Suzuki, Pioner motor sport fairing 150cc 4 tak diIndonesia

Halo brother biker 😀 … Sekarang ini sepeda motor sport full fairing yang resmi dijual oleh pabrikan sepeda motor diIndonesia adalah Honda CBR150R , Yamaha R15, Minerva VX150 dan Viar. Mungkin sebagian besar pembaca belum tahu siapa sebenarnya pabrikan sepeda motor diIndonesia yang menjadi pioner pasar sepeda motor sport Full fairing150cc 4 tak. Jawabnya adalah Suzuki!!

Honda-CBR150R_vs_Yamaha_R15-12-460x293Ditahun 2000 Suzuki Indomobil satu-satunya pabrikan sepeda motor yang pertama kali menjual sepeda motor 4 tak 150cc full fairing. mendatangkan motor ini secara utuh dari Malaysia. Dialah Suzuki FXR150. Namun disaat FXR keluar, tren sepeda motor ditanah air masih diisi oleh tren motor sport full fairing 2 tak. Diantara Kawasaki Ninja 150 RR, Honda NSR series, Yamaha Rzr juga Yamaha TZM serta Suzuki RGR.

Suzuki FXR Fakhrun Alrozi

Suzuki FXR150 adalah sepeda motor yang memiliki tehnologi yang mendahului jamannya. Contoh saja, pabrikan lain masih main mesin 2 tak, susuki sudah main mesin 4 tak. pabrikan lain masih main mesin sohc, Suzuki sudah duluan main mesin DOHC. Pabrikan lain masih pake speedometer analog, Suzuki sudah mengaplikasi speedometer digital. Pabrikan lain masih menggunakan swing arm kotak, Suzuki FXR sudah mengaplikasi swing arm banana.

fxr3f 10 tahun kemudian barulah kompetitor pada mengaplikasi tehnologi tersebut dijajaran produknya. Sayangnya Suzuki FXR150 ini hadir diwaktu yang salah hingga umurnya hanya bertahan tiga tahun saja (2000-2003). Andai Suzuki mau menghidupkan kembali suzuki FXR150 dengan tehnologi yang sama, performa suzuki FXR ini masih sangat bejaban melawan Honda CBr150R dan Yamaha R15. 321 (1)

Lha wong dengan Suzuki Satria FU saja yamaha Vixion dan Honda CB150R dibuat tak berdaya dikejurnas sport 150cc, sampai akhirnya ada peraturan yang menjegal Suzuki Satria FU ikutan dikelas sport 150cc 😀

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

9 Komentar

  1. Yoi, Suzuki emang pelopor, tp hdr di jaman yg salah, di mana konsumen indonesia itu susah menerima hal2 baru di jaman itu. Terlebih lg trend di Indonesia, follower selalu jadi pahlawan yg dielu2kan. Contoh aja kasus Ninja 250, lht tanggapan dan opini publik saat CBR250 dan R25 pertama kali muncul di market. Segala kekurangan dan kejelekan Ninja 250 dikuak ke permukaan dan CBR250 serta R25 dipuji dgn segala sisi bgsnya diumbar ke permukaan.
    Siapa yg duluan menerapkan fitur Secure Shutter Key? Siapa yg duluan memakai fitur helm-in? Tp lihat aja siapa pahlawan yg dielu2kan itu?

    • siapapun yg duluan, kalau tidak di publish (via iklan dll), ya tidak ada yg tahu.
      misalnya, kebanyakan orang menganggap pelopor motor matic pertama di Indonesia itu Yamaha, padahal sebelum Yamaha, ada Kymco dan Vespa.
      dan masih banyak contoh lainnya.

  2. duh nih motor memang gagah masanya. sampai sekarang pula. selalu nongkrong di beres suzuki dekat rumah. kalah motor sekarang mah. fxr kelihatan high quality.

  3. ga bakal ada itu fxr reborn, gsx150 atau zx 150..kelas 150 laki sdh khusus buat pabrik ……. walau mesin downgrade tapi mmg ga ada pilihan..maka tetaplah thunder 125 dan kawak ga akan ada 150 4 tak fairing..kalau ada akan mematikan pabrik ……hebat jepang kan..

  4. lha piye, wong satria FU itu kan bebek, coba saja mesinnya copot trus pasang di vixion, baru deh boleh balapan sport 150cc 4 tak, dia menag soale ringan dan kecil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.