Tips and trik mengakali sekering motor putus agar bisa berfungsi kembali

mengakali sekering motor putus
mengatasi sekring motor putus

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Kali ini saya mau berbagi tips tentang bagaimana mengakali sekering motor putus agar bisa berfungsi kembali. Mungkin bila brother biker mengalami problem sekering putus ketika riding dan lokasi anda jauh dari pemukiman atau mogok dimalam hari, tips ini akan sangat bermanfaat. Tips ini saya dapatkan dari seorang tetangga kontrakan yang juga biker penunggang Honda CB modif 200cc. Dia bernama BroAnas seorang mahasiswa UNDIP dari Blora-jawa tengah yang sedang PKL di Cirebon.

Honda CB modif 200cc

Ceritanya begini, pas saya lagi duduk-duduk santai santai sambil ngudud didepan kontrakan. Terlihat broAnas sedang menuntun honda CB kesayangannya. Saya pun menyapa “Motornya kenapa mas? Kok dituntun?”. Beliau menjawab “Mogok mas, sekeringnya putus”. Kemudian BroAnas memarkir motornya didekat saya dan segera melepas sekering motornya. Lalu bro Anas mengeluarkan sebungkus rokok dari sakunya dan mengambil kertas kuning didalam rokok (kalau Nggak salah kertas alumunium foil CMIIW ). Dan kertas kuning itu dilipat-lipat memanjang seukuran sekering motornya. Lalu saya mendekat dan menyela “mas, kertasnya buat apa?” BroAnas menjawab “buat penghantar listrik mas, agar sekering bisa berfungsi kembali untuk sementara waktu. ini salah satu cara mengakali sekering motor putus agar bisa berfungsi kembali.” ujar Bro Annas.

sekering motor 2

Yups.. ternyata kertas alumunium rokok bisa menjadi media penghantar listrik untuk sekering yang sudah putus. caranya kertas rokok tersebut dilipat-lipat seukuran sekering lebih panjang sedikit. Kemudian kertas yang sudah di linting tersebut ditempelkan pada sekering. Masing-masing ujung kertas lintingan menempel pada masing-masing ujung sekering. Setelah itu masukkan sekering pada tempatnya. starter kembali mesin motornya..nyala lagi deh mesinnya. Catatan, ketika anda memeriksa sekering motor pastikan kunci kontak pada posisi OFF. Begitulah cara simpel mengakali sekering motor putus agar bisa berfungsi kembali. Namun bila kondisinya sudah memungkinkan segeralah beli sekring baru. Harga sekering baru juga murah kok, nggak sampai sepuluh ribu sebiji. Malah ada yang seribu.

Semoga berguna

Kembali ke Halaman Utama

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

28 Komentar

    • ya engga bisa terbakar to mas bro… dan memang cara ini engga disarankan kecuali sangat kepepet.. ditengah hutan misalkan

  1. sekring putus pasti ada arus yg gede, kudu dicek dulu mungkin ada yg konslet / short body
    klw ga dicek dipaksaiin diakali ntr putus lagi paling bahaya iso kobong kabel panel instrument nya.
    CMIIW..

  2. idenya simpel tapi masuk akal dan ga kepikir sebelumnya.
    ini pasti hanya untuk emergency klo udah ketemu warung yang jual sekering ya harus diganti.

  3. baru tau trik kyk gini,sip.dlm keadaan emergency patut dicoba.utk yg gak ngrokok,cari aja sampah bungkus rokok di jalan/tong sampah…ato minta di warung ke yg lg ngrokok… jgn lupa cari bengkel terdekat dan beli sekring baru!

  4. not recomended buat yang make injeksi. kalau terpaksa melakukan, pastikan itu cara paling akhir.
    Mending bawa cadangan aja deh.

  5. lho ngapain susah2? langsung aja satuin 2 ujung kabelnya, gue pernah kayak gitu. penting diketahui, kalo kabel motor ada yg korslet bisa bahaya terbakar kalo skring dipaksa sambung begini.

  6. kalau saya mah mboten kagak gitu,biasanya saya lansung ambil batu tanah kuburan apa kek,saya remas remas kemudian rumah sekring tak buka habis itu tak ambil sekeringnya tak jual 500 rupiah,baru tak gabungin kutup kutupnya nyooooooooooook jadi udah praktis kan,untung 500 perak lagi.

  7. Ibarat makan buah simalakama..
    *kalau nggak dikasih ‘grenjeng’ rokok, berarti nginep di hutan ‘gelap-gulita’
    *kalau dipasang ‘grenjeng’ rokok, ehh baru 30 detik jalan kabel langsung kebakar dan apinya menyambar bahan bakar… Alhasil motornya musnah terbakar

    *akhirnya … Tetap nginep di hutan ‘gelap-gulita’ plus kehilangan motor ‘kesayangan’

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.