Solo riding jarak jauh tengah malam dipantura, berani??

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Yups..Solo riding tengah malam jarak jauh dipantura, sudah dua kali saya melakoninya. yang pertama saat bulan ramadhan tahun 2011 pernah saya tulis disini dan yang kedua hari senin dini hari kemarin tanggal 23 Juli 2012. Sebenarnya kalau hari-hari biasa, saya enggan melakoni solo riding tengah malam. Mendingan tidur dah…
Namun disaat bulan ramadhan “Everything I do for puasa” 😀 Yah..demi agar puasa tetap terjaga dan pekerjaan tetap berjalan, walau agak malas tetap saya lakoni solo riding tengah malam. bayangkan start riding jam 00.30 dini hari ketika kebanyakan orang tidur saya harus berada diatas motor, dengan kondisi harus extra konsentrasi dan extra waspada selama tiga jam!!
hal-hal yang perlu diperhatikan saat riding tengah malam dipantura adalah :

1. check kondisi motor siang hari sebelum melakukan perjalanan
Kondisi motor harus benar-benar fit, periksa tekanan angin ban, kondisi ban, kondisi mesin, oli, rantai dan aki. semua harus normal. jangan sampai motor mogok ditengah jalan. suraaamm bro, apalagi kalau mogoknya ditengah sawah nan gelap.

2. Gunakan safety gear komplit plus-plus
karena perjalanan tengah malam kita harus menggunkan safety gear komplit plus.maksudnya safety gearnya bukan yang ecek-ecek ya :mrgreen: gunakan kaos yang tebal, pelindung dada, slayer untuk leher, jaket riding yang tebal serta wind proof. Gloove (kalau bisa yang bahannya dari kulit). kaos kaki, sepatu biker, knee protecktor, sisipkan kunci pas yang panjang disepatu. (untuk jaga-jaga :mrgreen: )

3. Riding harus extrawaspada dan extra konsentrasi
Dipantura bila tengh malam Speed mobil pribadi, bus dan truk yang melintas dipantura rata-rara pada kentjang.
Mau tidak mau kita harus lebih kentjang dari mereka, agar kita bisa lepas dari gerombolan mobil,bis dan truk yang saling over taking. Itulah kenapa kita harus extra waspada dan extra konsentrasi.. “you are not allowed to make mistake!”

4. Serangan rasa kantuk
Ya..rasa kantuk akan tetap menyerang, walau kita sudah minum kopi seteko :mrgreen: terutama setelah satu setengah jam perjalanan. akan lebih menyanangkan bila kita ketemu driver speed freak yang memacu mobilnya dengan kentjang. walau tidak saling over taking, minimal kita ada teman seperjalanan dan bisa “nginthili” dibelakang mobil 😀

5. Istirahat maksimal setelah menempuh dua jam perjalanan.
carilah minimarket yang buka 24 jam dan terletak dikeramaian. Tujuannya disamping banyak orang juga untuk keamanan. Biasanya saya istirahat diminimarket sebelah masjid agung brebes-jawa tengah

6. Serangan wind cross dan hawa dingin yang menusuk tulang
Pengalaman dua kali solo riding tengah malam, pasti setelah melewati pebatasan pemalang-tegal hingga sampai dikota Cirebon, anginnya kencang banget dan arah anginnya seperti menghantam motor dari samping. serta hawanya dingin banget, badan saya merasa seperti mau membeku 😥

demikianlah hal-al yang harus diperhatikan bila solo riding tengah malam dipantura 😀

Artikel terkait
pengalaman hmpir dibegal dijalan pantura Kanci-Cirebon

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

40 Komentar

1. udah pernah aq mas…2x solo riding tengah malam lwt pantura jkt-klaten waktu ramadhan 2010 dan 2011..
    jln lengang,angin kenceng,hawane adem,mungsuhe bis2 malem 😀
    alhmdllh selamat&tdk tjd hal buruk apapun

2. mantab om tipsnya
    kalau di jawa enak, banyak minimarket dan spbu yg buka 24jam, kalau di tempat ane mana ada,, paling warung kecil..itu juga jarang

3. aku wes dari 2007 sering cikarang – jogja via pantura belok kanan lewat pejagan 😀
    #sekitar 3 minggu yang lalu temenku pulang kampung karena kakek ninggal, di daerah cirebon di sabet-sabet samurai sama garong pakai vixion boncengan.. untung bisa ngelak dan menepi kebetulan ada mobil lagi mogok bisa buat teman..

4. Pantura belum pernah jalan malam…Kalo jalur selatan sih sering solo riding tengah malam.Biasa brangkat jam 00.00 dari Bandung via Tasik,Lumbir,Kebumen,Pw Rejo…sampai Jogja skitar jam 07.00…

• Jember-Denpasar aman kang jam piro2o. Enak banget munggah gumitir jam 12 bengi. Luwih enak lek pas subuh, kiwo tengen diiringi sworo manuk.

5. tambahan pak yudibatang…. kalau kedinginan boleh pake jas ujan model baju…. dibilang orang gila biarin yang jelas anget puoollll

6. Pernah bro, kemaren tanggal 5 Juli 2012, dari Tangerang menuju purwokerto, pakai Pulsar 220, hehehehehehe…. lampu terang, motor kencang…. pas kalau di Pantura….. brangkat sekitar jam 23.00 dari Tangerang…. .. minusnya angin dari samping kencang banget, mata ngantuk,…. sampai masuk cirebon mata dah ndak kuat, fisik masih oke, akhirnya istirahat di Pom Bensin, ngliyep bentar, sekitar jam 04.00 lanjut lagi… agak santai, masuk tegal jam delapan, mampir dealer Bajaj Tegal, numpang tidur….hahahahahha…. bangun jam 11 malah diajak ngobrol sampai sore, akhirnya jam 4 melanjutkan perjalanan lewat bumiayu, sampai purwokerto langsung mampir cucian motor, magrib alhamdulillah sampai rumah…… Dalam rangka bawa pulang Pulsar 220 beli bekas di tangerang. hahahahaha lebih ngirit dinaiki sendiri dari pada di paket…..

7. Perlengkapan Riding, Sarung tangan touring merk Maz, Helm Fullface, jaket Contin Speedtrap, celana jeans, sepatu touring tipe cross pendek, kaca mata bening (mirip kacamata safety), protektor kaki lupa ndak bawa waktu berangkat ke tanggerang, alhamdulillah selamat sampai rumah….. intinya kecepatan bisa mengikuti arus kendaraan lain….jadi jarang disalib bis atau mobil pribadi…….

8. penguasa pantura 😀

Ane riding malam baru sekali mas yb, itu pun cuma bandung-cirebon, tapi sensasi lewat cadas pangerannya horor mas, ada suara cewe manggil, padahal jalan sepi.

ga lagi2 riding malem 😀

9. Sering jg Subah-ngawi..via salatiga(tingkir)sragen,dri subah jam 01 malam.. Nympe ngawii jam stngah 6 pagi,enak jg..pke revo kecil,revo100..

10. wah sering aku mas,dari rumah ku bawang trus ke semarang, ke unnes terus ke solo3 berangkat dari rumah jam 10 mlm,aku lewate limpung trus ke banyu putih, selaman ini msh aman aman aja hehehe, tapi pas bareng ma anak2 vixion VCB dr bawang ke solo berangkat jam 10 malam lewat jalur tengah(sukorejo-temanggung-pring surat) banyak godaane mas…

11. waah sering mondar-mandir pantura gebang ya bro,
    ane tinggal dicirebon mas bro,
    kadang ane suka blayer gas di pantura gebang menuju perbatasan jateng-jabar dan tanjung brebes, (silahturahmi ke rekan2)
    tapi klo waktu malem hari belum perna,
    wajib dicoba ne
    🙂

12. Saran nih buat para anak touringer.
    bos ane jalan dari jogja ke bogor aja kagak pake atribut lebay kaya anak touring, yang penting niat ane jalan selamet, ga ugal-ugalan. anak touring pada ngesok sih, sok penguasa jalan kaya Harley, motor 150ccaja gayane pada kaya 1000cc.

Thx, semoga pada eling.

• hahaha…bener kang bray, temen ane jkt-sby naek honda grand 95 cuy….kaga pake apa-apa, cuman celana pendek, kaos lengan pendek, sendal jepit dan helm full face….wong edan