Derita sopir truk di tilang DLLAJ

perjuangan sopir truk

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 .. Lagi buka-buka files poto-poto dikomputer, baru sadar ternyata ada poto-poto truk yang dulu pernah berjasa mengangkut motor saya.  ketika itu motor mogok malam hari didaerah namanya Kecipir diperbatasan Jawa tengah-Jawa barat. Pak supir menceritakan derita sopir truk bila melewati jalan pantura.

( Baca : pengalaman naik motor mogok malam hari dijalan pantura Losari brebes)

Yups..dalam perjalanan kami bertiga mengobrol-ngobrol. Paksopir dan kenek truk sebenarnya dalam kesehariannya bekerja sebagai supir truk pasir dikampung didaerah Wonogiri – Jawa tengah. Namun kadang-kadang mereka mendapat order mengantar muatan barang lain dengan tujuan kejakarta.

Petugas DLLAJ dan Derita sopir truk

salah satu topik yang diceritakan pak sopir dan keneknya adalah kekesalan mereka kepada oknum petugas DLLAJ yang “memalak” mereka didaerah Cikarang. Ceritanya begini, ketika perjalanan pulang kewonogiri setelah mengantar muatan buah-buahan didaerah cikarang. Truk diberhentikan oleh oknum petugas DLLAJ. Kemudian petugas mengecek surat-surat kendaraan. Sopir dan kenek sudah yakin banget nggak akan ada masalah. Ternyata sipetugas menanyakan surat ijin bongkar muat. Sopir dan kenekpun kebingungan karena baru kali ini ada petugas DLLAJ menanyakan surat ijin bongkar muat.

Setelah perdebatan panjang, sopir dan kenek tidak bisa berbuat banyak. Mereka harus merelakan uang mereka melayang oknum kepetugas DLLAJ. kasihan mereka, sudah capek-capek menyetir jarak jauh berharap ada uang lebih. ..eh..malah dipalak sama oknum petugas yang bikin derita sopir truk.

Pantesan dalam perjalanan saya tidak melihat apa-apa didasbord truk. Jangankan makanan dan rokok, air mineralpun tidak ada. Jam dua malam truk sampai diBatang dan kami segera menurunkan motor dari atas bak truk. Saya tadinya mau membayar ongkos seperti yang sudah disepakati sebesar 70.000. Tapi saya tidak tega dengan musibah yang menimpa mereka berdua. Akhirnya saya tambahin ongkosnya, karena kasihan mendengar cerita mereka yang dipalak sioknum. dan saya tinggalkan sebotol air mineral besar dan sebungkus rokok didasbor.

Setelah selesai, kamipun bersalaman dan mereka berpamitan. sepuluh menit berlalu, mereka kembali kerumah saya. owh..ternyata mereka mengembalikan knee protector saya yang terbawa dibak truk. Terimaksaih kepada pak sopir dan kenek truk wonogiri.  salut dengan kejujuran anda..semoga Allah selalu melimpahkan rejeki untuk anda dan keluarga 😀

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

24 Komentar

  1. musuhya jasa tranportasi yaa pungli yang bisa bikin sakit perut, baik oleh aparat ataupun penjahat. Effeknya pengusaha akan melebihkan muatan biar nggak tekor dan menaikkan ongkos jasa, yang berakibat jalan cepat rusak dan barang2 jadi lebih mahal.

  2. masih untung tuh mobil ngga keabisan uang bensin, ada sopir yang terpaksa berhenti karena kehabisan uang bensin akibat dipalak aparat sepanjang jalan. kelengkapan surat menyurat mah ngga ngaruh ke aparat, pasti ada aja alesannya buat minta uang.

    • pakenya solar bro, bukan bensin.
      Pungli memang sudah jadi budaya aparat korup di negara ini, bener juga iklannya djarum76

  3. Daerah Cikarang, Cikampek & Karawang yg sering dipermasalahkan emang itu mas bro… Untuk diketahui bersama, Surat ijin bongkar muat atau biasa disebut dengan Sifa itu sekarang sudah gak ada mas bro… Peraturan itu sudah dihapus…!! Kasihan bener mbayanginnya… :hammer:

  4. setidaknya pengemudi jg harus belajar memahami aturan lalu lintas dan perijinan untuk menghadapi kondisi semacam ini walaupun itu bukan jaminan untuk lolos dari kedzaliman oknum polisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.