Motor batangan naked mau pasang fairing fariasi ?? pikir 2x deh…

fairing fariasi

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 .. kali ini saya mau berbagi tentang fairing fariasi atau fairing pinggir jalan. Yups.. biasanya pemilik motor batangan naked seperti yamaha vixion, yamaha byson, New Honda mega pro, Honda tiger, suzuki thunder, Pulsar dan lain-lain, ingin merubah tampilan motornya menjadi dua pilihan.. street fighter dan berfairing. bagi biker pemilik motor batangan yang mau pasang fairing pinggir jalan, pikir-pikir dua kali deh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Karena berdasarkan pengalaman pribadi, pemakai fairing fariasi atau pinggir jalan tidak bertahan lama. Bisa bertahan tiga bulan saja sudah bagus 😀 kenapa demikian?? yups.. setelah diamati ada banyak faktor yang menjadikan pemakaian fairing pinggir jalan tidak disarankan. Berikut ini faktor-faktornya :

1. Material Fairing                                                                                                                                                   Hampir semua material fairing pinggir jalan terbuat dari fiber, beda dengan material fairing asli bawaan motor yang terbuat dari PVC atau plastik ABS. Material fiber tidak tahan lama.

2. Kualitas cat                                                                                                                                                        yups..cat yang menempel pada fairing pinggir jalan berbahan fiber lebih cepat pudar dan kusam.. lama kelamaan cat akan pecah-pecah.

3. Baut pengikat fairing                                                                                                                                             Baut pengikat fairing pinggir jalan tidak tahan lama dan kurang kuat mengikat fairing. Baut-baut ini lebih mirip dengan baut-baut sepeda onthel. Dan berdasarkan ngobrol dengan biker pemakai fairing fariasi , bila dipakai jarak jauh baut-bautnya banyak yang lepas.

4. Konstruksi yang asal-asalan                                                                                                                                Yups.. namanya fairing fariasi tentu dibuat untuk universal. Maka pemasanganyapun akan menyesuaikan dengan bodi motor. Walau dicoak sana-coak sini..yang penting bisa masuk.

5. Bunyi krotak-krotak                                                                                                                                              coba anda perhatikan bila biker penunggang motor dengan fairing fariasi atau fairing pinggir jalan .. jarang sekali yang berani kencang. Rata-rata melaju pelan karena saat motor dipakai jalan akan timbul bunyi krotak-krotak. Karena efek dari konstruksi yang asal-asalan dan baut-baut yang pada lepas.

*poto dari pak bambang Nunggang jaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alternatif selain menggunakan Fairing fariasi

Alternatif lain bila anda ingin mendandani motor batangan neked anda dengan fairing adalah. Gunakan fairing asli bawaan motor dari motor lain. Misal fairing asli kawasaki Ninja RR, Fairing asli Honda CBR 150, fairing asli Minerva 150 atau bila cukup uang belilah fairing asli bawaan motor impor. Misal Fairing ori Suzuki GSX-R150, Fairing Ori Honda CBR150R atau Fairing ori yamaha R15 dan lain-lain.

Alternatif lain beli fairing variasi dari workshop ternama yang produknya sudah terkenal dan dipakai banyak orang. Terakhir bila anda memiliki cukup waktu dan suka berkreasi adalah gunakan fairing motor bebek yang dicoak sana-sini. Seperti motornya yang punya warung (tentu dengan perhitungan cermat).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bisa juga menggunakan fairing Honda Blade lama, Fairing jupier MX dan lain-lain. Karena fairing tersebut terbuat dari material plastik ABS atau PVC.

Semoga berguna 😀

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

53 Komentar

  1. Klo menurut saya jangan terlalu “maksain” dipakein baju kang…( kecuali kalo modif total )
    lha kalo memang genre nya untuk telanjang ya maksimalin aja telanjangnya itu…
    asal jangan mesum…xixixixi…

  2. Iya, bro Yudi.. Sering ane liat motor sport fairing jadi2an, kesannya terlalu maksa…

    Selain poin2 di atas yg sudah bro Yudi paparkan, ada satu lagi poin dimana harusnya jd perhatian para biker yg mau pasang fairing di motornya, yaitu kecocokan dan keserasian bentuk fairing dengan desain motornya..

    Banyak biker asal pasang fairing2 variasi tp hasilnya malah terlihat gak serasi dengan body motor karena motor2 batangan tsb desainnya memang gak racy seperti Thunder dan Old Megapro..

  3. wah2x poto terakhir terlalu kecil untuk diteliti.
    omong2 fairing megapro diatas memang tidak pas dan terlalu dipaksakan.

  4. nah begitulah, klo bawaan pabrik kan dah dikonstruksi secara teknis, bahan terjaman, cat tahan lama. memang klo bisa beli aj motor yang berfairing dari lahirnya..

  5. yah kalo pasang yg 3jtan di pinggir jalan juga bagus kok mas yud,,,kan yg jelek yg 600ribuan gtu….wajarlah ada uang ada barang…kali ini pepatah tersebut berbanding lurus….

      • ada, model R6 bahan abs yg memang buat vixion tapi berhubung banyak motor lain yg mau pake nih fairing jadinya suka di bilang universal dan harus rubah braket2 yg di sediakan karena notabene nih full fairing memang buat vixion jadi semua braket2 nya memang untuk vixion.

  6. cat gampang ngelupas n baut gampang kendor?? pulsar saya udah hampir setahun pake fairing fiber catnya awet n bautnya jg msh kuat bro..tergantung yg bikin fiber sm bahan catnya bro..

  7. Fairing terbuat fiberglass bisa saja mempunyai kualitas yg bagus,asalkan pembuatannya memakai bahas fiber yg nomor 1/kelas a super.dan untuk finishingnya harus memakai cat yg bermutu tInggi contoh cat.merk blinken.dan untuk clear nya harus pakai merk buatan luar.pada umumnya fiber yg berbahan jelek menyerab panas,panas inilah yg membuat cat cepat pudar dan pecah pecah pada clearnya.pudarnya pada cat warnanya.oleh karena itu dianjurkan memakai bahan bermutu tinggiuntuk bahan fibernya.bila bahan kelas 1,hasil buatan fibernya tidak kaku,jadinyanya seperti bahan hbs yg elastis dan kenyal.jangan pakai bahan fibernya yg dijual perkilo atau perdrum.itu kualitas kurang.dikarnakan getah pohon damarnya kurang maka dari itu fiber gampang pecah.klu bahan fiber kemasan kalengan ,kandungan getah damarnya 75%+bahan kimia lainnya.jadi sebelum ingin menjadi pengrajin fiberglass.diharuskan untuk mengkaji bahannya dulu danharus tahu seluk beluknya.tips,untuk sukses.sedia uang sebelum badai datang.bila ingin tahu lebih jelas,hub 085249258800.tony fiber.

  8. IMO , Kalo motornya bener” full fairing dan bener” dimodif semua, ane yakin pengguna bebek ban cacing pasti ngiri, nah kalo motornya make fairing pinggir jalan? dan modif fairing setengah-setengah? yg ada agan diketawain sama anak” alay pengguna bebek ban cacing, serius pernah kejadian di daerah ane kayak gtu 😀

  9. IMO , Kalo motornya bener” full fairing dan bener” dimodif semua, ane yakin pengguna bebek ban cacing pasti ngiri, nah kalo motornya make fairing pinggir jalan? dan modif fairing setengah-setengah? yg ada agan diketawain sama anak” alay pengguna bebek ban cacing, serius pernah kejadian di daerah ane kayak gtu 😀

1 Trackback / Pingback

  1. SiKibaliyut, walau sudah dilego tapi masih ada saja yang nanya speknya | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.