motor kasih deh jalan buat mereka secara dimensi kendaraan besar susah buat manuver mendahului,…mungkin kesempatan untuk mendahului pas ada motor lewat,..
    gak kaya motor bisa selip kanan kiri…mending kita kasih jalan…(indahnya berbagi)

  5. C86.
    Bukan masalah itu bro.
    Meskipun motor berdimensi kecil, tp kalo terjun dari aspal juga kelabakan,apalagi banyak kerikil.
    (Pengalaman hampir mau jatuh geal geol gr2 depan ada bus nyalip, padahal aku udah lari pelan)
    Yup motor cm roda 2, sangat susah dikendalikan di medan yg tidak rata.
    Seharusnya, indahnya berbagi itu pantas ditujukan ke sopir bus/truk yg ugal2an/mau nyalip.

    Kalo Soal mtr mudah selap selip itu sudah kodrat, cos memang bodynya kecil.
    (Tidak ada salah dgn selap selip kecuali yg srunthulan(ngawur))
    πŸ˜€

  6. salut honda C86, indahnya berbagi, kita berhenti beberapa detik untuk mengalah, lebih tenang di hati, kasian mereka yang badannya besar, buat nyari jalan aja susah, masih kita bikin susah juga, siapa tahu mereka sudah bersabar dari beberapa waktu yang lalu untuk mendahului kendaraan di depannya, pas bisa mendahului ketemu kita yang pakai kendaraan kecil, anggap aja dia lagi apes ketemu kita…
    salam

  7. tips yang paling gampang & gak merepotkan adalah dengan meludahi muka sopirnya langsung (kalau nyampe, untuk bus/truk mungkin akan sulit melakukannya), not recomended bagi pemakai helm pulpes (bisa2 malah meludahi muka sendiri)
    GITU AJA KOK REPOT πŸ˜€

    • yups..cara itu pernah saya lihat dipraktekan seorang teman saat saya mbonceng teman saya dijalan solo-purwodadi yang bisnya rata2 larinya gila-gilaan πŸ˜€

  8. kl aq pas turing bw lampu blitz kamera slr..kl ada kndaraan ugal2 ckp qt pelankan motor n creettz…ckp bikin kaget sopirnya…ato bawa batangan besi taruh d spatu boot…kl bis g mw ngalah y lempar aja…beres..

  9. di akhir tulisan ini musti ada catatan besar2:
    “sebelum mencoba trik ini, anda harus gedein dulu otot bisep, trisep, ma urat malu….and berlatih maki2 di depan cermin”

    lebih baik pilih trik “defensive driving”….ngalah wae demi masa depan keluarga di rumah.

  10. Saran yang menyesatkankan…!!!!! πŸ™
    Tapi boleh juga bwt dipraktekin.. Itung2 ngasih pelajaran sopan santun dijalan bwt para sopir bus dan truck.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  11. sebelum melakukan tip n trik diatas,, liat dulu kondisi badan bus/truk yg lg nyalip..
    kalo udh masuk setengah/lebih dari body kendaraan yg disalip.. kita yg dari arah berlawanan memang terpaksa harus mengalah broo.. demi keselamatan bus/truk dari arah berlawanan juga.. kesel boleh.. tp kepala harus tetap dingin.. keep brotherhood..

  12. Mas yudi.
    Aku asli purwodadi Jateng lho. :mrgreen:
    #gak takok

    Tiap mudik saya pasti kesana,
    Yup, bus solo-pwd terkenal kenceng2 larinya meskipun jalanan hancur.
    Denger2, bus disana pakai shockbreaker khusus buat jalanan hancur, jd bisa tancap gas terus.

    Aku pribadi memilih ngalah, sebisa mungkin menepi biar gak jatuh gmn..meskipun ada perasaan marah.
    #ikhtiar.

    Kalo di pantura jatim, biasanya aku reting kanan aja (minta jalan), misal ada yg nekat, ‘terpaksa’ aku yg terjun dari aspal.
    Cm itu jalan satu2nya biar bisa survive.

    Tapi, menurut tetangga sopir truk(dulunya supir bus ompreng), sopir bus juga punya(sdikit) perasaan n sudah berfikir matang2 bro, misal yg naik speda mtr masih ada tempat buat menyingkir, bus tsb akan tetap nekat nyalip(biasanya bus dgn sopir canggih).
    Tp kalo spd motor didepannya sudah tidak ada lg tempat buat menyingkir(misal tepinya sungai atau jurang), sopir bus tsb gak akan berani nyalip.
    Percayalah

    • weh..asli purwodadi toh.. πŸ˜€ yups …berdasarkan pengalaman malang melintang riding dipantura, bis purwodadinan adalah bis yang paling gila… karena treknya ancur dan dua arah saja masih berani kencang… kalau dipanturamah jalanya relatif alus dan satu arah.. biker yang pernah lewat jalur itu, dijamin dah sependapat sama artikel diatas.. :mrgreen:

  13. paling gampang sih kalo malam kita sbg biker, nyalakan lampu dim + nyalakan lampu sen kanan

    kalo siang, lebih gampang, ayunkan kaki kesamping atau acungkan tangan ke muka sopir, pasti minggir

  14. kl ane punya tips lain kl kesel dilampu merah diklaksonin ama metromini di belakang, padahal itu lampu masih merah pengen main dorong aja.

    tipsnya (butuh mental preman), pinggirkan motor ke lampu merah tp posisikan tetap menghalangi metromini agar tidak bisa lewat sembari kasih kode dengan tangan kl mo maju silahkan belok kanan terobos.
    nah di klimaksnya biasa supir terus klaksonin sangar, kl udh gitu matikan mesin, motor distandar samping, lalu turun dan masuklah ke metromini cari supirnya (#kamplengisisan)

  15. Pernah jajal kaya gitu di gringsing awal pengaspalan…udah jelas tuh sopir liat kendaran ane tetep maen nyalip (posisi bis arah dari smg,ane mau plg ke mgl)….jarak antara aspal ma pinggirannya sekitar 60cm…mtr supra rodo ceper…nekat ttp jln pelan dijalur+maen dim ma sein kanan…eeee…bisnya banter en maen gertak…tuh sopir sengaja maen banting ke kanan,kyk mau nabrak …ane kaget…terjun bebas dah ke pinggir jalan tebeng bawah jadi korban…apes apes…

  16. Saya biasanya cuma lempar botol/gelas plastik aqua ke kaca bis krn memang itu yg biasa saya bawa wktu riding, kena kaca gk akan retak sih tp jg bikin kaget sopir karena airnya muncrat ke kaca trus pantulan botol/gelas aqua gk terlalu berbahaya bila terlempar kembali ke kita ato ke org lain.

  17. Tips saya sih lempar aja tu kaca make kelereng, kalo sampe kaca pecah, kelereng juga pecah, ngga akan kentara dan tdk ada bukti fisik jika dituntut…. hehehhe….

  18. ikut ngasi tambahan saran, selalu bawa kunci gembok roda(yang biasa dipasang di garpu depan), waktu bus/mobil nya udah dekat, langsung ayunkan aja tu gembok kearah kaca depan atau kaca samping sopir, trus lsg ngacir, mang bus/mobil nya bisa ngejar?
    kalaupun dikejar, ladenin aja, dia pake hukum jalanan, kita juga harus pake hukum jalanan!!!

  19. ane pernah pake trik yang ke 2 tapi agak beda dikit, ane berhenti trus ngacungin bogem ke arah tuh mobil, mobilnya kembali ke jalan yang benar.

  20. simpel juga tips n trick nya, seringnya kalo pas bawa kerikil ato uang receh gak ada kendaraan yang arogan, tapi pas lupa nggak nyiapin mesti bus2 banyak yang ugal2an.

  21. kalo ini juga butuh mental mas bro, jarang bus mau ngeladeni motor (mending ditubruk aja pikir sopirnya)
    kalo gores paku/obeng lumayan masuk seh πŸ˜€

  22. hehehehe… kang yudi, jadi inget jaman SMA, jalur Sragen Solo kan sempit (sampai sekarang masih sempit), biasalah jaman muda masih brani.. kalau riding ke solo atau sebaliknya selalu ngantongi batu.. soale bis Surabaya-Solo(Jogja) edan mas, salah satunya Sumber Bencono. Kalau ada Bis yang nekad nyalib, padahal kita dari arah berlawanan, pasti tangan langsung ngrogoh kantung ambil batu.. langsung agak minggir, lempar tuh kaca bis…setelah lempar batu langsung gas polll, ndak mungkin bis muter arah…. hahahahaha… hukum jalalanan broo…

  23. ati-ati mas kalo ngasih saran..melempar batu kalo kena kepala penumpang trus kena matanya,jadi buta, apa pelempar mau tanggung jawab?

    atau melempar batu,kaca pecah,pecahannya kena penumpang piye jal?? kaca sopir bukan tempered mas.

    sekecil apapun batu,kalo di lemparin ke kaca depan bus/mobil bisa berakibat fatal, kaca bisa retak,dan sopir bukan orang yang bodoh,mereka bisa kejar pelempar batu dengan naik ojek.
    fyi,ada cerita pelempar batu ke bus Sumber Kencono di Sragen,di kuntit sama sopir bus yang jadi korban,begitu ketangkep langsung bawa ke polisi,kena pasal. Mau jadi begitu????

  24. naikk motor boncengan, yang di bonceng mbawa martil / palu
    dari arah berlawanan bis ugal2 an acungkan saja martilnya
    kalo tetap ugal2 an gak mau kalah jangan lempar martil,..
    tapi lempar telor mentah tepat di kaca bis.. 😈

    ini tidak akan mencelakakan siapa2 tapi hanya akan membuat kaca bis jadi burem karena telor mentah kena lapisan kaca yang panas ena terik matahari langsung nempel pel kaya perangko susah di lepas jadi kaca bis agak temaram dan tidak leluasa
    sehingga supir tidak akan berani ugal2an lagi selama sisa perjalanan menuju tempat tujuan nya

    satu: sampeam menyelamatkan pengguna jalan yang lain
    dua: sampean tidak mencelakakan siapa2
    tiga: sampean tidak beresiko dicelakakan oleh awak bus (karena nantangin dll)
    empat: saya sudah praktek sering dulu jaman kuliah seminggu sekali pulkam naik motor
    dan biasanya pada step pengacungan palu 5kiloan mereka sudah sadar diri :mrgreen: tapi tak sedikit juga telor ayam terlempar dari tangan saya 😈

  25. skrg gini, kmrn bus yg dinaikkin budhe sy dpt sopir yg ugal2an. trus dilempar batu sm kendaraan yg jalan dr arah berlawanan, dan kebetulan budhe sy yg duduk paling depan, batu tersebut menembus kaca bus bag dpn dan mengenai beliau. beliau akhirnya d rawat di RS. Apakah tips Anda sdh aman bagi org lain dan efektif bwt target Anda? hati2 jika bwt artikel.

  26. ini namanya menyelesaikan masalah dengan masalah… kalo supir beneran kaget trus bisnya laka, satu bis meninggal,, nah lu ditagih di akhirat nnti haha

  27. pengalaman ane pernah riding dibelakang suami istri sama anaknya bawa bebek nah ada ada bus kecil mau nyalip truk padahal jalannya gk terlalu besar nah entah kenapa si istri lepasin sepatunya trus dilambai2kan kayak ngasih makan ayam gitu.. akhirnya busnya gk jadi nyalip :mrgreen:
    kalo riding sendirian juga pernah jalannya gk lebar pula ane cuma berhenti di aspal tpi mepet banget sambil sein kanan lumayan dalem dari aspal ketanah sekitar 15cm an tpi akhirnya turun juga gara2 yg disalip gk mau ngalah :’v

  28. pengalaman ane pernah riding dibelakang suami istri sama anaknya bawa bebek nah ada ada bus kecil mau nyalip truk padahal jalannya gk terlalu besar nah entah kenapa si istri lepasin sepatunya trus dilambai2kan kayak ngasih makan ayam gitu.. akhirnya busnya gk jadi nyalip :mrgreen:
    kalo riding sendirian juga pernah jalannya gk lebar pula ane cuma berhenti di aspal tpi mepet banget sambil sein kanan lumayan dalem dari aspal ketanah sekitar 15cm an tpi akhirnya turun juga gara2 yg disalip gk mau ngalah :’v ..

  29. kalau sy yang naik motor mah, cuman setengah meter sy turun ke bahu jalan. tetap mengalah untuk kebaikan bersama dan rela berkorban.. ingat pelajaran zaman SD ada bab rela berkorban.

    • Kalau jarak ketinggian aspal kejalan masih wajar sih mengalah masbro, tapi kalau jarak ketinggiannya setengah meter lebih ya tidak ada pilihan lain. kalau minggir ya “kejeglong” πŸ˜€

  30. nimbrung ya mas bro…..,

    Sedikit berbagi pengalaman aja…, yang namanya bus/truk ugal2an pasti kita pernah liat gan, apalagi sampe motong jalur lawan. Masalahnya ane udah pernah ngalamin kondisi tersebut bro…., di jalur selatan saat malam hari (arah ke wates).Bus didepan maen take over tiba-tiba padahal saat itu ane lagi riding pake si s*pra 125, itu bus kagak mau kembali ke jalur semula. Yang pertama ane lakukan : 1. 2x dim agar itu bus kembali ke jalurnya, tapi ngga ngefek ; 2.Ane matiin lampu motor ane gan biar itu bus blank harapannya mau kembali ke jalurnya, ternyata tidak ; 3. Ane kemudian mengambil pinggiran aspal untungnya tidak begitu tinggi dari tanah, sambil ane klaksonin keras gan, itu bus lewat aja gan.

    Setelah ane pikir-pikir gan, ada benarnya juga itu bis tidak mau kembali ke jalurnya. Logika ane, bus itu kan badannya besar, berat, dengan cc besar (apalagi jetbus), jadi sekali bus maen take over itu susah kembali ke jalurnya semula gan atau manuver tiba-tiba. Kalau itu dilakukan, saat itu bis nyalip kemudian langsung manuver ke jalurnya kembali yang terjadi adalah itu bus bisa ngguling di jalan gan, dan bisa makan banyak korban. Kalau truk lebih bahaya lagi gan, kalau itu truk ugal2an di jalan, goyang kanan/kiri, manuver tiba-tiba, dan rem mendadak, bagian belakang truk tersebut akan goyang ke kanan/kiri gan (baik truk terbuka, box apalagi muatan kontainer), selain muatan truk itu tumpah, otomatis pengendara yang ada di kanan atau kiri truk itu juga akan kena imbasnya ( so hati-hati dengan truk ya gan).

    O iya, ane juga pernah baca artikel dari internet gan, bahwa pengakuan supir bus/truk….,lebih baik menghilangkan nyawa 1 orang dari pada menghilangkan nyawa 60 orang. Apa yang dikatakan oleh mereka ada benarnya lo gan. So, kesimpulannya untuk melawan pengendara bus/truk yang ugal2an lebih baik turun ke tanah gan, tapi itu juga ngeliat sikon agan di jalan, kalau jalanan luas bisa turun ke tanah, tapi kalau jalanan sempit pakai isyarat tangan gan, seolah-olah menyuruh itu kendaraan untuk menyingkir.

    O iya satu lagi gan, kalau truk/bus mulai klakson keras/klakson sekali saat mereka dibelakang/disamping kita saat riding, berarti kita dianggap membahayakan sopir tersebut.(so, hati-hati gan !).

    Ane cuma bisa beri saran segitu aja gan. Ini asli dari pengalaman ane gan yang sering bolak-balik lewat jalur selatan.

    Trim

  31. Saya pernah denger cerita tetangga,ngadepin bus solo-purwodadi gan,tetangga ikut klub motor vespa,ktnya wktu itu bus lg ngeblong dari agak jauh tetangga saya berhenti motornya ditinggal dijalan dia turun dari motor,akhirnya itu bus pelan2 minggir tidak jadi ngeblong.
    Ada lagi tetangga saya yang lainnya pada bis yang jurusan sama itu bis dilempar pake helm gan karena terlanjur emosi,pas ngelempar helm eh akiknya ikutan lepas dari jari gan hilang akiknya.
    Terus lagi pengalaman saya sendiri di sragen saya sudah minggir eh tu bis masih ngambil jalur saya. Tau sendiri jalan 2 arah,jalurnya di ambil semua akhirnya saya lempar beberapa batu dari pinggir aspal saya lemparkan terdengar bunyi braak..brak..saya gas pool..

  32. itu pnumpang.. coba kalo drivernya punya riwayat pnyakit jantung…
    org kalo mau gila skrg nggak nanggung nanggung…
    resiko laka lebih besar… prnah ada org nekat lempar diarahkan pas depan driver sampe nembus.. driver sketika kena lemparan batunya dan lgsung pingsan… laju bus dlm kcepatan yg agak tinggi nggk trkendali akhirnya laka…
    kalo mau bertindak harap pake akal yg sehat.. jgn gila.. memang sesuatu yg nggk benar patut kta salahkan… cuma jg ada batasannya….
    yg ada malah bsa jadi kta bsa mnjadi salah walau kta yakin kalo kta benar…
    jgn pikir ada yg Pro atau Kontranya di sini… pikirlah apakah prbuatan itu bsa mencelakakan org lain atau tdk…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.