Setelah digetok, tangki penyok itu bisa kembali rata

YUDIBATANG.COM – Halo Brother biker 😀 … beberapa bulan yang lalu tangki sepeda motor saya siKibaliyut penyok. gara-garanya pas motor lagi parkir dirumah dirubuhin sama sikecil. dan tangki penyok karena terbentur tiang teras besi. artikelnya ada disini

(Baca : Waspada memarkir motor yang ada balitanya)

Setelah berbulan-bulan lamanya tangki penyok pada sikibaliyut, saya biarkan saja. yah..karena nggak tahu harus nyervis kemana.

Tangki penyok vixion yudibatang

Nah sebulan kemarin, saya dapat info dari teman yang tinggal diCirebon bahwa ada bengkel setel pelek yang bisa memperbaiki tangki yang penyok. Sayapun segera melunjur ke TKP (didaerah Jamblang-Cirebon).Setelah ketemu bengkel tersebut, ternyata konsumennya membludak alias ngantri, kebanyakan biker belia yang mau mengganti pelek standar skutiknya dengan pelek cacing alias pelek dan ban yang ukurannya kecil. ya wis..pulang dulu saja. nah pada hari Sabtu pagi kemarin (20-07-2013) saya mampir kembali kebengkel tersebut. nama bengkelnya “Gendon” :v kalo bahasa tegalnya artinya ratunya rayap.

Berikut ini step memperbaiki tangki penyok ala bro gendon :

Step 1. Tangki dilepas, fuel pump dilepas dan Banmax (bensin campur pertamax :mrgreen: ) dipindah kedalam jerigen.

servis-tangki-yudibatang 1
Step ke2. Tangki bagian luar digetok pelan-pelan. Menurut bro Gendon krn kejadian penyoknya tangki sudah lama jadi penampilan tangkinya tidak bisa semulus sebelumnya.

servis-tangki-yudibatang 2
Step ke3. Tangki di dongkel dari dalam tangki dengan menggunakan besi diameter 15 mm yang di lengkungkan sambil digetok-getok pelan-pelan pada permukaan luar tangkinya.

servis-tangki-yudibatang 3
Step ke4. Ratakan permukaan tangki dengan cara digetok pelan-pelan menggunakan semacam palu besi. Sepertinya Bro gendon melakukannya dengan penuh penjiwaan sampe ngesot.

servis-tangki-yudibatang 4
Step ke5. pasang kembali water pump pada tangki.  dan pasang kembali tangki pada rangka motor. setelah terpasang dengan benar, baru kemudian Bahan bakar campuran bensin dan pertamax alias benmax dituangkan kedalam tangki kembali. Berikut poto penampakan tangki sebelum dan sesudah digetok.

servis-tangki-yudibatang 5
Oh iya biaya untuk getok tangki penyok waktu itu 30.000 rebu. Lumayan murah dari pada harus ganti tangki baru. Yups,. harga tangki baru bisa mencapai ratusan ribu.

Semoga berguna 😀

About yudibatang 2297 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

43 Komentar

  1. salam kenal om batang,,,,

    bisa mulus gitu ya,,yang ketok emang bener2 magic,,kalo di tempat ane agak serem dikit,,masak g bisa liat proses ketoknya,,di bawa ke kamar gitu,,eh keluar2 udah mulus,,katanya se ada jinnya,,hahaha

    mampir ke gubuk ane om,,ane mash newbie

    http://thunderrevo.blogspot.com/

  2. calon bengkel gede nih ,karena dari pelayanannya yg sangat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya ..bikin konsumen ketagihan 😀 SIIPPP

  3. Namanya itu Ketok Magic ya gan,, mangkanya bisa ajaib dan bener juga daripada beli tangki mending di Ketok magic aja murah,,

    • kalo dari cirebon, lurus kearah jamblang. setelah pasar jamblang ada jembatan. 200 meter setelah jembatan lalu putar balik terus masuk kedalam (belok kiri) . masuk lurus sekitar 100 meter ada rumah tingkat dikanan jalan, didepan rumah tingkat itu ada gang lalu masbro masuk (belok kiri), lurus sekitar 50 meter nanti ketemu bengkelnya gendon 😀

    • alamat jelasnya nggak tahu bro, ancer-ancernya kalau dari kota cirebon lurus kearah palimanan. Nanti setelah jembatan jamblang belok kanan. disitu masbro tanya orang sekitar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.