Ketika “kendaraan kesayangan” menemani tuannya hingga usia senja

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 … dari pada nggak ada artikel baru, sekali2 nulis tentang sepeda onthel 😀 Yups..kemarin ketika lagi duduk-duduk disebuah kedai dipelosok sebuah dusun diCirebon, ada seorang bapak tua dengan sepeda tuanya mampir dan duduk-duduk serta ngobrol-ngobrol dengan saya. Namanya pak Katmina, lahir ditahun 1935 atau sekarang sudah berumur 78 tahun!! Subhanallah…diusia segitu masih kuat ngonthel muter-muter sampai ketetangga desa. Ketika saya tanya tentang sepeda tunggangannya, beliau menjawab dengan sangat antusias.


Menurut beliau sepeda onthel kesayangannya dibeli dari baru ditahun 1967, waktu beliau masih bujangan. Merk sepedanya “Root” sepertinya buatan kumpeni atau belanda CMIIW. Mungkin pada jamannya, sepeda ini termasuk kendaraan yang top markotob :mrgreen: tahun segitu pabrikan motor jepang belum ada yg jualan motornya ditanah air.


Sepeda onthel ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi untuk pakKatmina..bayangkan ..sepeda beli dari baru ketika masih bujangan, mengiukuti aktivitas sehari-hari. Mungkin juga sepeda ini pula yang menun jang penampilannya ketika pedekate dengan sang pujaannya. Hingga kejenjang pernikahan. Memiliki anak, membesarkan dan menyekolahkan, menikahkan anak, memiliki cucu hingga sekarang… apapun kendaraan kita, bila kita rajin merawatnya dengan baik, bisa saja kendaraan kesayangan kita menemati kita hingga usia senja.


Pak Katmina menawarkan saya untuk mencicipi sepeda onthel kesayangannya..gayung bersambut, sayapun mencobanya. Busyeet! Untuk tingga badan saya diatas 170cm saja masih jinjit balet sekale.. bagaimana dengan pakKatmina yang tinggi badannya sekitar 160cman…ah..tentu beliau sudah memiliki tekhnik ksusus untuk menumpakinya.

Sepeda ini memiliki tiga percepatan, uda per dibawah sadelnya..sangat nyaman ketika dikayuh. Nggak berat, nggak krotak-krotak. Pokoknya tastenya lain dibanding naik sepeda gunung keluaran terbaru sekalipun. Mungkinkah saya dan anda semua bisa mencapai usia seperti pakKatmina dan masih ditemani kendaraan kesayangannya?? Kata juragan rondo..”Time will tell lah..”.

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

24 Komentar

  1. keren ada persnelingnya juga, tapi mekanismenya gimana ya? kok beda ama mekanisme persneling sepeda MTB masa kini? di sepeda itu gak kelihatan tekukan rantai di gir belakang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.