Klep bengkok ,Penyebab Vixionku mogok dipantura Losari Brebes

klep bengkok

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Menjawab rasa penasaran para pembaca warung ini kenapa vixionku tiba-tiba mogok ketika sedang riding malam hari dijalan pantura losari brebes. Keesokan harinya dengan dibantu seorang rekan yang bernama BroFajar, motor saya dipancal dengan mio menuju beres langganan saya Terra motor Batang. dan ditangani oleh trio mekanik muda Andi and friend. Langkah pertama check kondisi motor dengan FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool), namun setelah dicheck tidak ada tanda lampu indikator di spido berkedip. yang menunjukan suatu kerusakan pada bagian tertentu. Analisa pertama masalah ada pada fuel pump, Para mekanik ini cukup smart, mereka tidak membongkar fuel pump yang memakan cukup waktu, tapi menukarnya dengan tangki vixion yang normal.

Dan hasilnya Fuel pump nggak ada masalah. Langkah kedua, check kompresi motor dengan melepas busi, kemudian lubang busi ditutup dengan jari, kemudian elektrik starter dinyalakan. Ternyata tidak ada tekanan dalam ruang bakar. Berarti tidak ada kompresi!! Biang masalahpun mengerucut pada ruang bakar yang terdapat parts seperti Silinder head, piston, klep dll. Selanjutnya dibongkarlah head silinder dan ternyata benar. Masalah ada pada klep..  yups klep bengkok dan macet!!. Klep tidak bergerak sama sekali dengan posisi klep bengkok dan terbuka.

Klep bengkok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wadew.. pantas saja waktu motor mogok dan distarter terdengar bunyi “koclok-koclok”. Ternyata itu suara piston yang menghantam klep!! dan menyebabkan klep bengkok. Saya bertanya-tanya kenapaklep bisa macet??. Setelah dirunut/ ditelusuri, itu disebabkan penyakit yang dulu ketika seal water pump jebol dan air radiator bercampur dengan oli mesin tidak ditangani secara tuntas. Tidak membersihkan ruang bakar dan jeroan mesin jadi masih ada sedikit air radiator didalam ruang klep / silinder head yang tidak keluar. Lama kelamaan membentuk kerak yang menghambat pergerakan klep. dan klep bengkok karena membentur piston.

Dan mesin motorpun tidak ada kompresi maka mogoklah mesin yang ditandai dengan bunyi krotak-krotak dulu sebelum mati. Setelah ditelusuri lagi awal sumber penyakit adalah ulah kenek mekanik yang salah dalam pemasangan tutup seal radiator yang menyebabkan seal radiator jebol. Jadi kesimpulannya “Jangan sekali-kali membongkar/menyervis mesin pada sembarang bengkel!! ” . Selalu awasi ketika kru bengkel menangani motor kita. Jangan menyervis motor terus ditinggal pulang atau ditinggal ngopi-ngopi diwarung sebrang jalan.

semoga berguna 😀

About yudibatang 2364 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

48 Komentar

  1. klo ane tetep yg berhubungan ama mesin + dalem2an ny ke bengkel resmi…tpi beda cerita klo mo oprek mesin jelas harus ke bengkel speed shop terpercaya…
    *wes sekalian upgrade klep gede om yud biar makin banter powere…ahihihihi

  2. wew…. sama dong penyebabnya waktu dulu vixi ane ngempos…. cek link ini
    setelah dibongkar ternyata seal radiator pump ngga beres dan hasilnya airnya rembes ke mesin dan jadilah bubur sumsum ala vixi… wkwkwkwkwk…. efek sampingnya ya silinder jadi baret..
    terpaksa ganti….

    dan penyebab utamanya juga sama :
    KELALAIAN MEKANIK BERES DALAM MEMASANG SEAL !!

    mudah-mudahan ngga terulang lagi kejadian ini kedepannya… buat para mekanik agar bisa lebih teliti dalam pekerjaannya, jangan terburu-buru, akibatnya bisa fatal , karena motor kita yg jadi taruhannya ….

  3. Wah yang jago motor aja masih bisa dikadalin mekanik kampreto…apalagi aku nih yang gak ngerti motor….Mekanik juga kadang gak welcome sama kita, saat kita ngeliat motor lagi diservice atau diperbaiki malah sering melengos, waktu ditanya jawabnya alakadarnya…bikin keki kadang….
    Salam Kenal Bra’….

  4. curhat juga bro..
    kemaren tutup oli bawah tigerku juga pecah gara2 ganti oli di beres(gatau beres beneran ga sebab tampilan mirip ahas ada logo honda diatas bangunannya )saat mekanik nutup ku perhatikan dan terdengar bunyi tak!! filingku ada yang ga beres..jebulane pas diperiksa dirumah ternyata tutupnya retak sehingga oli nampak merembes.mo balik lagi malas karena udah dirumah.besoknya diakali tambah karet ban.untuk sementara berhasil.iseng2 tanya ditoko onderdil ternyata dijual tutup oli tiger..harganya lumayan murah cuma 5000 merek aspira.kirain mahal dah mumet mikir pesennya karena disingkawang harus pesen dulu pake fotokopi stnk.barang stengah bulan baru sampe..
    mulai sekarang saya untuk ganti oli dan busi lebih baik dikerjakan sendiri

  5. Numpang Curhat juga ah… Pernah waktu ganti filter oli sang mekanik salah pasang alias kebalik, Jadi oli tidak bisa bersirkulasi. Ketahuan setelah dipakai jalan sekitar 20km mesin mati mulu. Mesin jadi berisik kaya’ mesin jahit. Berhubung belum ada dana, sampai sekarang belum bongkar mesin untuk tahu seberapa parah kerusakannya 😥
    Oh y,,, motor saya Shogun FL.

  6. jadi karena air radiator dulu penyebabnya mas, kan dah lama toh, emang airnya nak keluar2, kok bisa karatan gitu..?
    klo menurut saya sich, karena mas yudi sering main RPM atas, per klepnya jadi lemah, makanya floating..:)
    emang bener tuch, klo ngak ditungguin ada aja masalah abis dari beres, kemaren abis service eh slang radiator yg ke pompa nya klemnya nggak dikecengin, jadi nya air radiatornya muncrat kemana…weleh2..masih jarang beres teliti kerjanya

    Piss..

  7. habis brp total perbaikan kang?
    klo udah puas maen vixionnya…dijual aj kang…boleh yg berbaju pgm fi 150 itu atau ninja rr sekalian…. 😀

  8. klo ane pernah komplain ma kepala mekaniknya karena motor ane di beres di pegang bukan ma mekanik tapi ma anak SMK yg sdg PKL, copotin laher aja hampir setengah jam ngga lepas2. trus ane bilang ma kepala mekaniknya klo tuh roda ampe retak ato jebol dipaluin ane minta ganti yang baru…. baru deh mekanik aslinya turun tangan benerinnya. memang kadang2 ngeselin tuh beres.

  9. vixion mas yudi yg di gambar 1 keren tuh perpaduan warnanya, bisa jadi special edition: tanki putih, body belakang hitam, shroud+spatbor depan merah, velg emas. keren!

  10. Wiii.. Bs rembes ke dlm tuh aer radiator.. Wktu itu d starter bs?? D engkol keras gk mas?? Pnya ane d taon bruan malah mogok.. Sblmnya bnyi tak.. Tak.. Gk bs engkol. Starter mati total.. Kykny gk dnger sih.. Mohon inponya. Thx salam knl bro

  11. buat smua mas broo n mba bro slam kenal yooo,,,
    saya cuma mau nnya, klep motor saya sering bunyi itu knapa yaa ??…
    n bagaimana supaya klep itu ga bunyi lgi,,,,, ??…
    bagi mas bro yang tau saya mohon sarannya …
    trimaksih,,,, 🙂

    • klep bunyi biasanya karena sudah renggah disebabkan pemakaian, solisinya minta kebengkel resmi atau mekanik yang khusus nangani motor seperti yang dimiliki masbro agar klep “disetel” rapat atau normal 😀

  12. ok maksih bet nii buat masbroo yudibatang atas srannya……
    tpi klo misalkan udah d stel lgi atau normal lagi, dlam jangka panjang bunyi lgi ga tu mas broo klepnya ???…
    trus mtor saya juga bnyinya aga kasar d bandingin mtor yang laen, yg saya tnya k mekanik2 si ktanya rumah kopling n karetnya, apa rumah kopling n karernya udah harus d ganti yaa ??….
    sry ni nnya2 trus, maklum ane bli yang seken mtornya….
    ane ngambil vxion th 2009…
    mhon masukannya mass broo yudibatang, n mas broo, mas broo yang lain…
    trimakasih,,, 😀

  13. betul@ bro,,motor ane juga sama mogok gara2 klep jebol..

    critana waktu gue servis stel klep gue tiggl ngopi2 cz di BERES itu gboleh customer nungguin motornya ketika diservis. alhasil gejala awal air radiator ngrembes,,gue gak tau lanjut aja gua geber di pantura pasuran.. wuitttttt,,mogok bro.. gue ama istri gue nuntun 2 kiloan sebelum akhirnya nyewa pick up buat gotong tuh motor..

    apesssssssssssssssssss dahhhh

  14. bos bisa kz saran ngga z punya vi-xion jg lg mogok nie, kalau di kz menyala langsung meledak knalpot,a apa,a ea yg masalah

1 Trackback / Pingback

  1. Klep Bengkok . . . ada Hubungannya dengan Ketidak-sesuaian Penggunaan Oktan BBM? « TMCBlog – Motorcycle News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.