Benarkah ada Anjing siluman pemburu mayat??

anjing siluman

Yudibatang.com – Halo brother biker… Anjing siluman …. Okay.. (mengetik cepat) langsung saja pada artikel malam Jumat yang ditunggu-tunggu. Beberapa waktu yang lalu saya bercengkerama dengan dua orang mahasiswa UNDIP Semarang yang sedang praktek kerja lapangan di sebuah perusahaan BUMN di Cirebon. Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya nyrempet-nyrempet juga ke obrolan yang berbau mistis :mrgreen: Salah satu mahasiswa yang bernama Bro Edi dari Sragen Jawa tengah. Beliau menceritakan pernah KKN (Kuliah Kerja Nyata) didaerah Batang-Jawa tengah. (weh..daerah tempat tinggal saya 😀 ) .
anjing siluman
*poto ilustrasi

Beliau cerita setiap malam selalu mendengar suara lolongan anjing siluman yang membikin bulu kuduk berdiri.. aauuu… hiiii… namun anehnya, disiang hari dia tidak pernah melihat adanya anjing disekitar desa. Penduduk desapun mengiyakan kalau malam memang ada suara lolongan anjing. BroEdi, bertanya kepada saya, “apakah MasYudi pernah mendengar suara lolongan anjing dimalam hari??” saya menjawab “Tidak pernah”. Namun saya teringat pada kejadian beberapa tahun yang lalu ketika saya memapah jenazah diliang kubur.

Baca : pengalaman memamaph jenazah diliang kubur

Adat didaerah Batang jawa tengah, Bila ada orang meninggal dunia, pihak keluarga akan melakukan selamatan tujuh hari. nah..khusus didaerah Batang, setelah malamnya selamatan pada esok harinya setelah sholat subuh, beberapa perwakilan keluarga dan perwakilan dari RT (berjumlah sekitar 7-10 orang) membaca do’a dikuburan simati. Nah..!! kebetulan saya ikut hadir, karena penasaran dan ikut berpartisipasi karena keluarga orang yang meninggal kebetulan terletak diseberang rumah saya. Believe or not, pada subuh hari pertama saya datang kekuburan.

Anjing siluman mengacak-acak kuburan

sssttt… kuburannya ada bekas “cekeran” binatang sedalam setengah meter!!. saya berbisik-bisik dengan tetangga saya yang seumuran dengan saya namanya Pak dikron… “mas, ini kuburannya kenapa ada yang menggali??” . Tetangga saya menjawab “Bukan digali mas, tetapi bekas di”ceker-ceker” anjing siluman !!. Oh..iya Jenazah yang barusan dikubur kemaren tersebut hanya dimandikan biasa dirumah sakit.

Dan tidak dimandikan lagi dengan adat dan tata cara seperti yang dilakukan pada orang meninggal dunia didaerah batang. Waktu sampe rumah duka, saya berguman dalam hati ” … Hiiii.. jangan-jangan yang “nyeker-nyeker” kuburan itu adalah anjing siluman yang suka melolong dimalam hari.” ..aauuu…

About yudibatang 2463 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

24 Komentar

    • Kalo gak salah di daerah Sunda atau mana gitu lupa… Tiap ada orang baru meninggal, pasti makamnya tiap malam selalu dijaga oleh beberapa orang selama beberapa hari berturut2…

  1. 2 kali saya mengalami “asu mbaung” pas terbangun ditengah malam waktu masih SMP dulu…
    suara sama dg lolongan anjing disandiwara radio Misteri Gunung Merapi…
    malam itu suasananya bener2 horor…

  2. ditempatku ada juga anjing siluman..disebutnya asu patting.kalo “beruntung” dan ketemu awalnya cuma sebesar kucing tapi makin diliat-makian gede…bisa lebih tinggi dari rumah panggung.

  3. Om Yudi pernah dengar kalimat orang nyirep??
    Di daerahku salah satu nya :
    ….asu mbaung ing tengah peteng,melung2 ono duwur galeng.sirepku sare siro.adem nyenyet tanpo rasa…
    Bapakku yg ngajarin..

  4. ya beberapa kali mendengar gonggongan anjing, tengah malam, dan anehnya, di sekitaran rumah satu RW gak ada yg pelihara anjing, hihihi…
    saya di daerah tegal

  5. kalau di sekitaran daerah tempat tinggal saya, pas ada org meninggal malam jumat legi wajib dijaga sampe 7 hari karena biasanya ada org ‘ngelmu’ yg akan mencuri kain kafannya, konon dg memiliki kain kafan org yg meninggal malam atau hari jumat bisa membuat pemiliknya punya ilmu sakti, salah satunya bisa menghilang… Hiii… Ada yg pengen?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.