Selang air radiator, retak sedikit saja air bisa muncrat kemana-mana

Halo brother biker 😀 .. kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang salah satu penyebab air radiator muncrat kemana-mana, kususnya pada sepeda motor yang berpendingin cairan. seperti yamaha vixion, jupiter mx, Honda Cbr, Honda cs 1, kawasaki ninja series dan lain-lain. Yups..pengalaman air radiator rembes sudah pernh terjadi beberapa kali pada sepeda motor saya. yang pertama terjadi ditahun 2012, waktu itu p lagi ngelap-ngelap motor terlihat bekas lelehan air radiator disekitar mesin. Pertama-tama saya agak panik… “jangan-jangan mesinnya jebol!”. namun setelah dibawa keberes (bengkel resmi), ternyata disebabkan karena selang air radiator yang retak dan air radiator merembes menetes kemesin.

Memang sih penyebabnya bukan saja karena selang air radiator retak, bisa juga karena rembes lewat packing, water hammer dan lain-lain. namun penyebab yang paling sering terjadi adalah selang air radiator yang retak. Solusinya yang paling mudah adalah bagian selang yang retak dipotong dan slang dipasang kembali. namun bila selangnya sudah terlalu penek, ya harus ganti baru.

Semoga berguna 😀

About yudibatang 2297 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

20 Komentar

  1. lebih parah vixion saya…. radiatornya ga mau muter air di cadangannya…. alhasil air radiator kering…. kipasnya nyala melulu…. tapi di indikator panasnya ga nyala…. tapi disentuh tangan langsung melepuh….. panasnya 100 derajat cecius….
    hingga saat ini belum ada beres yg bisa membenahinya…. dulu jupiter mx saya juga seperti ini dan tidak kunjung selesai masalah…. akhirnya saya jual…..
    apa mungkin gara2 setiap hari jalan 100km boncengan ya? berat 70 ama 50 boncengan tiap hari 100km….

    oh iya mas yud, ternyata masalah saya kemarin di seting COnya…. ama mekanik sebelumnya diseting CO + 12…. alhasil busi gosong….. tapi sekarang sudah normal lagi setelah COnya diseting + 1…. ^^

    cuma sekarang masalah radiator belum kunjung selesai…. tiap bbrp minggu harus isi ulang air radiator…. 🙁

  2. share pengalaman ane aja gan..lebh baik cek total selang2 radiator..ato kalo selangnya oke,maka kmungkinan radiatornya buntu..kalo ternyata radiator lancar tp masi gtu juga,ada kmungkinan karet pak tu2p radiator ud minta ganti,so ganti tu2p radiatornya gan..kalo blm smbuh juga,kmungkinan slanjtnya ad silindr headny melenting..cmiiw

    • nanti kalau ke beres lagi saya coba…. kalau yg kasus MX dulu sih udah pernah dibongkar abis dan tidak ditemukan penyebabnya….. cuma belum sampe ganti tutup radiator…. nanti yg vixion tak suruh mekaniknya bongkar abis lagi cek total lagi…. kalau masih belum sembuh dicoba sarannya ganti tutup radiator…..

      terima kasih bro ^^

  3. motor pake radiator emang high performance tapi ribet, untung dulu pake mx gak pernah ada masalah radiator, apa karena selangnya ketutup body yah jadi awet.

  4. om yudi, bisa bntu pesenin pipanya ga ??
    Saya Udah Lama Nyari2 Ga Nemu2 Barangnya Di Beres Daerah Sumatra Barat.
    Udah 4 Bulan Nih Motor G KEpake -_-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.