Tips tetap berpuasa ketika riding jarak jauh

Halo brother Biker 😀 … pertama-tama yudibatang ingin mengucapkab selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1433 h khuusnya bagi brother biker yang beriman 😀 (Yang nggak beriman nggak wajib puasa :mrgreen: ), saya secara pribadi mohon maaf bila ada kesalahan tulisan, kata dan secara tidak sengaja menyinggung perasaan anda, Dan semoga Allah SWT melimpahkan berkah, rahmat dan hidayah pada kita semua…
Okay..kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana bila kita riding jarak jauh keika bulan ramadhan tapi puasanya tidak bolong. Berdasarkan pengalaman pribadi riding jarak jauh saat bulan ramadhan Batang-Semarang dan batang-Cirebon.

*sumber anangku.blogspot.com

Jarak jauh disini yang saya maksud antara antara 80 km (batang-semarang) hingga 150 km (batang-Cirebon). Berikut ini tipsnya :

1. Niat puasa dulu.
Kalau sudah diniati puasanya Insya Allah puasa kita akan selesai hingga waktu buka tiba 😀

2. makan sahur, plus makan buah-buahan (kalo perlu tambahan suplemen/vitamin)

3. plih waktu start riding antara sehabis solat subuh hingga jam enam pagi tujuannya agar stamina kita masih segar dan menghindari kemacetan.

4. riding yang wajar..jangan kentjang dan jangan terlalu pelan. kalau terlalu kentjang bahaya serta menguras lebih banyak tenaga 😀 . bila riding terlalu pelan juga bahaya (bisa disruduk dari belakang) dan akan timbul rasa kantuk.

5. Selama dalam perjalanan harus dijaga semua pandangan, perkataan dan emosinya. jangan sampai meleng ketika melihat sesuatu yang bening melintas. bila mendapati ada alay yang sruntulan dan hampir mencelakakan anda, tetap calm jangan mengucap sumpah serapah..ucapkan saja istighfar 😀

6. Sampai ditempat tujuan, leyeh-leyeh atau istirahat sejenak baru mulai beraktifitas.

7. hindari waktu riding diatas jam 10 pagi hingga jam 3 sore karena cuaca relatif panas dan akan membuat kita kelelahan dan kehausan, ujung-ujungnya milipir diwarteg akhirnya puasanya bolong :mrgreen:

8. Waktu terbaik yang lain adalah sehabis sholat ashar, antara jam setengah empat hingga jam lima sore. Misal kita mau riding sepulang kerja dan lain-lain.

9. bila khawatir atau nggak yakin akan kuat puasa bila riding siang hari, lakukan perjalanan dimalam hari.

keep safety first, semoga berguna dan selamat menjalankan ibadah Puasa 😀

19 Komentar

  1. mas yud,,,salam kenal,bagi tipsnya saat riding jarak jauh biar ga msk angin,meskipun udh pake jaket 3 lapis & rompi anti angin tetap aja saya ujung2ny msk angin.
    trimksh

  2. Lebih stuju yang riding sore, bisa sekalian menikmati jalan
    Kalo riding jauh pagi-pagi, sampe tujuan tinggal nggletak tokk wong tenagane wis entokk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.