“Manasin” sepeda motor injeksi dipagi hari, perlu nggak sih?

Halo brother biker 😀 … Umumnya kebiasaan pemotor diIndonesia dalam menggunakan sepeda motornya, selalu “manasin” sepeda motornya dipagi hari sebelum sepeda motor tersebut dipakai. Terutama sepeda motor yang masih menggunakan karburator dalam sistim pembakarannya. Bahkan ada pemotor yang manasin mesin sepeda motornya dengan cara “dibleyer-bleyer” .

mesin v-xion yudibatang

Lalu bagaimana dengan sepeda motor yang menggunakan sistem Injeksi? Ada yang bilang ” motor injeksi tak perlu dipanaskan saat akan menggunakannya dan motor tak akan ngebrebet. Kalo kita amati motor bersistem injeksi maka tidak akan menemukan dimana letak tuas choke berada. Motor fuel injection sudah tidak lagi menggunakan choke karena memiliki sensor yang mampu mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah untuk dihidupkan”

warming up engine. manasi mesinMenurut Opini yudibatang, Sepeda motor injeksi juga masih perlu dipanasin mesinnya dipagi hari. namun tidak seperti motor karburator, Motor Injeksi hanya perlu sidikit waktu untuk manasin mesinnya. cukup 1-2 menit saja dan tak perlu dibleyer-bleyer gasnya, cukup stasioner saja atau mesin dinyalakan terus dibiarkan selama 1-2 menit. Tujuannya agar oli didalam bak mesin bisa menyebar kesemua komponen dan suhu part-part didalam komponen “siap” diajak bekerja lebih keras.

Tuh… Motor Ducati GP15 yang sudah injeksi dan tehnologinya sudah sangat maju saja masih “dipanasin” mesinnya dipagi hari 😀

Semoga berguna 😀

10 Komentar

  1. tambahan nih bang. ujar otomotifnet.com juga agar kepala busi ga lembab sehingga dapat menambah masa pemakaian busi serta menjaga agar sistem pengapian menjadi sempurna. titik. :mrgreen:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.