Tips agar lepas dari jerat fanatik pada merk sepeda motor tertentu (Fans boy)

Yudibatang.com – Halo brother biker πŸ˜€ … Yang namanya produk sepeda motor ataupun produk otomotip lainnya pasti masing-masing memiliki penggemar tersendiri. DiIndonesia ada banyak produk sepeda motor, yang paling dikenal masyarakat ya the Japanese big four yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. selanjutnya ada produk sepeda motor dari negara India yaitu Bajaj dan TVS, juga banyak brand lain dari korea, italy, Amerika, Inggris dan lainnya. Namun dari sekian banyak penggemar sepeda motor, hanya big four saja yang memiliki penggemar fanatik.
logo-yamaha-honda-kawasaki-suzuki

Kalau pas lagi blog walking dibeberapa warung blog yang terkenal, bila ada artikel yang membahas merk H pasti ada komentator Fansboy merk Y panas, Begitu juga sebaliknya. Menurut opini saya pribadi, para komentator fans boy ini ada yang murni fanatik ada juga yang “orang suruhan” merk sepeda motor tertentu. Jujur saja, dulu saya adalah Fans boy Honda fanatik totok, sepeda motor = Honda. Apalagi mindset itu tertanam sejak kecil. Kalau ada sepeda motor lewat atau orang bawa sepeda motor datang kerumah, pasti kalau menanyakan merk sepeda motor tersebut diawali dengan honda. “oh..bawa Honda rx king ya”, “ada Honda crystal lewat” (suzuki crystal th 1991), “Honda mu apa?” “Honda saya alfa”, “Honda saya Autolobe 75” :mrgreen:
supra-fit
*Supra fit yudibatang
Seiring berjalannya waktu, sepeda motor pertama yang mampu saya beli dengan hasil keringat sendiri juga merknya Honda, yaitu Honda supra fit tahun 2004. Ingat sekali bisa beli motor sendiri setelah menikah, belinya didealer Honda 54 motor Batang-Jawa tengah. Waktu itu saya bangga sekali memakai Honda supra fit (walau sebenarnya supra fit adalah produk ahm yang paling murah ) …”wis pokoke Honda paling jozz” kalau ada orang yang mengkritik produk Honda, pasti saya nggak terima dan dengan kemauan sendiri, membela habis-habisan (padahal gak dibayar :mrgreen: ). Supra fit ini saya rawat dengan baik dan saya pakai untuk kerja Batang-Semarang seminggu sekali hingga tahun 2008.

suzuki smash merah

Teman-teman kerja juga menggunakan sepeda motor Honda, kebanyakan Honda Supra X, Honda Mega pro dan honda Tiger.
Tahun 2007 kantor membeli sepeda motor untuk dipakai operasional office boy, sepeda motornya Suzuki smash 110. Mau nggak mau, kadang-kadang saya memakai suzuki smash tersebut untuk keperluan kantor. Mulailah terbuka cara pandang saya tentang sepeda motor, bahwasanya ada merk lain selain Honda yang memiliki performa lebih bagus. sebulan kemudian ada karyawan baru masuk, Namanya Pujiyanto dari sala Tiga (desanya namany Nggendor) Pujiyanto ini tunggangannya Yamaha Vega. beberapa waktu kemudian sayapun mencoba yamaha Vega tunggangan pujiyanto..dan.. “woh..yamaha Vega juga lebih enak dibanding supra fit!!”
Muncul keinginan untuk naik kelas kemotor batangan. dan sejak saat itu saya sering browsing internet mencari informasi seputar motor batangan. yang pertama saya buka website resmi Honda, Yamaha,Suzuki dan Kawasaki. kemudian nyasar diblognya masruditriatmono dan Indobikermags dari situlah wawasan saya mulai terbuka dan bertambah tentang sepeda motor.
yudibatang dan Triatmono
*yudibatang bersama Mas Ruditriatmono
Setelah punya cukup uang, saya menyambangi dealer-dealer sepeda motor dibatang. dealer yang pertama saya datangi AHM, pilihannya ada Honda megison Megapro 160cc hhmm..modelnya kurang suka dan tehnologinya sudah ketinggalan. kemudian menyambangi dealer suzuki, pilihannya ada suzuki satria FU (sayang kekecilan) dan Suzuki Thunder 125 (ccnya nanggung dan modelnya dah ketinggalan). Lalu mendatangi dealer yamaha depan rumah, woh..malah ora digagas..mentang2 saya datangnya cuman pake celana pendek dan sandal jepit…saya pingin beli vixion tapi indennya tiga bulan dan harus ngasih uang persekot pula πŸ‘Ώ ..ora sido. Lalu lain hari saya mendatangi dealer Bajaj dijalan Dr.cipto semarang.. sudah tes ride, udah ngrasa enak dah hampir beli..sayang ngurus surat2 ribet…akhirnya nggak jadi.
??????????
Sebulan kemudian pas lagi jalan2 dipekalongan, saya iseng mampir didealer yamaha pekalongan. setelah ngobrol panjang sama salesnya, tiga hari kemudian datanglah yamaha vixion yang sekarang dinamai siKibaliyut. satu tahun kemudian supra fit saya jual dan diganti honda Scoopy (padahal sebrang rumah ada dealer yamaha) πŸ˜€ So..Tips agar lepas dari jerat fanatik pada merk motor tertentu, sesekali cobalah sepeda motor lain yang sekelas, bandingkan valuenya. Belilah sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kantong anda, kalau ada orang lain yang mengkritik atau menjelekkan sepeda motor anda, nggak usah diurusin kecuali orang terebut mau membelikan sepede motor baru yang menurut orang tersebut lebih bagus :mrgreen:

semoga berguna πŸ˜€

79 Komentar

  1. kalo belum dicoba mana bisa tau rasanya betul πŸ˜€

    sy dulu juga pemakai HONDA,tp karena banyak kasus sy jd kecewa dengan produk HONDA,tapi tidak menutup kemungkinan saya akan membeli lagi produk HONDA

    skarang sy pake HONDA MIO,HONDA MIO J,HONDA SKYWAVE,HONDA NINJA :mrgreen:

  2. kayanya yg punya mindset motor itu wajib honda cuma warisan pemikiran kolot orang jaman dulu deh… kalo wawasan terbuka pasti tau lah.. kelas 110cc ada bled, vegar, kaze, jupiter z, titan,
    kelas 200cc ada pio, tigong, pulser, 150cc NMP, bison, viksyen, FU,
    yg lebih heran lagi itu kalau tau motornya punya kelemahan tapi sok-sokan dibela saking fanatiknya πŸ˜€

  3. kalo sales beneran gak ada waktu buat internetan sob, mereka dikejar target penjualan..jadi selalu bergerak mencari calon pembeli πŸ˜€ dan sales antar merk sepeda motor dalam satu wilayahpun saling kenal dan saling berbagi info calon pembeli..

  4. biasanya fbh itu dari keturunan, anak nya di beliin bapak nya, bapak nya di beliin mbah nya.

    dan belum pernah merasakan makai merk lain, atau emang dia punya saham di situ dan atau emang kerja nya jadi sales AHM. soal nya temen saya kalo kerja parkir motor nya di taruh di luar area pbrik, gak boleh bawa masuk kecuali buatan AHM…

  5. duh..mentang2 sekarang jadi fan boy daihatsu ceret….kekekekekekeke……….motore ra digagas…………sekali-kali nyobain cebe blar2 jadi2an ya…biar beli……di dealer rongsokan…wekekekeke..ora inden pokoknya….

  6. setahuku orang2 kolot jaman dulu lebih fanatik ke BSA, Norton, AJS, apes2e vespa deh….motor honda baru moncer di era 80-90an…di era 60-70an eranya vespa…ditahun segitu motor jepang pada belum ngaspal……….nah orang nganggep semua motor honda itu berarti yang pas ABG ditahun 80-90an…..

  7. fansboy mengikuti kemampuan finansial dan minat akan produknya…sekarang pnya motor honda CB150R ya jadi FBH…pnya vixion ya jadi FBY…besok sugih duwe panigalle yo dadi FBD…

  8. sebenarnya bukan masalah taste produk,tapi kebanyakan orang Indonesia,kalau “berpihak” pada sesuatu pasti yang udah kuat.
    Pernah ada fanatik pada tim Liga Inggris seperti Wigan Athetic,QPR,dll di Indonesia??

    pasti gak ada,yang ada pasti fanatik pada Liverpool,Chelsea,MUArsenal pokoknya yang pernah menjuarai Liga,pasti di dukung

    atau gak jauh2,pernah dengar pendukung Pedrosa??dulu saat Rossi jaya,gak pernah dengar Pendukung Pedrosa bersuara.paling beberapa orang.Nah sekarang Pedrosa prestasinya mulai oke,baru deh pendukungnya banyak.

    itulah Indonesia,mendukung suatu pihak bertujuan agar kalau menang bisa bangga (padahal yah bukan satu negara,atau mungkin bukan perusahaan dalam negeri,atau padahal cuman beli produknya) dan bisa menjatuhkan pihak lain yang kalah.(itulah FBH n FBY)

    • kalo FBH beda om, dulu rossi di honda dipujaaaa, sekarang rossi di yamaha dihujat πŸ˜€
      coba kalo suatu saat misalkan perdosa ke yamaha, apa masih ada FBH yg dukung pedrosa??
      gak bakal ada,

  9. Fanboy jujur aja bikin rusuh dan risih,ane klo baca blognya IWB gak pernah baca kolom komennya,lha artikel yg paling baru yg komen dah 370an dan kebanyakan fbh sama fby debat kusir

  10. beli sesuai kebutuhan lah, gw balik beli honda karena spacy helm-in murah, vario tech110 inden sebulan, xeon muahal (hampir beli seken, gak jadi karena tokonya mbulet mau tuker tambah mx gw). hampir beli skydrive juga, gagal karena bagasi segede dompet, padahal dah dikasih diskon gede.
    kalau disuruh beli motor skrg saya pilih soulGT, walau tarikan enakan nex karbu, atau vario125 kalau dah penyakitnya beres.
    pengen beli suzuki seh tapi produknya gak ada yg masuk selera dan kebutuhan.

  11. aku ga terlalu fanatik ke merk tertentu karena di rumah pernah ada motor dari pabrikan Y,S, dan H, Pengen punya merk K yang 2silinder belum kesampaian

  12. Kadang miris juga baca komennya para fanboy bayaran saling hujat menyusup di blog2 yg terkenal subyektif, oh iya mas yudi….gimana klo bloger itu sendiri lewat artikelnya malah mancing2 komentator saling bakar………..kayaknya ada jg tuh bloger yg gitu…???

  13. Cepukud m yudi,jd FB 1merk itu ama aja mmenjara pikiran slalu smpit,ndak open minded,pdhal byk knikmatan wktu mnemukan hal2 baru yg sblmnya tdk kita ktahui.

  14. coba dulu pilih pulsar pasti artikel pulsar luar dalem ada kan rekomendasi pulsar owner..kalo vixion dah umum…mas yudi oprek pulsar diyoutube muncul pulsar top speed sekian kpj, dkk…mantaff iki…

  15. pernah make:
    – Honda astrea star, pinjeman sodara (3 tahunan) –> 4 kali jatoh dan nabrak
    – Honda GL pro, pinjeman temen (2 bulanan) –> 1 kali cilaka
    – Suzuki Shogun 125, 2004, beli baru (5 tahunan) –> gak pernah cilaka (sekarang dipake istri)
    – Yamaha vixion 2008, beli second (3 tahunan) –> gak pernah cilaka
    entah yg bikin celaka itu apa karena mereknya atau karena dirasanin sama yg punya.. πŸ˜€
    so far, pake vixion paling puas.. subjektif sih,.

  16. wuuuiiihhhh….hampir sama dengan pengalaman ane mas bro…
    dulu punya karisma x dan kalo ada yang komen negatif ma si karisma, langsung ane bales. jujur aja dulu pas punya karisma awam banget. tp mata ane mulai terbuka setelah mencoba beberapa merk lain, ada suzy thunder 125, smash, shogun 125 SP, jupiter z, old cbr150 dan pas lahir jupiter mx, ane bnr2 kesem2 sama fiturnya yang melimpah dibandingkan dengan merek lain. akhirnya ditebus lah si mx, ane sempet diolok2 soal repotnya jupiter mx krna pke radiator, mx boros lah krna bukan merek Honda, dsb tapi seiring berjalannya waktu, tetangga yg tadinya ngolok2 malah ikut beli jupiter mx, bahkan skrng mpe punya 3. akhirnya ane sadar, ga ada gunanya terlalu fanatik krna motor itu pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing2. beda pendapat boleh tapi mbok yo mengutarakannya dengan kata2 yang baik, sopan. kalo cuma bisa bicara kasar, apa bedanya sama bocah alay?
    inti ceritanya mirip ma pengalaman mas yudi.

  17. aku beli motor sesuei kebutuhan dan kemampuan.

    ane beli HAYATE bicoz motornya gede,fitur lumayan kompit.mau beli vartec udh diskontinyu.var125 g suka bodinya.beli mio kekecilen.spacy gede,tp body ambles.
    soale motor buat boncengan ber4.
    hayate pilihanku krn sesuei dg kebutuhan.
    harga pun terjangkau.

  18. Kalo FB-nya smart oke nambah wawasan… tapi kalo Fbnya katrok bin fanatik buta bin pokoknya … yang emang rame blognya. tapi isinya TAWURAN smua, bukan diskusi yang bikin cerdas !!!

  19. Kalo maennya di halaman rumah aja, gak nengok kiri-kanan ya… begitulah. Padahal rumput tetangga bisa jadi lebih hijau, ya …. xi xi xi (nyambung gak seh?)

  20. Slama ini saya pake Honda GL-Max, Yamaha Mio n Kawasaki Ninja. Enak smua tuh produknya, walaupun ada kekurangan n kelebihan masing2. Yg penting dah lunas, pasti nyaman di hati…

  21. Kadang kita2 ini cm menilai dr apa yg keliatan aja,org pake motor merk x,dianggap fanatik x,merk y dianggap fanatik y. Pdhal milih itu tdk hy melihat merk,ada yg udah dpikir masak2 krn valuenya,ato dr kelebihan spesifik dr produk tsb(iritnya,murahnya,spitnya,tarikannya,nyamannya,modelnya,resalenya dll). Tips mmilih produk yg sesuai adl: memilih dg egoisme, yg paling bisa muasin keinginan saya adl yg sy pilih…utk merk dinomersekiankan saja,kecuali mau beli merk..ya monggo aza,berarti ikut klan fanboy.

  22. lah masalahnnya, saya udah coba, berbagai moped bebek, sejak jaman honda astrea grand 95, fizR, yamaha alfa, suzuki kebo 110, motor batangan GL max, GL pro, GL pro Neotec, trus ke legenda, karisma dll, sampek ke megapro, megapro primus, sampek NMP, , beralih ke suzuki 110, 125, sampek yg injeksi, , begitu yamaha juga, sejak crypton, vega, jupiter Z.., rx king, king S

    beralih ke merk kawasaki, mulai Kaze, zone, blitR, ZX 130, ninja 2 tak series family..

    dari kesemuannya itu, yg paling mantaf handling nya cuman KAWASAKI

    akhir sampek skrg , tetep setia dengan KAWASAKI

    gmn klo gitu

    • berarti emang yg sesuai dg ego anda adl merk tersebut mas… selamat udah menemukan jodoh (produk) anda..tetap ikuti perkembangan merk lain agar wawasan bertambah. sapa tahu entar ada yg lbh dari expektasi anda.

      • setuju buat regnewbie. kawasaki=rangkanya mantep, stabil, bodi gak kyk vibrator.
        brdsarkan test ride beberapa motor fantastic 4.
        saat produsen industri berat, memproduksi motor. inilah produknya. .khi.co.jp/english/product/index.html

        kelahiran fantastic 4 dari tua ke yang muda menurut wikipedia: kawasaki – suzuki – yamaha – honda.
        ane bukanlah sales kawasaki. setelah nyoba ninja 150 r, rr, blitz, kaze, zx 130 punya tmen malah kepincut sm ni merk. salam geng ijo.

  23. hahaa iya dulu saya “anak honda banget” dari taun 1999- 2010 pake honda tiger, all variant…
    eh ninja 250 keluar… testride.. langsung jatuh cinta deh….
    sekarang honda saya ada honda xeon, honda byson dan honda ninja….

  24. montor apa aja dibawah 250cc rasanya sama sadja, tidak ada yang istimewa. memilih motor jenis ini cukup dilihat kebutuhan dan kegunaan, persetan sama jargon irit, velg lebar, dohc, trelis, deltabox atau apapun namanya. Untuk pembantu ke pasar cukup Mio j, untuk muter-muter komplek pake PCX, untuk pak satpam cukup viksion atau cb150 (biar gagah), untuk kerja cukup smash110 (lha wong kantore ga jauh dari rumah), ketemu klien pake Kia rio, jalan-jalan bareng keluarga pake mazda biante, nongkrong sama anak klub baru pake HD sportster……

  25. klo koment’y sehat ya kt smua psti trma & dgn seneng hati… tp sapa yg gondok klo motor kt di bilang sampah ma abal2… klo bgni tinggal di buktikan di jln.. :mrgreen:

    inilah bahaya’y klo sales ikut ngeblog.. mrusak brother ssma biker :devil:

  26. ane sdh lama pakai motor dari berbagai merk ….honda spart part nya mahal,kalau rusak rewel kemana2,tapi memang irit,suara lebih halus,tenaga biasa saja,design biasa saja,nilai jual bagus
    yamaha spart partnya murah dari merk lain,suara rada agak kasar,tenaga lebih bagus,tapi ni motor mesin yamaha tahan banting dan ga banyak macam2,disign rata2 bagus nilai jual sama kayak honda
    suzuki suara halus,tenaga kuat,body gampang hancur,kalau rusak sama kayak honda banyak tingkahnya ,borosnya sama kayak yamaha.nilai jual turun
    kawasaki spart part mahal dan perlu indent,lumayan boros,nilai jual turun kecuali ninja untuk power bervariasi,design nurut ane cuman ninja doang yg bagus

  27. Dulu babe pake yamaha super delux cdi , suzuki rc ,yamaha alfa ,honda exlusive , 2002 pake shogun lbh bertenaga , skrg pake shogun NR ,

  28. semua tergantung selera,,
    masing2 punya kelebihan & kekurangan,,, silahkan cari yg sesuai dngn ” kekuatan kantong bro2 sekalian…

    Ini motor gue,selera gue,,, pisss all…!!

  29. Nih ada sedikit penjelas dari ane..
    Dirumah ane punya 2-2nya tuh Fu n Vixi
    Tentang ke 2nya..
    Nih..
    Fu = Full Unik
    jd maksudnya satria fu itu motor bebek
    yg penuh keunikan.
    Body bebek = motor cewe
    kan bebek bukan motor tuk laki bro,
    lain halnya kalau vixi itukan motor laki..
    Coba kasih penilaian buat fu
    masak motor cewek tenaga laki
    sama aja itu motor memang di khususkan
    buat banci doang kali ye.
    Bukan maksud ane menjelek jelekkan
    motor fu ane nih.
    Tapi emang itu faktanya bro,
    kan banci tu musti larinya kencang
    biar kalau umpamanya ada satpol pp
    atau kamtib bisa lolos..
    Tapi kalau vixion tuh emang laki bener
    bro, body n mesin tepatlah gitu..
    Irit n dinamis tunggangan juga mantap.

    Gimana menurut penilaian tentang fu kalian semua bro ?
    Masih okekah kalau bikin pegal – pegal,

    ya katanya yang punya motor fu 1 tok,
    vixion itu punya orang kere soalnya
    ngejar “irit”
    trus katanya yang punya motor vixion
    1 tok, fu itu punya orang kemaruk
    alias sok kaya aja soalnya
    ngejar “boros”

    jujur aja ane saat ini punya 2 tu motor,
    bulan 9 tahun 2012 sama ke 2nya
    masih siiip lah. He he hee

  30. Aku urun rembuk mas bro…….Yg namanya motor kuat dan bandel itu ya HONDA,ini bkn bicara fanatik dan tdk fanatik,fakta di lapangan…BAHWA Honda memang motor kuat bandel dan irit bisa kencang lagi. Honda produksi thn 60an,70an masih banyak keliaran di jalan2,di bandingkan motor produk jepang yg lainnya. Lebih2 skrg era MOTOgp 1000cc Honda speednya tambah keliatan dan powernya jg

  31. termasuk fb kagak ya? pertama bisa beli motor sendiri
    suzuki tornado limited 1997 3bulan pake
    suzuki bravo 1995 3bulan pake
    suzuki shogun gambot 2000 3bln pake
    new shogun 2000 6bln pake
    honda supra 1997 1th pake
    honda supra x 2002 4th pake
    yamaha jupiter z 2004 1th pake
    honda megapro 2006 6bln pake
    honda vario 2007 2th pake
    honda supra x 2008 entah sampe kapan
    yamaha vixion 2008 1th pake
    honda beat 2009 1th pake
    kawasaki klx 2009 4th pake
    honda vario cbs 2010 entah sampe kapan
    honda cbr 250 r 2011 entah sampe kapan
    honda beat f1 2013 entah sampe kapan

  32. klo ane dulu suka gonta ganti merek. tp skarang honda sbagai pilihan utama. terbukti bandel,awet dan elegan. itu yg bikin honda selalu no 1 di manapun di dunia. msh ada yg meragukan?????????????? yamaha , no way ! selalu jd inferior

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.