Saran yudibatang untuk para calon mudiker pengguna sepeda motor

Halo brother biker πŸ˜€ .. pengalaman dua kali riding berbarengan dengan para mudiker, kebanyakan mereka seperti macan baru keluar kandang :mrgreen: terutama ketika melewati jalur pantura cirebon-brebes yang jalannya mulus nan lempeng. Kebanyakan dari mereka berkendara dengan kecepatan tinggi! Yah..mungkin karena mereka kesehariannya terbiasa riding “dirimba belantara” jakarta yang kondisi lalu lintasnya selalu macet. jadi seperti berkah bila menemui jalan lurus, lempeng nan sepi. Yudibatang justru berkendara dengan kecepatan yang wajar, maksimal 80 kpjlah…lebih sering memberikan jalan kepada para mudiker yang speed freak (terutama mudiker pengguna motor batangan).

believe or not, kebanyakan para mudiker ini bila sampai dikampung halammanya akan “ndobos” (bercerita yang dilebih-lebihkan) :mrgreen: kepada teman dan sanak saudaranya. contoh cerita dari sodara yudibtang sendiri, sebut saja namanya sidul. dia mudik menggunakan honda supra fit tahun 2005, Sidul bercerita kepada teman-temannya bahwasanya untuk menempuh perjalanan dari Jakarta hingga kampung halaman(Slawi-kab.tegal) hanya membutuhkan waktu lima jam! dengan berapi-api sidul menceritakan kalau riding dengan kecepatan 100 km/jam terus, hanya istirahat sekali! 😯 sekedar info jarak dari jakarta-slawi itu sekitar 350 km. yudibatang hanya manggut-manggut sambil tersenyum saja mendengarkan sidul bercerita:D .

yudibatang yakin, seandainya mereka punya rejeki lebih pasti tidak akan mudik menggunakan sepeda motor. Saran dari yudibatang untuk para calon mudiker dengan menggunakn sepeda motor adalah sebagai berikut :

1. check kondisi motor, pastikan motor dalam keadaan fit dan cek kelengkapan surat-surat sepeda motor.

2. Pastikan kondisi fisik anda benar-benarsehat

3. gunakan safety gear minimal celana jeans, sepatu, jaket, kaos tangan dan helm.

4. berkendaralah dengan kecepatan yang wajar (60-80 kpj) dan tidak usah ngoyo serta srunthulan.

5. maksimal setiap menempuh dua jam perjalanan harus istirahat

6. jangan membawa barang bawaan yang melebihi batas kapasitas sepeda motor.

7. Tetap hati-hati , konsentrasi dan waspada!! Misi anda adalah pulang kekampung halaman dengan selamat bertemu dan berlebaran dengan sanak saudara πŸ˜€

8. berdoa sebelum melakukan perjalanan

Semoga berguna πŸ˜€

About yudibatang 2122 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

33 Komentar

  1. Bwahaha….seperti macan baru keluar dari kandang.
    Like this, bro.
    Btw bagaimana kondisi terakhir jalur pantura Jkt-Batang, apa jembatan sudah jadi semua dan perbaikan jalannya uda slese?
    Soale insya Allah mo mudik nie bro.

  2. Yang ada di hati dan pikiran para calon mudiker hanyalah pulang kampung dan ketemu sanak saudara di hari yg fitri, sering sy beringingan ma kelompok mudiker itu kalo yg bapa2 bawa anak istri jalan nya paling 60 an km/jam (bikin terharu..sambil bawa kardus2 guede..pdhal gaya riding nya ketauan yg penting bisa nge gas n rem ..) klo anak muda lebih dari itu malah kebut2an…jgn lupa infrastruktur jalan sprti lubang, jalan berpasir dll siap mengintai tentu butuh tenaga, itungan dan keseimbangan buat naklukin nya… banyak kaum mudiker yg kepeleset, jatuh gara2 ini…(kebetulan sy dua bulan sekali serang – bandung dr taun 2004 smpe skrng jd hapal banget ama yg nama nya mudiker ..) kalo mereka punya rejeki lebih pasti naik bis atau travel kali… itulah mudiker naik motor bisa hemat ratusan ribu kan? lumayan buat biaya kebutuhan yg lain …

  3. bener bro,,,,
    banyak yang betot gas dalem” kalo jalan lempeng,
    kaya di Pantura Semarang-demak-kudus,,,,
    trek drag sepanjang jalan,,,
    πŸ˜€

  4. kalo mudik by riding mesti bawa dompet/uang yang banyak,jgn lupa gosok gigi dan mandi agar segar dan bugar dan berkendara dengan hati-hati dan tidak mudah emosi di jalan (agresiv kalem smart)

  5. Ngikut arus, malam jumat tar mudik, mdh2an ga diganggu lelembut.
    kmrn wkt brgkt cirebon – bekasi 4 jam, tar pulkam kyknya gak mungkin dpt segitu.

  6. Tambahin juga kang, buat yang mudik bersama balita apalagi yang masih bayi, untuk memberi perhatian lebih terhadap balita/bayinya. Saya pernah menemui ada bayi yang meninggal di perjalanan.

  7. mantab om infonya..

    ane Insya Allah juga mau mudik pake motor, deket sih cuma jepara sampe kendal, paling cuma 80 km, boncengan sama bini tapi pake miong πŸ˜€

    moga2 aman perjalanannya πŸ˜€

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.