Sejarah MV Agusta sepeda motor keren dari Italia

Sejarah MV Agusta

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Mungkin dari brother biker ada yang merasa asing dengan nama merk sepeda motor dari Italy ini, Yup MV Agusta. mungkin juga brother biker yang tinggal didaerah belum pernah melihat motor ini (termasuk yang punya blog :mrgreen: ). Kenapa sih namanya MV Agusta? apa sih singkatan dua inisial depan berhuruf kapital “MV”? tentu bukan Muksin Viyadi Vonsay :mrgreen: berikut ini sejarah MV Agusta.

aviation2

MV Agusta Motor S.p.A. adalah produsen sepeda motor yang berhombase di Varese, Italia. Perusahaan ini berdiri tanggal 12 Februari 1945 di Italia. Cikal bakal perusahaan ini sudah dimulai tahun 1923, berawal dari sebuah cabang dari sebuah perusahaan penerbangan Agusta yang dibentuk oleh Count Giovanni Agusta. Sepeninggal Count, perusahaan kemudian diambil alih oleh istri dan anak-anak Agusta yang bernama Domenico, Vincenzo, Mario dan Corrado. Count Vincenzo Agusta bersama dengan kakaknya yang bernama Domenico mulai mengembangkan MV Agusta sejak Perang Dunia II. Dan sejarah MV Agusta dimulai.

250px-MV_Agusta_logo.svg

Dua huruf kapital MV sendiri merupakan kepanjangan dari Meccanica Verghera. Mecacanica Verghera sendiri artinya Tukang bengkel atau Mekanik dari Verghera 😀 Pada awal berdirinya MV Agusta Motor merupakan representasi dari gairah untuk bekerja untuk menciptakan sepeda motor bagi para pendirinya. Sama seperti produsen sepeda motor lainnya, mereka juga menginginkan untuk dapat mendesain dam memproduksi sepeda motor untuk Grand Prix.

Sejarah MV Agusta

Sejarah MV Agusta mengawali biki motor prototipe. Prototipe pertama yang dibuat MV Agusta Motor adalah “Vespa 98”. Selanjutnya pada tahun 1948 perusahaan mengembangkan mesin yang dilengkapi dengan dua stroke dengan kapasitas 125cc yang kemudian dipakai dalam Grand Prix Italia oleh Franco Bertoni. Setahun kemudian perusahaan kembali mengembangkan 125 cc atau Ultra kelas ringan dengan prestise baru. Desain Mondial 125 cc DOHC yang dirilis pada tahun yang sama nyatanya dapat diterima dan mendominasi pasaran. Sejak saat inilah Sejarah MV Agusta Motor mulai menciptakan produk-produk otomotif untuk Grand Prix.

MV agusta 175 CST

Pada era tahun 1950-an, perusahaan kembali meluncurkan sepeda motor balap yang kemudian diberi label 175 CST dan CSTL. Yang dilanjutkan dengan produksi yang lebih sporty dengan kapasitas 175 cc yang dilengkapi karburator dan kepala silinder yang lebih besar. Setelah itu MV Agusta mulai menawarkan 175 cc “Super Sport” versi balap yang posisinya kemudian digantikan oleh Super Sport yang dijuluki sebagai “Squalo” (Hiu). Sepeda motor ini dilengkapi dengan kapasitas sebesar 175cc yang sangat populer kala itu.

penampakan-1

Selanjutnya memasuki tahun 1991 perusahaan kemudian diambil alih oleh Caviga (CAstiglioni GIovanni VArese) yang kemudian memperkenalkan sepeda motor baru MV Agusta pada tahun 1997. Sepeda baru tersebut mempunyai segmen mesin empat silinder dengan kapasitas 700cc dengan label Special Production Racing. Revolusi terjadi pada tahun 2004 saat mereka mulai meluncurkan sepeda 1000cc dengan edisi Senna. Kemudian berlanjut dengan pengembangan Brutale dan Tamburini 1000 yang memperoleh kesuksesan.

Hingga saat ini MV Agusta Motor telah memproduksi beberapa model yang terkenal seperti Brutale 1090, Brutale 800, Brutale 675, F4, F3 675, F3 800, RIVALE. Serta beberapa varian produk lainnya dengan nama besar MV AGUSTA dan CAGIVA yang telah hadir di beberapa negara di dunia.

 

*Sumber merdeka.com

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.