Nama-nama julukan mobil tua alias motuba

motuba eprek
Master Motuba mbah Susilo Pandoyo

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … kadang-kadang dalam dunia permotuba’an nama-nama mobil diganti dengan kata yang singkat dan simpel. Entah siapa yang pertama kali memberi nama – nama julukan mobil tersebut menjadi lucu dan bikin tersenyum-senyum sendiri bagi yang baru pertama kali mengetahuinya.

Baca : Nama binatang yang dipakai nama mobil

Berikut beberapa nama julukan mobil tua :

1.VW Volkswagen Beetle = WV Kodok
adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya serta bentuknya identik dengan kodok. VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. (sumber wikipedia )

2. Suzuki ST20 th1982 (2 tak) = Trungtung
Yups..dulu masih ada mobil bermesin dua tak, salah satunya ya suzuki ST 20, sitruntung ini disokong oleh mesin yang memiliki kapasitas 600 cc 2stroke. . disebut trungtung karena bila mobil ini mesinnya dihidupkan terdengar suara “trung..tung..tung..”. :mrgreen:

3. Suzuki Carry 1000 tahun 80an = Ceri bagong
Karena terlalu ribet untuk menyebutkan nama komplit dari salah satu produk suzuki ditahun delapan pulahan ini, maka munculah julukan atau sebutan nama yang lebih simple. “Ceri Bagong”. entah apa hubungannya antara mobil suzuki dengan Bagong salah satu tokoh dalam dunia pewayangan. Mungkin karena wajah depan cerry yang berlampu bulat ini mirip sama kaya bagong…maka namanya berubah menjadi Ceri bagong. :mrgreen:

4. Toyota Kijang pick up tahun 77 = Kijang buaya
Toyota kijang keluaran pertama yang dulunya pernah berjaya dan dipakai untuk armada angkot ini dijuluki kijang buaya.yah mungkin karena kap depannya bisa dibuka jadi mangap seperti buaya :mrgreen: Kijang keluaran pertama ini semua berbentuk mobil pick up, bukan MPV.

binatang yang dipakai nama mobil
Kijang buaya

5. Toyota Kijang (mobil penumpang)tahun tahun 70an.
adiknya kijang buaya = Kijang kotak. beda dengan kijang buaya, kijang kotak sudah ada kabin penumpangnya, bentuk bodinya yang agak mengotak, maka namanyapun dijuluki jadi kijang kotak.

6. Toyota Kijang doyok
Kijang doyok kaknya kijang kotak, namun bentuknya nggak kotak-kotak amat. Mungkin karena saat itu ada pelawak yg terkenal bernama doyok, akhirnya kijang ini dinamakan kijang doyok.

7.Kijang kapsul
He..he.. padahal gak ada kapsulnya tapi karena bentuknya yang cenderung membulat maka Toyota kijang ini dijuluki kijang kapsul.

8. Toyota Starlet tahun 85-87
Toyota starlet keluaran pertama ini identik juga dengan bentuk kotak, akhirnya dinamakan Starko atau starlet koplak kotak.

9. Daihatsu charade
ceret (ketel atau teko).

10.Suzuki Jimny = Jimi jangkrik
Karena bentuknya kecil mobil ini dijuluki Jimi jangkrik 😀

11. Daihatsu taft 79 = Taft kebo
Dijuluki taft kebo Karena mobil ini bertenaga yang luar biasa pada jamannya, bahkan seorang rekan dijepara bercerita pernah menarik truk kontener yang kejebak dipinggiran sungai dengan Taft kebo ini.

About yudibatang 2463 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

55 Komentar

  1. iku salahae dewe gw tipe kendaraan ora dijenengi lan dibancaki malih gak cocok maksudte, wong vw beetle (kumbang) malah dadi kodok, cobo dijenengi teko pabrik koyo executive, prestige, maestro, ciello, ora dijenengi sak karepe udele karo wong 😀 , lha nek sikibaliyut aku curiga iki asline akronim kata tertentu, misal (sikil gawe bali yudi nang batang ) 😀 ..

  2. mercy betmen, mercy kentang
    toyota hartop, toyota kanvas

    kalo motor ada honda pitung, honda nasir, king kobra, jupiter burhan, nouvo lele.
    lucu2 ya

  3. yang penting mah mobile waras!dak da yang ambrol.tapi pengen aja ma tu kodok.mau di goreng garing……wih muantaaaap!cerednya mana Mas?dah ok belum?A mau nyusul ah.cari chered.panas ra kepanasan,udan ra kudanan…

  4. Kalo opletnya si doel mobil apaan yak?
    Trz Sm truk yg kyk jaman belanda yg skrg banyak d pke buat angkut pasir tu jenis apaan yak?

  5. Kalo di motor : shogun kebo,king kobra,supra emprit,cs1/domba garut,/scorpio/klingon,tiger picek,satria hiu,jupiter burhan(burung hantu),

  6. Hehehehe
    di tempat saya Taft Kebo disebut Taft Kotak.
    Daihatu Hijet sampe Grandmax disebut mobil roti tawar
    Mercedes tipe….. disebut mercy kebo
    terus Datsun Pickup yang lama, disebut Datsun Curut 😀

  7. wkwkwk lucu bgt Mas Yudi. Ada lagi Honda Setrikaan, Galant Hiu & paus, Mercy kebo, Mercy Tiger, Espass “lele” dan banyak lagi hahaha 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.